May 18, 2014

Jogja hari pertama

Kemaren gue pergi dadakan kejogja. Semalam sebelum keberangkatan sibungsu nawarin tiket gratisan punya temennya yang ga kepake. Mendengar kata gratisan, tentu gue mau. Apalagi ada 2 tiket pulang pergi yang menanti tongue. Makin enak lagi, ini tiket ga harus dibalikin uangnya, jadi bener-bener gratis.. yaaah daripada hangus, mending gue pake.

Kita berangkat naik kereta progo dari stasiun pasar senen-lempuyangan. Berangkat pukul 10 malam dan tiba pukul 7 pagi. Kecemasan baru muncul disaat pengecekan tiket. Berhubung ga ganti nama, tentunya tiket yang ditangan gue masih atas nama orang. Malah tiketnya abang atas nama wanita I don't want to see. Khusus buat tiket gue, masih ada fotocopian ktpnya, tapi tiketnya abang sama sekali ga ada.

Berbekal kenekatan dan kepercayaan diri, gue maju duluan ngadepin petugas. Tentunya dengan setumpuk tiket dan ktp (asli dan fotocopy). Buat tiketnya abang, gue pake ktp adek gue. Jadi adek gue ngasih ktp asli dan fotocopy. Yang penting jumlah ktp-tiket sama-sama 11. Mudah-mudahan si petugas ga ngecek satu-satu. Eeeeh benerlah.. petugas cuma ngeliat atasnya aja, selanjutnya langsung dicap dan cuma dihitung jumlahnya. Amaaaaann..

Masuk kereta, kita nyari kursi masing-masing. Ada 2 orang yang terpisah, tapi masih 1 gerbong dan ga terlalu jauh. Dan ada 1 lagi yang bener-bener jauh gerbongnya terpisah dari kita. Tapi keberuntungan masih menghampiri kami, ada 1 kursi dideretan kita yang kosong. Ditunggu sampe kereta berangkat ternyata ga ada yang dateng. Akhirnya kita panggil deh temen yang satu itu, dan terus berharap yang punya kursi ga ada. Dan harapan kami terkabul...!!

Perjalanan jakarta-jogja memakan waktu lebih dari 8 jam, puji Tuhan berjalan lancar dan menyenangkan, walaupun kereta terlambat 1/2 jam dari jadwal seharusnya, tapi tidak menyurutkan semangat kami untuk senang-senang.
Untungnya, meski umur kita beda lebih dari 10 tahun, gue dan abang gampang beradaptasi dengan adik-adik ini. Mungkin karna kita memang masih berjiwa muda kali yaaaa...hee hee

Sampai dilempuyangan, kita langsung jalan kaki kearah malioboro. Meski ga tau arah, tapi orang jogja ramah dan baik, mereka dengan senang hati nunjukin arah kekita. Kalo ga mau repot sih mending naik becak, berhubung jalannya rame-rame (11 orang termasuk gue) jadi ga berasa jalan kaki bawa ransel.

Sampe malioboro kita langsung ke penginapan Letaknya di jalan sosrowijayan. Sepanjang jalan ini banyak hotel bertebaran, yang bagusan juga ada, tapi ga tau harganya. Tempat kita nginep namanya Hotel Indonesia, tarifnya murah, dari 90 ribu sampe 200ribuan. Tempatnya lumayan buat anak ranselan. Dengan sedikit rayuan maut, 1 kamar bisa diisi 7 orang, dengan 2 kasur tambahan. Tadinya gue sama abang mau pesen kamar terpisah, tapi kayanya sayang. Soalnya kita cuma numpang tidur sebentar sama mandi.

Sampe hotel kita ga bisa langsung kekamar karna belom waktunya check in. Untungnya kita bisa numpang mandi dan titip barang. Jadi sambil nunggu masuk kamar, kita bisa jalan-jalan.
Habis naro barang kita langsung cari sarapan, kali ini gue pengen nyari pecel. Yang lain sih pada nurut aja, asal murah, anak kuliahan pasti setuju..!!

Kelar sarapan, kita balik kehotel untuk mandi, setelah kembali wangi dan segar barulah jalan-jalan ini dimulai. Hari ini kita memutuskan untuk pergi kecandi borobudur, dan kita kesana naik trans jogja. Keberuntungan menghampiri kami lagi, ternyata kalau hari jumat, trans jogja bertarif 1 rupiah kalo bayarnya pakai kartu flazz, dan kebetulan gue punya dan saldonya masih ada (ini penting..!!).

Jadilah kita seharian mondar-mandir, keluar masuk trans jogja dengan hati riang karna nyaris gratis. Untung gue ikut.. ehehehe
Karna hari jumat dan udah hampir jam 12, kita memutuskan untuk nungguin lelaki sholat jumat dulu baru jalan keborobudur. Selama nunggu, kita ngobrol-ngobrol sama orang-orang disitu. Dari ngobrol-ngobrol itulah akhirnya kita ganti haluan. Ga jadi keborobudur, tapi prambanan aja yang jaraknya lebih deket dan ga keburu-buru.

Kata orang-orang diterminal, perjalanan bisa 2 jam lamanya. Sampai sana udah sore dan jangan balik terlalu malam karna ga ada bus lagi yang lewat. Waah daripada kita keburu waktu dan malah ketinggalan bus, mending ketempat yang lebih aman.

Akhirnya kita keprambanan, dan setelah puas muter-muter dan foto-foto, kita langsung cabut ke raminten. Konon katanya restoran ini tempatnya asik untuk kongkow dan harga makanannya termasuk murah.

Kelar makan dan kekenyangan, kita langsung pulang kehotel. Tapi sayang malem itu keberuntungan menjauhi kami. Akses menuju malioboro macet parah dan kami ga bisa turun dijalan, supir trans jogjanya ga berani nurunin kami dibukan halte tempatnya. Hasilnya yang harusnya kita udah sampe hotel ga sampe sejam, ini sampe berjam-jam.

Udah gitu kita diturunin dihalte yang kalo kata supirnya sih deket, tinggal lurus aja kemalioboro. Tapiii setelah kita jalanin.. jaaaaaauh rasanya. Tapi karna jalan kaki itulah, gue jadi tau lokasi oseng-oseng mercon bu narti. Dan udah ngincer, besok harus kesana.

Sampe dihotel, ternyata udah jam 11 ajah, yang tadinya masih pengen keluar, akhirnya ga jadi, abis badan udah remuk redam akibat jalan kaki terus.
Berhubung semuanya udah cape, jadilah kompak mengiyakan untuk istirahat aja.