August 12, 2013

Harinya nih.. Pernikahan Adat Batak

Selesai acara digereja, kita langsung pergi kegedung. Semua sesuai dengan rencana, malah lebih cepet dari perkiraan. Untungnya jalanan ga terlalu macet, ada sih macetnya dikit, tapi ga sampe ga jalan. Sampe digedung semuanya udah siap, satu yang belom ada.. juru foto dan video.. waaaahh.. kemana mereka, padahal berangkat dari gereja udah bareng. Karena takut kelamaan nunggu akhirnya tetep jalan terus, jadi ga ada deh video gue pas masuk gedung, untung kak Sara standby dengan kameranya, jadi masih bisa diabadikan deh moment yang satu ini. Oh ya foto-foto yang diblog ini semuanya dari kamera dia, trus gue edit sedikit. Abis dari pihak foto belom jadi.. damai

Masuk gedung kita disambut 3 penari dan musik tentunya. Waah didalem gedung udah penuh aja sama undangan, padahal jamnya dimajuin, tapi ternyata pada udah dateng...baguuuusss...





Sampe dipelaminan, gue duduk dan pesta adat dimulai. Sayangnya nih gue ga paham banget bahasa batak, ngerti-ngerti sedikit doang. Yaaah maklumlah namanya juga anak jakarta, blasteran lagi.. ehehe.. bela diri terus menjulurkan lidah






Dari awal duduk dipelaminan, gue udah ga kemana-mana lagi. Diem aja disana, sampe akhirnya disuruh turun karna mau diulosin sama mamah dan bapak, ditambah hadiah sarung buat abang yang bakal dipake kalo lagi ada acara dikeluarga manurung.


Habis ini, kirain tu ulos boleh dilepas, secara gerah ya bookk.. ehtapi tetep kudu dipake. Jiaaah mantab rasanya. AC gedung udah ga berasa sama sekali. Untung banget deh gue detoks, jadi ga terlalu keringetan, yaah keluar sih tapi coba kalo ga dijaga makanannya, bisa banjir keringet deh, bisa luntur make up sayah.

Apalagi pas diulosi sama keluarga yang lain.. waaaww.. manteb rasanya. Pas acara ngulosin ini si bapak udah ribet banget nyuruh cari tisu basah biar gue ga kepanasan.. duh babeh, kudunya ac yang ditempelin, bukan cuman tissue basah.. ehehe..




Tapi nih yah.. meski adat batak itu repot dan lama, tetep gue suka banget. Dan kemaren gue sangat sangat menikmati. Meski kadang ga ngerti apa yang diomongin juga sih.. tersenyum lebar

Puji Tuhan deh kemaren badan gue sehat banget, fit dari pagi sampe malem, padahal ga tidur semalemam. Malah simamah tuh yang tumbang, diawal adat udah mulai pusing, karna kurang makan aja sih, pas selesai makan langsung sehat lagi.
Gue juga takjub sama diri gue kemaren, harusnya kan gue loyo ato minimal pusing karna ga tidur semaleman, tapi syukur kepada Allah kemaren gue ga berasa apa-apa, palingan gerah doang karna ditutupin ulos berlapis-lapis.

abang udah mulai loyo.. gue masih nyengiiirrr ajah
Banyak yang khawatir sama gue, apalagi bokap. Dia kan tau kalo gue seminggu cuma makan buah doang, takutnya gue pingsan, eeeeh malah kebalik, justru gue yang seger buger dan yang lain udah pada loyo.. ahaha.. pada ga mau food combining siiihh.. *teutep*


Selesai diulosi, gue naik lagi kepelaminan, disini abang udah kebelet banget pengen pipis, kirain boleh ngabur dulu bentar.. eeh ternyata masih disuruh kasih kata sambutan dan ucapan terima kasih.. ihihihi.. nasibmu baang.. makanya jangan kebanyakan minum. Selesai sambutan kita salam-salaman lagi dan baru deh turun dari pelaminan, begitu turun si abang langsung ngacir dia ketoilet. Kirain udah selesai eeeh ternyata masih belom juga.. ahahaha.. jadilah kita semua nungguin abang balik dari toilet.

Setelah abang balik, ceritanya nih keluarga gue menyerahkan gue kekeluarga abang dan sekarang gue udah resmi jadi keluarga abang, trus abis itu dikasih beras dikepala kita dan dilempar-lemparin beras.




Akhirnya pulang juga kerumah... ehtapi.. masih belom selesai loh adatnya.. whuehehehe... jangan seneng dulu kamyuuu.. mata berputar
Sampe dirumah abang, kita harus masuk berbarengan diawali kaki kanan. Habis itu orangtua abang mendoakan kita sambil ngucurin beras lagi, gitu juga sama sodara yang dituakan. Selesai itu boleh ganti baju, eeeh baru lepas sanggul udah disuruh keluar lagi babak belur.

Keluar lagi deh masih pake baju pengantin. Kita makan bareng-bareng lagi dengan menu yang sama dari pagi, yaitu nasi dan ikan mas. Tapi yang malem ini ikannya enak. Karena udah selesai acara, akhirnya gue makan nasi dan ikan.. yaaah pengen dong nyobain. Tadi kan selama pesta cuman nyicip doang, makannya mah tetep buah.

Selesai makan sodara-sodaranya abang ngenalin diri kegue, dan dikasih nasehat-nasehat untuk berumah tangga nanti. Kelar semuanya sampe udah selesai mandi kira-kira jam 1an. Itu rumah belom diberesin, tikernya masih dibiarin aja, besok pagi aja beresinnya.

Abis itu yaaa.. ya masuk kamar dooooong hi..hi..hi

No comments: