July 04, 2013

Puasa ala food combining

Ga berasa aja yah bentar lagi masuk bulan ramadhan, yang artinya bulan berpuasa bagi temen-temen yang muslim, dan pastinya nih akan dimanjakan dengan makanan yang enak-enak selama sebulan. Meskipun gue bukan muslim tapi aura ramadhan pasti mampir juga, pasti nanti bakal banyak undangan buka puasa, minimal ada 4 lah yang pasti ada, dari kantor, sodara sepupu, temen kosan ato temen sekolah. Biarpun ga berpuasa , undangan tetep mampir, soalnya sekalian ajang reunian, makanya gue seneng kalo udah bulan puasa, ada aja alesan buat ngumpul-ngumpul sama temen.
Cuma 1 yang ga enak, cheating dari food combining jadi lebih sering.. ehehe

Oh ya soal food combining, kebetulan nih si Erikar Lebang ngeluarin buku baru yang judulnya "Food Combining di Bulan Ramadhan".


Buat yang pengen tau cara berpuasa dengan food combining sebaiknya beli aja bukunya. Isinya bagus buat umat muslim yang mau berpuasa, soalnya disitu dikasih penjelasan apa itu puasa sesungguhnya, makanan apa yang baik untuk dimakan, dan juga dijelasin tujuan puasa sebenernya itu apa.

Ternyata untuk puasa, cara makan dalam food combining ga ada perubahan yang berarti, yang beda hanya ada waktu sahur sama waktu berbuka aja.

Berikut contoh menu food combining selama bulan ramadhan :

Sahur
  • Setelah bangun tidur, minum segelas air hangat dengan perasan jeruk nipis ato lemon
  • Makan potongan buah segar sebaiknya terdiri dari 3-4 jenis buah aneka warna
  • Setelah 30-45 menit barulah makan besar yang terdiri dari karbo + sayur ato protein + sayur, dianjurkan tidak banyak minum saat makan.
  • Minum segelas air dianjurkan setelah makan besar sekitar 20-30 menit sesudahnya ato sebelum waktu sholat subuh
Berbuka puasa
  • Jus buah buatan sendiri, dan segelas air
  • Setelah 30 menit makan malam dengan pola yang sama karbo + sayur ato protein + sayur
  • Minum air 30 menit sebelum tidur
Air disini yang dianjurkan adalah air putih berkualitas yang sejuk, jadi bukan dingin atopun panas.

Setelah gue baca bukunya, kayaknya gue tertarik untuk ikutan berpuasa, lumayan kan mengistirahatkan kerja lambung. Sekaligus ga jadi setan lagi selama bulan ramadhan. Ya abis.. selama ini cuman gue sendirian yang ga puasa, kadang mau makan siang juga bingung, mau keluar ga ada temen (kecuali ada yang lagi dateng bulan), bawa makanan dari rumah, pas dimakan dikantor kok yah baunya sedep bener.. ahahaha..

Soal puasa ramadhan gue emang belom pernah nyoba ikutan, meski nenek dan sodara gue banyak yang muslim tapi gue sama sekali ga tertarik ikutan. Palingan ikutan sahurnya aja menjulurkan lidah tapi itu waktu dirumah nenek sama waktu dikosan doang, alesannya nemenin mereka yang lagi sahur biar ga sendirian.

Kalo puasa yang sering gue jalanin palingan puasa makan sekali kenyang pas paskah aja, itu juga cuman 2 hari pas rabu abu sama jumat agung doang. Jadi bisa dibilang, tahun ini adalah puasa pertama guee.. uhuuuyy... bajak laut

Salam puasa sehat

No comments: