September 03, 2014

Cabut Jahitan

Udah seminggu yah.. sejak dibedahnya gigi bungsu gue. Artinya hari ini gue balik lagi buat cabut jahitan. Tadinya masih jiper karna gue browsing dan liat postingan orang kalo cabut jahitan lebih sakit daripada bedahnya. Karna pas bedah kan dibius jadi ga berasa apa-apa, kalo cabut jahitan, langsung aja gitu ga pake bius-biusan.

Berhubung masih jiper, rencana awal gue balik kedokter 2 minggu lagi. Dengan alasan pastilah gusi gue udah rapet dan ga luka, jadinya gak bakalan sakit deh. Tapi apa daya, pagi tadi kok gue nyium bau ga sedap dari mulut, padahal udah gosok gigi. Pas gue cek, ternyata benang jahitannya kotor, ada putih-putih gitu, kayanya sisa-sisa makanan yang ga bisa dibersihin pake sikat gigi, mengendap disitu. Trus pas gue pegang.. yaoloooo... sedhaaapphh bener baunya.. ahahaha...

Ga tahan sama bau mulut sendiri dan ga pede jadinya, akhirnya gue beraniin deh buat kedokter gigi hari ini. Setelah cek bebi cek, akhirnya gue ke klinik Afia. Soalnya di RS MMA dokter giginya belom dateng. Nanti jam 10 telpon balik lagi katanya. Yaaah males deh ah kalo kesiangan, soalnya mau ada kunjungan tamu dari Jepang, ga enak nanti kalo si boss keruangan gue, diliat kosong gak ada orang. Masalahnya temen seruangan juga hari ini  lagi  repot keluar kantor.

Meski tindakan bedah kemaren bukan diklinik itu, tapi kalo cabut jahitan aja katanya gapapa, bisa-bisa aja kok. Setelah daftar gue sempet nunggu bentar, trus tanya-tanya ngantri berapa orang. Katanya 5 orang dan gue yang ke 6. Waaaah lama dong, bisa 2 jam lebih kali nih. Akhirnya gue coba ke RS MMA, sapa tau dokternya udah dateng. Untungnya deket yak.. jadi enak bolak-balik, dan untungnya juga gratis.. ahahaha.. (ini penting) jadi ga rugi-rugi amat udah daftar.

Sampe di MMA, puji Tuhan dokternya udah dateng dan rejeki anak soleh.. gue pasien pertama.. manteblaaahh.. Sama kayak waktu mau dibedah, begitu daftar langsung panggil dan langsung tindakan.
Kali ini dokter yang nanganin cewek dan orangnya masih muda. Setelah bincang-bincang dikit, akhirnya dieksekusi deh benang jahitan gue.

Ga pake lama, cuma 15 menit laah akhirnya selesai juga. Sebenernya sih bisa lebih cepet dari itu kalo aja ga ada makanan sisa yang nyempil digusi. Jadi ni dokter lebih banyak bersihin sisa makanan daripada cabut jahitan.. maap ya dok.. 

Setelah bersih semua benang yang dicabut, mulut gue ditetesi sama betadine, abis itu disuruh kumur-kumur lagi. Dan haaaahhh... sekarang udah seger lagi mulutnya.. horaaayy.. smug Pas pulang diresepin obat lagi sama dokternya, jaga-jaga kalo aja nanti terjadi infeksi, amit-amit sih gak.. 

Jadi... gimana rasanya gimana... hmmm... ga sakit kok. Bener deh.. cuma berasa kayak di....hmmm.. apa yah.. kayak dicabut bulu keteknya kali yaa.. ahahaha.. tongue
Berasa ada yang dicabut, tapi ga sakit.. ya gitu deh, malah lebih sakit cabut alis dah, bikin pedes mata.
Jadi buat yang masih takut-takut, coba aja.. daripada sakit terus-terusan.. mending, langsung ditindak. Okaaayy..

Salam gigi bungsu..

10 comments:

Nurida Novianti said...

Saya juga br operasi gigi bungsu nih. Baru 4 hari. Di sekitar jahitannya ada putih2 gitu. Itu sisa makanan ya? Mending diambil atau dibiarkan ya Mba? Mau diambil takut jahitannya kenapa2, mau dibiarin takut jadi infeksi. Simalakama :((
Saran Mba gimana ya?

RianTi said...

Hai Nurida, kalo aku kemaren dibersihin pakai tissu pelan-pelan. Trus sering-sering kumur deh biar sisa makanan gak nempel.

Natalia Mualim said...

Saya baru operasi gigi bungsu dua minghu lalu, kemarin d cabut benang sama dokter klinik yg berbeda, setelah diperhatikan lagi kok kaya masih ada item2 nya benang d bagian belakang gigi terakir, apa karena ga kecabut atau normal yah macem begitu?

RianTi said...

Hai natalia, kalo saya kmrn gak ada sisa-sisa benangnya lagi, dicabut semuanya. Coba periksa lagi aja keklinik biar gak penasaran.

Indra Kusuma said...

Normalnya untuk pelepasan jahitan gusi berapa hari pasca operasi ya?

Indra Kusuma said...

Warna benang jahitnya warna apa ya mas/mba?

Rena Chang said...

Hai kak.
saya sekitar sebulan yg lalu operasi gigi geraham. Terus 1 mnggu kemudian sya pergi lepas jahitannya. Tp pas sampai rmh sya liat msh ad jhtn nya.
Sya balik ke dkter nya lg. Kta dkter nya gapapa. Nnt bisa ilang sendiri. Tp smpai skrg masih ada jahitan nya. Cm wrna nya agak putih gt. Terus di pipi dkt jhtn sperti ad sariawan gt. Kdg" sakit gt. Itu kira" kenapa" tdk ya ? Thanks

Rena Chang said...

Hai kak. Sekitar sebulan yang lalu sya operasi gigi geraham. Semnggu kemudian sya pergi lepas jhtn. Tp pas smpai di rmh sya lht msh ad 1 jhtn yg msh ad. Trs sya blik ke dktr nya lagi. Kta dkter nya gak ppa nnt bkal ilang sndri. Tp sbulanan nie jhtn nya msh ad. Jhtn nya brwrna agk keputih"an gt. Terus di pipi dkt jhtn nya sperti sariawan gt sakit.
Itu kira" bhya atau tdk ya sperti itu? Atau cm krna pns dlm ya. Thanks

anggitadewi said...

Kalo abis cabut benang buat makan enakan ga kak ?
Aku kan seminggu ini abis cabut juga nah aku kumur kok bagian jahitannya sakit ya ??

Dits Its said...

ngakaaakaaaa... gara gara postingan ini,barusan gue dicabut jaitannya udah parno duluan,efek trauma cabut gigi kemarin juga sih. pas dokter nyuruh buka mulut gue udh teriak teriak(pas cabut gue sampe nangis nangis padahal dibius udah sampe 2 kali) hahahahahaha 2 menit buka jaitan galuka ga perih ga berasa apa apaaaa.. thankssss yaa bikin gue parno duluan