July 15, 2013

Bebas nyeri datang bulan a.k.a Sumilangeun

Hai hai... kali ini gue mau ngebahas soal nyeri datang bulan ato orang sunda sering nyebutnya sumilangeun, soalnya ada yang nanya kegue soal ini, jadi sekalian aja nulis disini.

Sebelumnya gue mau cerita dulu nih gimana pengalaman gue setiap dateng bulan. Jadi nih dari sejak SMA, setiap datang bulan, gue selalu ngalamin sakit. Pertama-tama sih biasa aja, tapi makin bulan makin tahun, rasa sakitnya selalu nambah. Sampe akhirnya gue bergantung sama obat penghilang nyeri. Karna terlalu bergantung, lama-lama dilarang minum obat sama simamah, takutnya berdampak buruk sama kesehatan gue. Trus beralihlah sama kunyit asem bikinan yayuk-yayuk tukang jamu ato kadang kalo jamu si yayuk ga ada gue beli kiranti, dan minuman ini adalah wajib dibeli kalo belanja bulanan.

Sakitnya gue pas datang bulan tuh bukan cuman keram-keram doang lho.. tapi tu perut kaya lagi diinjek-injek, suakiiiitt bener, ditambah mual dan badan menggigil, sampe kadang lagi enak-enaknya tidur (malam), bisa langsung kebangun karna sakit.
Makanya gue hampir tiap bulan selalu izin ga masuk biar bisa tiduran aja dirumah. Dirumah pun ga bisa enak istirahat, ribet deh, kudu dipakein balsem telon, trus tempel koyo hangat, selimutan, sampe bolak balik minta air hangat buat kompres perut.
Dulu-dulu sakitnya palingan pas hari pertamanya aja, eeh tapi makin bertambah usia, sakitnya nambah hari, bisa 2-3hari, cuman kadarnya ga separah hari pertama, palingan keram-keram aja.

Bahagianya orang rumah sama si abang udah ngerti banget sama sakit gue yang ini, malah namboru (mamahnya abang) juga udah paham sama penyakit ini. Pernah gue cuman bisa tiduran aja pas lagi nginep dirumah abang yang dicilegon, padahal enaknya kan main-main dipantai, trus si namboru yang ada malah repot ngurusin gue. ehehehe..
Karena udah ngerti banget, jadinya setiap gue dateng bulan, mereka selalu sigap ngelayanin gue dengan senang hati (kayaknya sih), mijitin, bawain makanan kekamar, bikin air hangat buat kompresan... pokoknya nyusahin bener deh.

Banyak temen-temen nyokap yang bilang sakit datang bulan bakalan hilang kalo nanti gue udah nikah. Berdasarkan pengalaman mereka sih seperti itu, dan memang gue sering nanya ketemen-temen yang udah nikah, bener ga sih hilang, dan jawab mereka bener.
Gue ga tau deh hubungannya apa, udah nikah kok ga sakit lagi. Pemikiran gue selama ini sih mungkin karena, kalo udah nikah kan otomatis berhubungan badan, dan katanya berhubungan badan bisa bikin orang rileks dan bahagia, jadi mungkin orang-orang yang udah nikah ini saking bahagianya ga sempet mikirin sakit datang bulan kali yaaa....ehehe.. pemikiran yang cetek sih.

Tapiiii... meski sekarang gue belom nikah nih, nyeri datang bulan udah ga mampir lagi lho.. hilang sama sekali, dan gue baru sadar pas udah 3 bulan belakangan ini. Soalnya sekarang udah ga izin lagi sama si mas boss karna penyakit bulanan, oh ya boss gue aja sampe ngerti lho sama penyakit gue yang ini, kalo gue udah pegang-pegang perut trus kepala udah nempel dimeja sambil ngeringis, berarti lagi dateng bulan. ehehe...

Eh ya mau tau ga rahasianya kenapa nyeri datang bulan gue udah ilang..? pake obat nyeri dateng bulan apa sih gue...?
Obat..? ya bukan laaaahhh.... Trus kalo ga pake obat apa dong...?
Nih gue kasih tau jawabannya, simak baik-baik... errr.. ga usah serius banget juga sih ditanggepinnya... ehehe
Jawabannya adalah... gue hanya merubah pola makan dengan food combining...!! (udah cocok nih jadi duta food combining).
Dan ini juga secara ga sengaja ilangnya. Tadinya kan gue ikut food combining ga kepikiran buat nyembuhin sakit dateng bulan.. eeeh ternyata ikutan menghilang tuh penyakit.. hebat kan... makin cinta deh sama food combining.

Oh ya buat yang mau tau food combining itu seperti apa, silahkan baca aja disini dan disini yaaaa.
Jujur nih sekarang gue sama sekali ga ada keluhan rasa sakit, keram-keram pun tidak, eh masih ada deng penyakit yang ketinggalan pas dateng bulan, yaitu marah-marah..!! pipi memerah
Buat penyakit yang satu ini rasanya susah kali ya diilangin, mau pake pola apapun tetep nempel, kecuali nih pas deket-deket mau dateng bulan dikasih kartu atm unlimited dan boleh dibuat belanja sepuasnya. Yakin deh tu pms hilang ga berbekas.. yang tadinya senggol bacok, jadi senggol senyum.. ahahaha...

No comments: