August 07, 2013

Lagu Pemberkatan dan Revisi Buku Misa

Jadi nih setelah bincang-bincang sama pak sar, dan romo akhirnya buku misa gue berubah total. Karena kata mereka, ada peraturan baru dalam upacara penerimaan sakramen pernikahan, jadi isi dari buku misa gue bukan lagi yang ini.

Karena gue orangnya penurut, ya udah deh gue ikutin ajah.. ehehehe.. ga deng.. kan emang udah peraturannya, jadi kudu ngikutin.

Eniwey ga usah panjang lebar lagi, ini gue kasih urut-urutan prosesi pernikahan dan lagu pemberkatan yang ngiringin gue.

Sejak awal mulai, gue, orangtua serta para saksi dan pembawa persembahan udah berdiri di pintu gereja. Ketika pastor dan putra altar keluar dari sakristi menuju pintu utama (datengnya dari dalem gereja) lagunya Canon In D yang dimainin instrumen aja oleh organis.
Setelah itu penyerahan mempelai dari bapak-bapak kita ke pastor, trus percikan air suci dan akhirnya iring-iringan mempelai jalan menuju altar diiringi lagu Wonderful Day.

Setelah itu urutannya sama kaya misa hari minggu, ada lagu Tuhan Kasihanilah Kami dan liturgi sabda. Lagu antar bacaan adalah Kasih dilanjut bacaan injil dan homili.

Kata Pak Sar, saat sungkeman keorangtua ada 2 versi, yang pertama sebelum janji nikah dan yang kedua tentunya setelahnya. Kita ngambil yang sebelum janji nikah, jadinya sungkeman dilakukan setelah homili. Lagu yang dipake untuk sungkeman adalah lagu Doa Seorang Anak, dinyanyiin solis oleh ucok. Gue pilih lagu ini karena syairnya bagus dan lagunya cukup syahdu.

Sehabis itu masuk dalam kesepakatan nikah dan janji nikah. Setelah ini ada pemberkatan cincin nikah yang diiring instrumen She Wears My Ring.
Setelah penyematan cincin nikah, lanjut pemberkatan dan penyerahan benda kudus oleh orangtua untuk kita. Trus doa umat dan persembahan, lagu yang mengiringi adalah Bawalah Persembahan dengan gaya keroncong. Masuk ke prefasi, dilanjutkan lagu Kudus.

Setelah itu doa Syukur Agung dan persiapan komuni, dilanjut lagu Bapa Kami (Putut P). Setelah ini, berkat untuk kedua mempelai. Nah ini nih perbedaan yang keliatan banget dari tata cara lama ke yang baru. Kalo dulu berkat dikasih setelah kesepakatan nikah dan janji nikah. Kalo sekarang berkat diberikan setelah doa  atau lagu Bapa Kami.

Setelah itu salam damai dan lagu Anak Domba Allah. Lagu komuni pilihannya jatuh pada Panis Angelicus yang dinyanyiin solis oleh Joni. Setelah komuni lanjut berkat penutup. Sampe sini, selesailah sudah prosesi penerimaan sakramen perkawinan.
Meski udah selesai, masih ada lanjutannya. Mempelai, orangtua serta saksi dan pengiring pengantin menuju ke Bunda Maria untuk berdoa bersama (eh gue doang deng sama abang). Lagu yang mengiringi adalah Ave Maria versi F. Schubert yang dinyanyiin solis oleh mas Eko.

Setelah selesai, lanjut penandatanganan akta nikah gereja diiringi lagu Give Thanks. Selesai sudah deh semuanya.. lanjut foto-foto diiringi lagu penutup Karena Cinta, Bapa Engkau Sungguh Baik, In Moment Like This.

Begitulah urut-urutan lagu dan prosesi pernikahan gue nanti, buat yang pengen minta soft file buku misa, sila hubungi gue aja lewat email ato komen disini, dengan senang hati pasti gue kasih. Yaaaaah daripada kalian begadang buat ngetik mending ngopi dari yang udah ada kaaaaann. ehehe *pengalaman*.

12 comments:

CANDRA WAHYU NOVIDA said...

minta bukunya boleh mbak?

Ria said...

Boleh, emailnya apa nanti aku kirimin.

Anonymous said...

Mau dong file buku nya .. aloysius.allen@gmail.com

thanks ya

Ria said...

Udah diemail ya file bukunya..

Anonymous said...

bolehkah minta partitur lagu lagu untuk misa perkawinannya? anastasia.tiana@gmail.com

Ria said...

Saya tanyakan dulu ya sama temen-temen koor, siapa tau mereka masih simpan.

Kalo masih ada nanti saya email..

Imelda Fani said...

Aku juga minta dong mbak :D
Kalo ada, sama partitur lagunya juga ya :p
Email ku: imeldafani7@gmail.com

Makasih ;))
GBU

Ria said...

Maaf temen-temen.. saya ga bisa bantu ngasih partitur lagu2nya.. karna udah ga disimpen sama temen2 koor saya..

Regina Fransarani said...

Halo Mbak Riaa
Salam kenal

Boleh minta bukunya
Ke reginafransarani@gmail.com

Terima kasih.
GBU

Aurelia Ferdina said...

hai boleh diemailkan soft copy buku misa pernikahannya ke aurelia.ferdina@gmail.com yah??

thanks before...

wuri said...

mbak, bolehkah saya minta buku misanya? diemail ke wuri.sejati@yahoo.com

thanks in advance

RianTi said...

Hai Wuri, sudah saya kirimin yaa.. maaf lama balesnya..