May 18, 2014

Jogja hari kedua

Hari kedua, gue bangun dengan kepanasan, iyalaaaah kamar diisi 7 orang cewek, tentunya pengap dan gerah. Meski masih jam 6 kurang, gue langsung mandi, habis bangunin siadek, gue keluar kamar buat bangunin abang. Kelar siadek mandi, kita langsung keluar hotel. Rencana awal kita mau kepasar bringharjo, tapi ternyata belom buka. Waktu itu masih jam 7, katanya toko dan orang yang jualan baru ada jam 9an.

Yasudah, kita cari makan ditempat yang lain, akhirnya nemu pecel lagiii..!! dan masih sama, yang ini enak juga rasanya dan variasi lauk tambahannya juga banyak.

masih muka bantal.. ehehe
Kelar makan, kita langsung kehotel. Karna kita semua harus udah siap jam 8.. Hari ini kita sewa mobil buat jalan-jalan. Karna banyak tempat yang mau dikunjungi dan juga mau kearah gunung kidul, jadi kita memilih naik mobil aja ketimbang naik angkot. Kita sewa mobil elf seharga 600ribu untuk sewa 12 jam dan supir. Sayangnya ACnya ga sampe kekursi paling belakang. Buat yang didepan sih dingin banget, tapi dibelakang kudu buka jendela biar ada angin masuk. Manalah jogja panas terik, lengkap sudah penderitaan yang duduk dibelakang.

Perhentian pertama kita ke benteng vrederburg. Disana kita cuma sebentar, lihat-lihat diorama, foto-foto trus balik lagi kemobil.
Kedua, kite pergi ke keraton jogja. Sama seperti perhentian pertama, disini kita cuma lihat-lihat sebentar, foto-foto dan langsung balik lagi kemobil.
Selanjutnya ketaman sari, disini juga sama, foto-foto doang sambil lihat-lihat sebentar. Langsung balik lagi kemobil.

Sebenernya sih ga enak jalan begini, cuma dapet foto-foto doang. Ga menikmati, buat gue dan abang yang demen sama sejarah dan ngedengerin cerita, tentunya kita pengen banget lebih lama dan ga sekedar foto-foto. Karena ditempat yang kita kunjungi banyak banget cerita sejarah yang tersimpan, sayang banget kita berkunjung kesana tapi ga tau cerita dan asal muasal bangunan tersebut dibuat.
Tapi yaaah demi mencicipi semua wisata dijogja, kita ngikut aja deh lain waktu kita bisa kesana lagi kan..

Selesai ketiga tempat tersebut, kita langsung kearah gunung kidul. Kita mau kepantaii..!! bukaaaaan.. kali ini kita ga kepangandaran, tapi kekawasan pantai baron dan sekitarnya. Dan akhirnya mampir kepantai pulangsawal ato yang sering disebut orang pantai indrayanti.

Kelar dari pantai sebelum kehotel, kita mampir dulu ke bakpia 25 buat beli oleh-oleh. Kalo disuruh dateng lagi kesana, gue ga ngerti deh soalnya yang tahu sopirnya, dan tau-tau udah sampe aja. Oh ya yang kita datengin ternyata pabrik bakpianya, untuk harga gue ga tau deh lebih murah ato ga, tapi yang jelas bakpia baru mateng itu enaaaaak bener, masih panas dan meleleh dilidah.

Sampe dihotel istirahat sebentar trus gue langsung jalan lagi kedaerah KH. Dahlan.. ya apalagi kalo bukan nyambangi oseng-oseng mercon bu narti. Kali ini  gue cuma berdua aja sama abang, soalnya yang lain masih pengen mandi dan sebagian ada yang udah tidur.

Waktu lagi makan adek gw ngabarin kalo mereka lagi diangkringan tugu, sapa tau aja pengen nyusul. Berhubung gue belom mandi dan badan lengket banget bekas dari pantai, kita balik dulu kehotel untuk mandi. Kulit udah ga enak bener rasanya.

Pas pulang, gue milih naik becak karna memang udah cape ples kekenyangan. Awal perjalanan gue sama abang masih ngobrol sambil nikmatin angin. Tapi ditengah-tengah perjalanan, kita diam membisu. sebabnya karna kita ngedenger lenguhan siabang becak. Bukan lenguhan penuh nafsu yaaa... tapi tepatnya napas tersengal-sengal kecapean.

Haduuuuhhh ngilu rasanya ini hati, gue sama abang cuma bisa liat-liatan sambil berharap supaya cepet sampe. Kasihan bener rasanya denger si abang ngos-ngosan ngenjot becak. Untung tadi kita ga nawar, jadi ga terlalu merana hati ini. Ternyata emang bener yaaa, becak itu alat transportasi yang tidak manusiawi. Dan kita berjanji, lain kali kalo naik becak mendingan ga jadi naik, pilih yang lain, daripada harus nawar sampe nyekik.

Sampai dikamar langsung mandi, pas lagi ngeringin rambut, adek gue dan temen-temennya dateng. Yaaah baru mau disusul, udah balik ajah. Dan ga berapa lama mereka keluar lagi mau ke alun-alun. Gue sama abang ga ikutan, karna siabang kepengen nyobain kopi joss diangkringan lek man.

Sampai disana, gue pesen kopi dan berbagai macam sate. Sayangnya kita habis makan, jadilah ga bisa nyobain nasi kucingnya. Karna kita doyan nongkrong, jadi enak aja ngopi disana. Karena udah jam 2, pagi, pengunjungnya ga terlalu banyak, jadi ga pake lama pesanan kita dateng.

Sambil nongkrong, lagi-lagi hati ini ngilu. Kok yah jam segitu masih banyak aja pengemisnya. Dan yang parahnya banyak yang udah sepuh. Haduh mbaaahh.. bukannya tidur kok malah nyari duit siiihh crying

Karna mata udah ngantuk dan capek, akhirnya gue memutuskan pulang. Lagian mana enak sih nongkrong sambil ketawa-ketiwi tapi didatengin simbah pengemis yang mau jalan aja susah. Entahlah mereka acting ato ga, tapi gue lebih tega ngeliat pengemis dijakarta. Pengemis dijakarta masih tegap badannya, jalannya masih gagah walaupun ada juga yang nenek-nenek, tapi biasanya mereka duduk manis aja, ga hilir mudik, nyamperin kita yang lagi makan.

Sampe hotel, langsung tepar kecapean.