September 03, 2014

Cabut Jahitan

Udah seminggu yah.. sejak dibedahnya gigi bungsu gue. Artinya hari ini gue balik lagi buat cabut jahitan. Tadinya masih jiper karna gue browsing dan liat postingan orang kalo cabut jahitan lebih sakit daripada bedahnya. Karna pas bedah kan dibius jadi ga berasa apa-apa, kalo cabut jahitan, langsung aja gitu ga pake bius-biusan.

Berhubung masih jiper, rencana awal gue balik kedokter 2 minggu lagi. Dengan alasan pastilah gusi gue udah rapet dan ga luka, jadinya gak bakalan sakit deh. Tapi apa daya, pagi tadi kok gue nyium bau ga sedap dari mulut, padahal udah gosok gigi. Pas gue cek, ternyata benang jahitannya kotor, ada putih-putih gitu, kayanya sisa-sisa makanan yang ga bisa dibersihin pake sikat gigi, mengendap disitu. Trus pas gue pegang.. yaoloooo... sedhaaapphh bener baunya.. ahahaha...

Ga tahan sama bau mulut sendiri dan ga pede jadinya, akhirnya gue beraniin deh buat kedokter gigi hari ini. Setelah cek bebi cek, akhirnya gue ke klinik Afia. Soalnya di RS MMA dokter giginya belom dateng. Nanti jam 10 telpon balik lagi katanya. Yaaah males deh ah kalo kesiangan, soalnya mau ada kunjungan tamu dari Jepang, ga enak nanti kalo si boss keruangan gue, diliat kosong gak ada orang. Masalahnya temen seruangan juga hari ini  lagi  repot keluar kantor.

Meski tindakan bedah kemaren bukan diklinik itu, tapi kalo cabut jahitan aja katanya gapapa, bisa-bisa aja kok. Setelah daftar gue sempet nunggu bentar, trus tanya-tanya ngantri berapa orang. Katanya 5 orang dan gue yang ke 6. Waaaah lama dong, bisa 2 jam lebih kali nih. Akhirnya gue coba ke RS MMA, sapa tau dokternya udah dateng. Untungnya deket yak.. jadi enak bolak-balik, dan untungnya juga gratis.. ahahaha.. (ini penting) jadi ga rugi-rugi amat udah daftar.

Sampe di MMA, puji Tuhan dokternya udah dateng dan rejeki anak soleh.. gue pasien pertama.. manteblaaahh.. Sama kayak waktu mau dibedah, begitu daftar langsung panggil dan langsung tindakan.
Kali ini dokter yang nanganin cewek dan orangnya masih muda. Setelah bincang-bincang dikit, akhirnya dieksekusi deh benang jahitan gue.

Ga pake lama, cuma 15 menit laah akhirnya selesai juga. Sebenernya sih bisa lebih cepet dari itu kalo aja ga ada makanan sisa yang nyempil digusi. Jadi ni dokter lebih banyak bersihin sisa makanan daripada cabut jahitan.. maap ya dok.. 

Setelah bersih semua benang yang dicabut, mulut gue ditetesi sama betadine, abis itu disuruh kumur-kumur lagi. Dan haaaahhh... sekarang udah seger lagi mulutnya.. horaaayy.. smug Pas pulang diresepin obat lagi sama dokternya, jaga-jaga kalo aja nanti terjadi infeksi, amit-amit sih gak.. 

Jadi... gimana rasanya gimana... hmmm... ga sakit kok. Bener deh.. cuma berasa kayak di....hmmm.. apa yah.. kayak dicabut bulu keteknya kali yaa.. ahahaha.. tongue
Berasa ada yang dicabut, tapi ga sakit.. ya gitu deh, malah lebih sakit cabut alis dah, bikin pedes mata.
Jadi buat yang masih takut-takut, coba aja.. daripada sakit terus-terusan.. mending, langsung ditindak. Okaaayy..

Salam gigi bungsu..

42 comments:

Accio Luck said...

Saya juga br operasi gigi bungsu nih. Baru 4 hari. Di sekitar jahitannya ada putih2 gitu. Itu sisa makanan ya? Mending diambil atau dibiarkan ya Mba? Mau diambil takut jahitannya kenapa2, mau dibiarin takut jadi infeksi. Simalakama :((
Saran Mba gimana ya?

RianTi said...

Hai Nurida, kalo aku kemaren dibersihin pakai tissu pelan-pelan. Trus sering-sering kumur deh biar sisa makanan gak nempel.

Natalia said...

Saya baru operasi gigi bungsu dua minghu lalu, kemarin d cabut benang sama dokter klinik yg berbeda, setelah diperhatikan lagi kok kaya masih ada item2 nya benang d bagian belakang gigi terakir, apa karena ga kecabut atau normal yah macem begitu?

RianTi said...

Hai natalia, kalo saya kmrn gak ada sisa-sisa benangnya lagi, dicabut semuanya. Coba periksa lagi aja keklinik biar gak penasaran.

Unknown said...

Normalnya untuk pelepasan jahitan gusi berapa hari pasca operasi ya?

Unknown said...

Warna benang jahitnya warna apa ya mas/mba?

Unknown said...

Hai kak.
saya sekitar sebulan yg lalu operasi gigi geraham. Terus 1 mnggu kemudian sya pergi lepas jahitannya. Tp pas sampai rmh sya liat msh ad jhtn nya.
Sya balik ke dkter nya lg. Kta dkter nya gapapa. Nnt bisa ilang sendiri. Tp smpai skrg masih ada jahitan nya. Cm wrna nya agak putih gt. Terus di pipi dkt jhtn sperti ad sariawan gt. Kdg" sakit gt. Itu kira" kenapa" tdk ya ? Thanks

Unknown said...

Hai kak. Sekitar sebulan yang lalu sya operasi gigi geraham. Semnggu kemudian sya pergi lepas jhtn. Tp pas smpai di rmh sya lht msh ad 1 jhtn yg msh ad. Trs sya blik ke dktr nya lagi. Kta dkter nya gak ppa nnt bkal ilang sndri. Tp sbulanan nie jhtn nya msh ad. Jhtn nya brwrna agk keputih"an gt. Terus di pipi dkt jhtn nya sperti sariawan gt sakit.
Itu kira" bhya atau tdk ya sperti itu? Atau cm krna pns dlm ya. Thanks

anggitadewi said...

Kalo abis cabut benang buat makan enakan ga kak ?
Aku kan seminggu ini abis cabut juga nah aku kumur kok bagian jahitannya sakit ya ??

Unknown said...

ngakaaakaaaa... gara gara postingan ini,barusan gue dicabut jaitannya udah parno duluan,efek trauma cabut gigi kemarin juga sih. pas dokter nyuruh buka mulut gue udh teriak teriak(pas cabut gue sampe nangis nangis padahal dibius udah sampe 2 kali) hahahahahaha 2 menit buka jaitan galuka ga perih ga berasa apa apaaaa.. thankssss yaa bikin gue parno duluan

Unknown said...

Thank you very funny jadi ketawa sendiri bacanya .pasti orangnya pinter nih ya kalau engga sdh terbukti lucu.

Unknown said...

Thank you very funny jadi ketawa sendiri bacanya .pasti orangnya pinter nih ya kalau engga sdh terbukti lucu.

Unknown said...

Mau buka kaitan hari ini. Semoga saya juga ga sakit.. thanks postingannya. Bikin saya lbh tenang dikit.

Unknown said...

haiii salam kenasl
sekitar 1 minggu yang lalu saya oprasi gigi impaksi.
kemuadian asya kontrol kembali untuk menggambil benang jahitanya. ehhhhh,,,,,itu itu dokter bilang ga usah di ambil mas benangnya, nanti juga hilang da nyatu sama daging,
ohhhh gitu ya dok. okedah saya pulang.

selama ini yang saya rasain di bagian gusi bekas jahitan, serasa ada yang menggangu oleh benang jahitan. saran saya mendingan di ambl tu benang jahitan, itu juga kalau sudah kering dan rapat. daripada lama itu benang ilangnya. ujung-ujungnya impeksi lagi. amit amiiiit dahhh

Anonymous said...

Gue barusan abis operasi gigi graham, dan minggu depan mau cabut jahitan

Admin said...

Kalo udah 1 bulan dr sejak operasinya gimana yah? Secara mau cabut parno mulu...apalagi mulut sampai 3 minggu gak bs mangap lebar2, pikirku tangan dokter gak akan bs masuk mulut. Skrg masih keliatan benang hitamnya...cabut gak yah? Oya kadang2 ada sedikit rasa cekit2 di gusi sampai sekarang wajar gak sih?

Unknown said...

Kemaren malam habis bedah 1 dari 3 gigi impaksi. Rasanya? Nyerrr... Suakit gila. Gigi di bor ngilu, di ongklek2 di congkelnya sakit banget. Saking sakitnya entah knp mata itu netes sendiri padahal bukan nangis. Dan rencana minggu depan mau lepas jahitan. Yang jelas trauma bgt, cukup 1 aja deh, 2 gigi impaksinya di biarin aja

Unknown said...

Terima kasih banyak infonya,asli takut banget awalnya buat buka jahitan abis op bedah mulut gigi bungsu.tpi hamdulillah setelah baca blog kmu,aku insyalloh ga akan takit..

Unknown said...

Lg nunggu antrian mo cabut jahitan jg..terus iseng browsing.. Yg tadinya biasa aja..ko jd jiper ya takut sakit.. Moga2 emg bener g sakit ya. 😁

Unknown said...

Bismilah ak nanti mlm mau cabut jahitan udh seminggu pasca cabut gigi .. makasi postinganya semoga g sakit n seperti cabut alis

Unknown said...

Ada yg ngalamin ga sih.... Sariawan dmn mn abis oprasi gigi... .hiksss banyak bgt sariawan bikin sakit

Unknown said...

Ada yg ngalamin ga sih.... Sariawan dmn mn abis oprasi gigi... .hiksss banyak bgt sariawan bikin sakit

Unknown said...

Seminggu yg lalu saya jg oprasi gigi impaksi .. Besok rencana mau lepas jahitan .. Thanks postingan nya jadi agak tenangan. Hehe.. Doa in besok lancar aja .. Semoga nggak sakit beneran

Unknown said...

Seminggu yg lalu saya juga habis operasi gigi impaksi 4 gigi sekaligus dan rencananya besok mau buka jahitan. Saya baca postingan dan komen2 untuk menguatkan mental saya karena memang pas mau operasi tegangnya minta ampun. Saya pilih cabut semua gigi impaksi ya supaya saya dibius total aja dan sakitnya sekalian. Jadi kan ga tambah takut denger suara alat dan masih sadar ketika dokter ambil tindakan. Semoga cabut benangnya ga bikin tambah sakit 😇

Unknown said...

Aku abis cabut gigi impaksi dan rasanya mantap bgt gigi d tarik abis cabut DI jahit rasanya marem bgt.. Aslinya ga sakit tapi bawaannya kpgn nangis terus .. Krn saking takutnya... Seminggu lagi cabut benang.. Oh rasanya dah ga berani k dokter lagi... NYESEL UDAH CABUT GIGI 😭😭😭😭

Unknown said...

Aku abis cabut gigi impaksi dan rasanya mantap bgt gigi d tarik abis cabut DI jahit rasanya marem bgt.. Aslinya ga sakit tapi bawaannya kpgn nangis terus .. Krn saking takutnya... Seminggu lagi cabut benang.. Oh rasanya dah ga berani k dokter lagi... NYESEL UDAH CABUT GIGI 😭😭😭😭

Anonymous said...

Gua barusan lepasin jahitan di mulut habis 500k dgn benang warna biru dua jahitan. Kata dokternya perbenang 250k tarifnya. Ini lg cari infonya jg.

Unknown said...

Aku seminggu lg cabut benang. Doain ya gaess 😁🙏

Anonymous said...

Hari Sabtu besok jadwal lepas benang operasi gigi bungsu. Mbaca pengalaman cabut benang, kok jadi takut ya.... Bismillah.

Unknown said...

Bulan Oktober 18 sy operasi gigi bungsu, dan 4 bulan berlalu, bekas jahitannya sgt mengganggu. Pdhl kt dokter nti jg hilang sndri, tp smp skrg msh ada dan sgt mengganggu sekali..

Unknown said...

Hari Senin besok mau Cabut jahitan.. kok dah ngeri duluan gaes.. semoga gak sakit spt postingan di atas..😅

Unknown said...

Gila baru umur 4 jam jahitan gue udah parno baca komen sob sob diatas, semoga ilang deh trauma 4 jam lalu

Unknown said...

BARU 3 HARI CABUT GIGI BUNGSU, ATAS DAN BAWAH SEBELAH KIRI, CUMA 2 JAM MANGAP , AGAK LECET SIH DI BIBIR KIRI KARENA GESEKAN,DAN GAK SAKIT KARENA UDAH DI SUNTIK BIUS, LUMAYAN SIH LEBIH DARI 15 SUNTIKAN TAPI NGGAK SAKIT KAYAK KETUSUK DURI IKAN AJA, 2 MINGGU LAGI DI SURUH LEPAS JAHITAN, SEMOGA NGGAK SAKIT

Unknown said...

Kenapa gak minta bius total?

Unknown said...

Hari in juga mau lepas jahitan.. Janjian ma dokternya abis magrib.. Tp kok jadi takut yah🤔

Unknown said...

Minggu lalu saya bedah si gigi bungsu trus dokternya suru dtg seminggu lagi atau lebih juga gpp,, hari ini pas seminggu dilema mau pergi hr ini apa lebihin seminggu,,abis baca pengalaman disini saya putuskan hari ini aja deh,, udah parno aja takut sisa makanan pada nyelip didalam malah infeksi

Unknown said...

Kalau mau lepas jahitan untuk gigi setelah operasi berapa biayanya, benangnya warna hitam

Debby3113 said...

Hii ka salam kenal . Tgl 16 kmaren ak operasi gigi bungsu kanan bawah tgl 31 nnti lepas jaitan . Mks ya blognya sedikit meredakan keciutan ak . Secara waktu hbs operasi secar ajj masih ada benang nongol 1 cm doang pas dtarik dokter ak treak2an kayak mau ngluarin baby lagi ahaha doain y k mdh2an bneran g sakit n gda impeksi2 lain .. n okelah impaksi ke 2 ogah cabut biarinin ajj udh laku ini ahahah

Febrian Ammar said...

Baru saja senin 22 februari 2021 yang lalu saya operasi gigi graham bungsu, senin besok 1 maret 2021 saya akan kontrol lagi untuk memastikan apakah benang sudah bisa dicabut atau belum hehe

Unknown said...

Gimana klo jaitan nya ga di buka.?? Gpp kah?

Dinay said...

Semuanya merasakan trauma yahh setelah cabut gigi bungsu.. samaaaa ternyata saya juga trauma sekali.. sempet mikir gamau ktmu dokternya, gamau masuk ruangannya apalagi liat alat2 bedah.. hmm sampe nyium betadine juga rasanya gimanaa gitu inget masa2 dibedah gigi bungsu hiks hiks ..

Dinay said...

Semuanya juga merasakan trauma yahh setelah operasi gigi bungsu .. samaaaaaaa.. saya sampai gamau lagi ktmu dokternya, ruangannya, alat2 bedahnya sampai nyium betadine juga rasanya gimanaaa gituu bau bau horor.. tp harus kontrol buat cabut jahitan.. semoga betul tidak semenyeramkan saat dibedah ..