February 17, 2015

Kacamata dari BPJS

Belakangan ini suka sebel kalo lagi nonton tv karna suka gak keliatan teksnya. Rasanya mata gue udah nambah nih minusnya. Terakhir periksa kayanya masih 2.5, kalo gak salah pas beli softlense buat nikahan.. huwoooww.. lama ajah..  eh gak lah.. belom 2 tahun kok.

Kali ini gue mau bikin kacamata dari jatah BPJS. Menurut info, kita bisa ngeklaim untuk kacamata 2 tahun sekali. Yaah lumayan deh.. daripada gak diambil.

Gimana caranya..?? ayo disimak..

Pertama kita dateng dulu ke klinik ato puskesmas tempat kita berobat pakai BPJS, disana minta rujukan untuk pembuatan kacamata. Minta sama dokter umum juga bisa, dan kemaren gue ditanya, mau kerumah sakit mana.

Seperti biasa, gue berobat di Klinik Afia dan minta rujukan ke RS MMA Kali Pasir, Jakarta Pusat, biar rumah sakit kecil, tapi disini lengkap peralatannya dan deket kantor pulak.. jadi gak perlu cuti.

Kelar di klinik, gue langsung kerumah sakitnya buat liat jadwal dokter spesialis mata dan ternyata untuk dokternya baru ada jam 5 sore, tapi antriannya udah banyak. Ya udahlah, gue balik kantor aja, kebetulan besoknya ada praktek lagi mulai jam 12, langsung bikin janji deh.

Besoknya gue dateng telat ke rumah sakit, karna tanggung ada kerjaan yang harus diberesin. Alhasil gue harus ngantri lagi deh.. dan lumayan banyak juga antriannya.
Oh ya, sebelum kerumah sakit, lebih baik siapin dulu fotokopi KTP, Kartu BPJS dan surat rujukan dokter, bikin banyak aja biar gak bolak-balik ketempat fotocopy.

Dimeja daftar BPJS, gue serahin rangkap 2 fotokopi : KTP; Kartu BPJS; dan surat rujukan dokter. Trus tinggal tunggu dipanggil deh. Mulai ngantri jam 12 lewat.. baru dipanggil 1 1/2 jam kemudian  sleepy sleepy untung sambil main Hay Day, jadi gak bete-bete amat meski sendirian.

Diruang praktek, mata gue diperiksa sampe 4 kali. Pertama pake alat yang bakalan bikin kaget, karna mata kita ditiup, entahlah nama dan fungsinya apa, yang jelas gue baru kali ini diperiksa kayak gini.
Yang kedua periksa minus mata, pake alat yang biasa dipake dioptik-optik. Disitu keliatan minus gue nambah jadi 3.25 dan 4.00.
Yaaah pantes deh sekarang mulai burem ternyata naiknya jauuuh.. duuh..

Habis itu diperiksa lagi pake alat mirip kacamata yang lensanya bisa diganti-ganti. Disini gue disuruh baca huruf-huruf yang ada dilayar.
Selesai itu.. mata gue diperiksa pake sinar kalau-kalau ada kelainan mata. Untungnya gak ada, dan sinarnya silau banget sampe mata gue berbayang liat yang lain.

Kelar diperiksa, gue dikasih resep dari dokter. Bukan obat, cuma tulisan minus aja kok. Trus berkas-berkas yang dikasih dokter gue balikin ke loket BPJS.
Disini gue disuruh nunggu untuk dibikinin surat rujukan pembuatan kacamata, karna rumah sakit ini gak ada fasilitas pembuatan kacamatanya. Oh ya disini diminta lagi fotokopi KTP; Kartu BPJS dan surat rujukan asli dari klinik.
Gak berapa lama, nama gue dipanggil dan dijelasin dulu gimana caranya pakai surat rujukan ini.

Petugasnya kasih tau kalo optik A. Kasoem yang sejajaran kantor gue itu bisa dipake buat rujukan BPJS, ya udah gue kesitu aja. Dari rumah sakit gak terlalu jauh letaknya, untungnya cuaca lagi adem bekas hujan, jadi gue jalan kaki aja kesana #iritojek.
Sampe sana gue langsung kasih berkas-berkas dari rumah sakit dan petugasnya langsung ngelayanin gue dengan baik.

Karna gue ikut BPJS kelas 2, jadi gue cuma dapet jatah 200ribu dari BPJS. Di optik ini harga paling murah lensa plus frame, sekitar 500ribuan, tapi lensanya udah ditipisin, secara yeee.. minus 4, pasti mayan tebel deh tuh.
Pas lagi pilih-pilih frame.. tiba-tiba inget sama frame yang pernah gue beli dulu dan belom dipake. Trus gue tanya, bisa gak pake frame sendiri, beli lensanya aja. Ternyata bisa.. asik laah..

Trus gue pengennya lensa yang khusus buat pemakai komputer, tau sendiri kan kalo kerjaan gue selalu didepan layar monitor seharian.
Nama lensanya shiny blue kalo gak salah ini produk dari optik A.Kasoem, semacam lensa anti radiasi gitu.. cocok deh. Oh ya, harga lensanya 450 ribu sepasang.
Karena jatah BPJS cuma 200ribu, jadi gue nambah uang sendiri 250ribu. Yaah gapapa deehh.. lumayan irit. Untungnya frame juga gak beli lagi.

Berhubung framenya gak gue bawa, jadi besokannya gue balik lagi kesana ngasih frame. Katanya sih selesai dalam waktu 3 hari. Yaaah paling lama seminggu laaah.
Gapapa kok mba agak lama.. palingan sayah ambilnya juga minggu depan pas udah gajian.. ehehehe..

Oh ya, buat temen-temen yang kerjanya seharian didepan layar monitor kayak gue, sebaiknya pake kacamata yang ada anti radiasinya. Karena berguna banget biar minusnya gak cepet nambah.
Dan memang kacamata mahal dan murah beda banget rasanya. Dulu gue 2 kali pake kacamata yang harganya diatas sejutaan, hasilnya minus gue nambahnya lambat.. paling setahun cuman nambah 1/4 ajah.

Trus nyoba-nyoba beli kacamata dioptik biasa yang ada di ITC.. dari yang 80 ribu sampe 300 ribu udah dirasain. Hasilnya minus gue nambah drastis. Kata mereka sih udah pake anti radiasi.. aah tapi sayah gak percaya, buktinya minus gue nambah terus.
Dan sekarang balik lagi deh pake lensa yang agak mahalan.. mudah-mudahan yang ini gak bikin minus mata cepet nambah. S E M O G A

Sekian catatan gue nyoba bikin kacamata pakai BPJS , semoga berguna yaaa..

Salam mata empat.

Yang kiri kacamata lama.. yang kanan kacamata baru.. kerenan mana..?? 2 duanya sih keren banget yaaaa...

11 comments:

Anonymous said...

cukup membantu, thx

wobi balinesia said...

Mau tanya :
1.Optik yg menerima dr bpjs itu optik2 besar seperti optik seis, melawai aja gitu ? Atau bisa ke optik2 kecil dekat rmh ?
2.Bpjs bisa buat berobat ke dokter mata ga kak ? Seperti kita minta obat buat nuruni minus, silinder dll kata org optik dket rmh saya katanya bisa ? Beneran ga ya ?

Trims kak berguna bgt sharingnya :)

RianTi said...

Hai Wobi, aku jawab ya :
1. Optik yang menerima BPJS gak hanya yang besar, yang kecil-kecil juga ada, asal mereka sudah kerja sama. Tinggal tanya rumah sakit tempat kamu berobat mata, rujukannya ke optik mana aja.
2. Kalau untuk minta obat nurunin minus, aku kurang tau ya, soalnya belom ngalamin sendiri. Tapi kalo berobat mata karena sakit (merah ato gatal-gatal) itu bisa. Coba bisa ditanya langsung sama rs yang bersangkutan aja.

Thanks udah mampir :D

Thita Rossiana said...

Mau nanya dong mba mungkin tau. Kalo bpjs itu dia bisa buat beli softlens gak ya?

erly mardianti said...

Hai Rianti..mksh banget info nya ..artinya BPJS bisa buat yg lain juga,selain rawat inap.

Ari Muhari said...

Mau tanya guys... klo bwt periksa mata rmh sakit yg rekanan dengan bpjs daerah mana aja ya....posisi di daerah tanah tinggi ( senen)

Ari Muhari said...

Mau tanya guy..
Klo rmh sakit mata yg rekanan dengan bpjs. Di daerah mana ya.... saya ada di tanah tinggi sebab saya di suru cari sendiri. Thanks info nya

Widi Humaira said...

Kalau aku pecinta voucher kacamata dari ASKES, kak. Hahahaha. Tapi skrg penukaran voucher dibatasi domisili:( Jadi kl mau di kota X, make sure RS-nya juga di kota X. Biar enak dan tenang:')

widhum.blogspot.com

Setyadi said...

Dikit yah jatahnya cuma 200 ? Pake jatah kantor bisa sejuta cuma pake duit dulu dan rembesannya ribet.. wakakak

Edward Albar said...

Terima kasih atas info nya.
Lumayanlah bisa irit dikit.

Indri Abdul Aziz _Driziz said...

Siang kak mau tanya doank"
Klw minta pakai BPJs bisa untuk bikin kaca mata yg anti radiasinya aja gak ya walau gak minus.