May 18, 2014

Pantai Pulangsawal (Indrayanti)

Ini nih alasan kita kenapa nyewa mobil di Jogja. Selain lebih praktis pindah-pindah tempat wisata, kita juga berniat mau kedaerah gunung kidul. Konon katanya disana pantainya bagus-bagus. Selesai dari keraton, kita langsung ngelanjutin perjalanan menuju pantai. Dan ternyata letaknya jauh bener dari malioboro rolling eyes. Perjalanan memakan waktu lebih dari 3 jam, itupun tanpa macet. Berdasarkan pengakuan supir, rute yang kita lalui ini jalan alternatif. Katanya kalo lewat jalur yang biasa pasti macet dan bakalan sore sampe sana. Dan memang sepanjang perjalanan ga ada petunjuk arahnya, untung aja supirnya paham medan kesana, jadi perjalanan amaaan..

Akhirnya kira-kira pukul 2 siang kita sampai ke pos jaga gunung kidul. Dipos ini kita bayar tiket masuk 1 orangnya 9500. Dengan tiket masuk ini, kita bebas mau kepantai mana aja, dan memang akan ada banyak pantai dikawasan gunung kidul ini. Jadi nanti pas sampai dipantai yang kita tuju, cukup bayar parkir aja. Ditiketnya tertulis ada pantai baron, kukup, sepanjang, drini, krakal, sundak, pulangsawal dan poktugal.
Karna dari awal tujuannya ke pulangsawal, maka kita langsung kesana, tapi sebelumnya isi perut dulu di pondok makan lesehan "Griya Wono".

Disini kita pesen paket makan untuk 10 orang. Total yang makan ada 11 (supirnya ga mau ikutan), ternyata cukup banget makanannya. Lagipula yang doyan makan cuma ada 2 orang, yang lain sepiring aja udah cukup. Menu paketnya ada ikan kakap/kembung 2kg, udang/cumi-cumi 1kg, cah kangkung 2porsi, trancam 1porsi, urap 1 porsi, lalapan, nasi 2 bakul besar, dan es jeruk 10 gelas. Harganya 290ribu.
Untung deh kita ga mesen paket yang lainnya, tadinya mau pesen paket buat 15 orang, takut paket 10 orang ga cukup.. eeeeh ternyata ikan sama sayurnya masih ada sisa.

Untuk rasa makanannya lumayan enak, ga pake banget sih, lumayanlah bisa ketelen. Ikan bakar sama gorengnya juga enak, kalo gue sih lebih suka kakap bakarnya, bumbunya pas. Trus trancamnya juga enak, bumbunya pas. Kalo urapnya, standar rasanya dan kurang laku, jadi bersisa banyak.

trancamnya enak
Kenyang makan disini, kita langsung berangkat lagi, dan ga sampe 1 jam, akhirnya sampe juga kita dipantai pulangsawal ato biasa disebut orang pantai indrayanti.

Pantai disini memang indah, masih bersih dan ombaknya cukup besar. Namun hati-hati ada beberapa spot yang ada batu karangnya, kalo terlalu asik main, bisa-bisa nanti keseret ombak dan terantuk batu karang. Meski pantainya tergolong kecil, cuma 5 menit gue jalan dari ujung satu keujung lainnya, tapi layak dikunjungi dan semoga pengunjungnya jangan bertambah lagi.

Cuma 1 yang ga enak kalo kesini, perjalanannya terlalu jauuuuuh.. kayanya lain kali kalo mau kesini harus cari penginapan seputar sini, biar bisa puas main dipantai.
Mengingat perjalanan pulang harus ditempuh lebih dari 3 jam, akhirnya kita ga nunggu matahari terbenam. Meski udah jam 6, ternyata matahari masih nampak meski hampir turun, ya sudahlaaah.. daripada kemaleman dan nambah biaya sewa mobil (karna lebih dari 12 jam), akhirnya kita merelakan sunset di pantai pulangsawal dan balik kemalioboro.

sebenernya ini belom sunset, kameranya aja yang jelek  tongue
Sama seperti perjalanan pergi, kita pulang dengan keadaan jalan yang lancar dan akhirnya jam 1/2 9 udah sampe lagi dihotel.