July 22, 2013

Lagu pemberkatan

Okeh deh, karena buku misa udah selesai diketik nih jadi sekarang gue bisa ngasih list lagu-lagu apa nanti yang dinyanyiin pas pemberkatan.

Semuanya standar aja, kebanyakan umat katolik yang mau nikah pasti pake lagu-lagu ini. Gue emang ga mau cari yang aneh-aneh dan susah, karena koornya juga cuma temen-temen sendiri dan ga banyak waktu buat latihan. Trus juga lagu-lagu yang gue pilih ini emang udah sering kita nyanyiin dan diniatin bakal dinyanyiin pas nikahan sendiri.

Lagu pertama yang dimainin, eh lebih tepatnya instrumen sih, adalah Canon In D. Ini kewajiban kayanya.. ehehe.. Dimainin pas iringan mulai jalan dari sakristi menuju pintu utama (jalannya lewat luar).

Lagu kedua dimainin pas iringan masuk kedalem gereja, judulnya Wonderful day. Lagu ini dinyanyiin duet oleh bane dan icha. Bane ini sepupunya abang yang dimintain khusus bantuin koor nikahan gue.

Lagu selanjutnya udah masuk ordinarium, disini gue pilih yang bahasa indonesia aja, biar umat yang lain bisa ikutan nyanyi nanti. Gue ambil Tuhan Kasihanilah Kami dari puji syukur nomer 351.

Selanjutnya lagu antar bacaan, judulnya kasih, tau dong lagunya yang mana.. ini nih teksnya

Kasih pasti lemah lembut
Kasih pasti memaafkan
Kasih pasti murah hati
KasihMu, kasihMu Tuhan
Ajarilah kami ini saling mengasihi
Ajarilah kami ini saling mengampuni
Ajarilah kami ini kasihMu ya Tuhan
Kasihmu kudus tiada batasnya

Kenapa gue pilih lagu ini, tadinya sih pilihan lagunya ada The Greatest of These is love, tapi entah kenapa yang lebih masuk kehati ya lagu ini. Soalnya kan bacaan sabdanya tentang kasih, jadilah cocok sama lagu antar bacaannya.

Lanjut... oh ya biasanya nih habis homili sebelum pemberkatan ada nyanyi lagu berkatilah, tapi karena letaknya gantung (antara selesai homili dan mau pemberkatan nikah) jadilah instrumen aja nantinya. Tadinya juga lagu ini mau gue nyanyiin berdua abang, trus pas bait terakhir baru disambut koor, tapi abang ga mau, terlalu malu sama suaranya, jadilah lagu ini skip aja. Yang penting bukan skip ordinarium, jadi ga terlalu masalahlaahh..

Next.. lagu berikutnya (instrumen lagi) from this momentnya Shania Twain, entah ini dibolehin ato ga, tapi karna cuman instrumen, gue rasa boleh kali.... kali...
Lagunya dimainin pas pemberkatan dan pemasangan cincin. Sebagai lagu cadangan, gue pilih She Wears My Ring.

Lanjut keacara sungkeman keorangtua, diiringi lagu doa seorang anak, rencananya dinyanyiin solis sama ucok.
Trus masuk ke persembahan, judul lagunya bawalah persembahan. Gue suka sama lagu ini karena ala-ala keroncong gitu.

Lanjut ke prefasi, untuk Kudus, sepertinya dibacain aja, trus Anak Domba Allah juga pengennya dibacain aja.
Habis itu lagu Bapa Kami ambil dari ciptaan Putut. P

Lagu berikutnya adalah lagu komuni. Ada beberapa lagu yang jadi pilihan. Tadinya mau The Prayer, tapi setelah diliat teksnya, kayanya lebih cocok lagu Panis Angelicus. Karena lirik lagunya kan soal tubuh dan darah Kristus. Lagu yang ini dinyanyiin solis sama Joni.

Selanjutnya lagu untuk penandatangan akte perkawinan judulnya Give Thanks, lagu ini dipilih karena liriknya sedikit dan biar pas ga terlalu kelamaan nyanyinya.

Lanjut ke doa kepada Bunda Maria. Lagu yang gue pilih Ave Marianya F. Schubert. Anak-anak sih saranin lagu versi yang lain, tapi entah kenapa gue lebih pengen sama lagu ini. Dan yang nyanyi juga harus mas eko. Tadinya sih die malu-malu gitu ga mau, tapi akhirnya mau juga. Aaaahhh kayak gue ga kenal lo aja mas, lo kan banci nyanyi juga.. ahahaha

Akhirnya selesai lah sudah dan sampe kelagu penutup. Tadinya nih gue mau masukin The Prayer dilagu penutup, yang nyayi bane dan icha lagi, tapi ternyata si bane keberatan sama lagunya, katanya die ga sanggup, abis ni lagu kan berat bener. Akhirnya gue serahin kedia deh mau nyanyi lagu apa, pilihan pertama sih jatuh sama lagunya Joy Tobing, Karena Cinta. Tapi ga tau nanti, kalo dia dapet lagu yang bagus, mungkin akan ganti lagi.

Eh ya ngomong-ngomong soal lagu Karena Cinta, sebenernya ini lagu udah big no no deh, apa pasal..?? Karena lagu ini trademark gue banget, selalu gue yang nyanyiin ni lagu pas nikahan. Dan anak-anak setiap denger lagu ini pasti ingetnya gue.. apaaaahhh....??? eh jangan kepikiran karna suara gue mirip sama Joy Tobing yaahh... Ini cuma karena masalah kebiasaan aja.
Tapiii yah liat nantilah, mungkin suara bane bisa menghapus ingatan temen-temen akan suara gue yang ala-ala Joy Tobing ini.. ehehehe..

--------------------------------------------- 0 0 0 -------------------------------------------------------------------

Revisi buku misa bisa dilihat disini

No comments: