July 29, 2013

Undangan pernikahan

Akhirnya nih undangan pernikahan gue udah selesai disebar semuanya. Baik yang undangan nasional maupun undangan batak. Untuk undangan nasional, gue yang desain sendiri, cuman selembar juga, jadi gampanglah. Sisi depan gue kasih gambar karikatur dan sisi belakang infonya, trus untuk peta cukup selembar kertas fotokopian ajah. Meski terlihat simpel dan seadanya, tapi proses mikirnya sampe berbulan-bulan. Kalo konsep mah udah dari dulu pengen yang cuman selembar aja. Tapi pas dituangin dikertas, kok yaah mandek banget. Ide baru muncul pas 2 bulan sebelum tanggal nikah.
Ngerjainnya pun ngebut, maklumlah dikantor lagi banyak kerjaan, biasa deh kalo sibos mau keluar negri pasti ada aja data yang diminta, jadinya pulang kerja baru bisa dimulai.

Untungnya udah biasa ngedit di photoshop, jadi ga terlalu repot. Dan begitu mulai bikin langsung jadi 10 jenis undangan, besok sorenya dikasih liat keabang, suruh dia pilih yang mana. Ga cukup 10 ternyata, akhirnya total contoh yang gue bikin ada 35 jenis. Whueehehehe.. banyak ye.. tapi satu sama lain ga jauh beda kok, paling cuman beda huruf, beda foto sama letak kalimat aja.

Tadinya gue pengen sisi depan digambar aja, kebetulan banyak temen-temen gue yang jago gambar, bahkan sicepot juga bagus gambarnya. Tapi berjalan waktu, gue jadi pengennya dibikin karikatur aja. Ngomong-ngomong sama mba ica, akhirnya dia mau bikinin, eh tapi bukan dia yang gambar juga sih.. ehehe.. Sambil nunggu karikatur selesai, gue terus bikin undangan berbagai versi di laptop. Setelah semuanya selesai, gue langsung cetak. Oh ya proses cetak semuanya lewat online, gue percayain aja sama cetakfotokanvas.
Selain undangan, gue juga cetak stiker disini. Stikernya buat perekat amplop. Sayang nih untuk amplop, mereka ga bisa bikinin, terpaksa deh gue bikin sendiri.

Undangan dateng pas tanggal 24 Juli, telat 2 hari dari yang gue pengen. Tapi ga papa sih, gue emang niatnya mau nyebar hari ini, jadi ga terlalu mepet banget. Tadinya gue pikir art-paper itu kertasnya glossy eh ternyata ga.. yaaa maklum deh, ga ngerti kertas ekeh. Agak sedikit kecewa juga sih ngeliat kertasnya abis kaya karton biasa gitu.
Tapi pas abang dan simamah bilang bagus, langsung menguap begitu aja kecewanya. Apalagi pas tau kalo jumlahnya ditambahin sama mereka, whuaaaa.. makin sumringah *gampang banget seneng*
Habis terima undangan, langsung malemnya beli kertas A4 warna, diniatin bikin amplop.

Awal pertama bikin, salah terus, padahal udah bikin pola.. lama-lama ahli juga. Untung cuma bikin 120, coba kalo sampe 300 lembar... whuaaa.. kriting deh tangan.

alat tempur


Undangan sisi belakang

Undangan sisi depan

Semua yang dirumah ikutan bantuin, bokap doang sih yang ga. Hari pertama sampe bela-belain begadang bikinnya, pas udah ahli baru 3 jam aja langsung selesai. Ternyata ga sulit-sulit amat bikin amplop.. *ada yang mau pesen amplop sama gue..?? ahahaha*

Selesai dimasukin amplop, dibelakang ditempelin stiker buat perekatnya trus dilabelin deh. Tadinya nih mau pake label yang udah jadi itu tuh, yang tinggal tempel kayak merk Tom&Jerry. Tapi pas ngeprint alamat buat yang dikirim pos, kok yaah bagus nih, akhirnya ga jadi pake label, tempel hasil print aja, jadi kayak surat beneran deh.
tempel stiker

Trus buat yang dikirim lewat pos, gue bikin prangkonya khusus pake foto gue sama abang, namanya prangko PRISMA Yang bikin sih si cepot, jadi gue ga tau prosesnya gimana. Cuman kata dia, tinggal kasih file foto aja trus dicetak dan langsung jadi, bikinnya dikantor pos yang deket pasar baru itu. Harga bikin prangko prisma 28ribu untuk 8 lembar prangko seharga 2.500 rupiah.

Prangko Prisma


Siap dikirim pos
Oh ya tadinya nih amplopnya ga polos gitu aja, tapi ada mau dicetak gambar hasil karyanya sicepot. Tapi karena kemaren masih sibuk ngurusin ben, akhirnya ga jadi. Ga ada waktu lagi buat cetak begituan. Walopun simple tapi gue puas banget, karena semuanya hasil kerja tangan gue sendiri, dari mulai atur lebar kertas, desain, amplop, stiker semuanya gue sendiri yang bikin. Meskipun ada yang ga sesuai, tapi ternyata hasil akhirnya malah jadi bagus.

Selesai repot bikin undangan, sekarang tinggal bikin buku misa.. hmmm.. masih belom ada ide nih.. melamun

No comments: