May 06, 2014

Malaikat tak bersayap

Pagi ini gue bangun dengan mood yang ga bagus. Biasalaaahh.. pms, kalo udah mau deket-deket hari M pastilah begitu. Dari tadi malem uring-uringan, ngedumel terus dan pake adegan nangis bombay. Untung suami langsung paham, istrinya aneh malah ngecek tanggal.. ooohh.. lagi pms laughing.
Untungnya suami gue punya sifat  kayak biksu Tong Sam Cong  pengertian yang luar biasa, dia ga banyak nanya gue kenapa, cuma ngelus-ngelus pundak sambil meluk. Tapi cukup melegakan buat cewek yang lagi pms.

Entah kenapa yah.. kadang saat-saat pms itu wanita jadi suka berlebihan ato istilah kerennya lebaaaayyy, gue juga kadang ga ngerti, cuma karna masalah sepele, kadang gue jadi bete terus-terusan dan ujung-ujungnya nangis. Setelah kelar nangis, kadang ketawa sendiri, masa cuman gara-gara handuk lupa dijemur aja, pake acara nangis bombay sigh.

Tadi pagi aura pms masih berlanjut, sambil nungguin si abang siap berangkat, kelar mandi gue malah goleran di sofa sambil main hayday. Males bikin jus, males motongin buah, males semuanya. Untung berangkat kerja dianterin, kalo ga, gue pasti males ngantor juga.. ehehe..

Sampe kantor biasanya muka jutek bisa bertahan sampe sore.. eeeh ternyata alam berkata lain, gue ga dibiarin betekuk wajah. Kebetulan pas gue dateng, si boss cantik juga nyampe kantor. Kalo biasanya gue ngacir duluan, kali ini gue nahanin lift buat dia. Dalam satu lift, si boss ngajak ngobrol, dia nanya kapan gue berencana untuk hamil. Fyi, gue pernah keceplosan ngomong didepan dia untuk menunda punya anak.
Gue jawab, "nantilah bu, kita mau senang-senang dulu, pacaran dulu, bebas dulu". Dan gue takjub plus bahagia karna baru kali ini gue dapet jawaban yang menyejukan hati.
Kata si boss "wah bagus itu (sambil ngacungin jempol) hebat kamu, puasin dulu main-main sama suami, biar nanti ga kebanyakan ngeluh".

Sayang obrolan gue sangat singkat, hanya beberapa detik aja (ya iyalaaaahhh... didalem lift kali, bukan diruang meeting) mungkin kalo lebih lama lagi, gue bisa minta dia ngejelasin apa maksudnya "kebanyakan ngeluh" itu.

Dan karna obrolan yang sangat singkat itulah, hari ini bisa gue lalui dengan senyum, ga pake tekuk wajah, ga pake bete seharian. Entah apa yang akan terjadi kalo jawaban siboss sama seperti orang lain. Yang menyalahkan karna gue menunda rejeki. Yang nakut-nakutin ato cenderung mengutuk nanti ga bisa punya anak. Yang mencibir karna tau pacaran gue lebih dari 1 dekade, tapi sekarang masih pengen pacaran lagi. Yang mengasihani nanti gue ga bisa merawat anak karna udah ketuaan. Dan banyak hal yang tidak mengenakkan.

Ternyata setelah menikah, pertanyaan nyebelin itu masih ada, hanya kalimatnya aja yang berubah. Kalo dulu ditanya kapan nikah, sekarang ditanya kapan punya anak, atauuu... udah isi belom..??

Hal-hal yang seperti ini kalo ditanya pas gue lagi pms, pasti bikin gue bete banget, yang kasian ya suami dirumah. Dia jadi tong sampah ngedengerin ocehan gue yang ga jelas dan ujung-ujungnya nangis karna kesel sama pikiran orang diluar sana.

Untungnya boss gue yang cantik ini sepaham sama gue, nggak menyalahkan, nggak menghakimi, nggak sok ngasih nasehat dan nggak melarang gue. Dia malah ngasih dukungan dan ikut senang sama putusan gue. Hal yang seperti ini yang bikin gue tambah menikmati hidup. Bikin gue terus tersenyum dan bikin gue semakin semangat setiap harinya.

Kadang dengan kejadian seperti ini, gue sering intropeksi diri. Apakah gue sama dengan mereka yang selama ini selalu mengganggu gue..? Apa jangan-jangan gue juga sering bikin orang gak nyaman dengan pertanyaan kepo gue. Ato malah gue jadi orang yang dihindari karna selalu mencecar pertanyaan ga penting tapi menyakitkan hati..??

Mudah-mudahan gue senantiasa menyenangkan buat orang lain, ga usah usil dan selalu mendukung apapun keputusan orang lain. Toh.. itu putusan mereka, itu jalan yang mereka mau, dan mereka juga yang merasakan pahit dan manisnya.

Seperti halnya boss cantik gue, yang bisa menghapus sisa-sisa pms tadi malam hanya dengan 1 kalimat dukungan, guepun akan mulai belajar menyenangkan orang dari ucapan gue yang selalu mendukung prinsip hidup orang lain. Semoga aja... praying

No comments: