July 22, 2013

Mari kita belajar

".... perjalanan hidup kita,
apakah tujuannya
kalau bukan untuk
belajar mencintai?"
(mother teresa from calcuta)

Sepenggal kalimat ini ada di buku misa mantan pacarnya tante gue. Bener-bener mantan, bukan suaminya yang sekarang. Sebut aja om budi, ehehehe.. inimah emang namanya menjulurkan lidah. Ga sengaja sih baca, lagi gugling soal gereja eehh ketemu blog adeknya, trus karena adeknya yang ketik buku misa abangnya, jadilah kalimat ini dipajang diblog dia, trus kebaca gue. Trus gue pengen deh ikutan masukin kalimat ini..trus gue pengen gitu nulis disini, jadi yaaah gitu deh.. *mulai ga jelas*

Tapi emang bener deh, kutipan ini kepikiran terus dan akhirnya biar ga menghilang gitu aja, gue putusin buat dimasukin kebuku misa dan blog, eh ya.. udah selesai dooong di ketik bukunya, tinggal kasih romo hendar buat diperiksa. Kemaren tuh pas malem minggu sampe pagi gue ngetiknya, sekalian sahur gituh tersenyum lebar.. ngomong-ngomong soal sahur, ternyata susah bener yak bangun tidurnya, kudu begadang dulu baru bisa sahur. Padahal nih sekitar jam 3an anak muda dilingkungan gue selalu keliling sambil mukul beduk rame-rame dan suaranya berisik banget. Tapi kok yah gue ga pernah bangun sih. Emang kebo dah ni badan.

Eniweeeeyyy... balik lagi ke quotenya Bunda Teresa. Kenapa sampe akhirnya gue ikutan om budi buat naro kalimat ini dibuku misa? yah karena coba deh baca terus itu kalimat, kalo buat gue sih ya.. biar cuman sepenggal, tapi maknanya daleeeem bener. Dan gue bener-bener pengen inget terus kalimat ini. Karena apa...?

Karena meski gue udah lama kenal abang dan pacaran, tapi ga ada satu hari pun gue ga belajar mencintai dia. Selalu dan selalu gue belajar, rasanya waktu ga pernah cukup untuk mengenal dia, dan abang juga gitu, selalu belajar terus menerus tiap hari buat mencintai gue.
Emang kalo dilihat dari luar hubungan gue sama abang kelihatan gampang banget, abang kelihatan cinta banget sama gue dan gue kelihatan sayang banget sama dia. Tapi jangan salah, meski kelihatan gampang, kita susah banget menghasilkan hubungan yang mulus, kudu selalu belajar setiap hari.

Apalagi ditambah hubungan kita kebanyakan LDR alias hubungan jarak jauh, naaah godaan banyaaaak banget. Apalagi gue.. ehehe ngaku deeeehhh.. menjulurkan lidah Kalo emang kita nyerah dalam hal belajar, pasti udah dari dulu putus.

Proses belajar awal kita adalah saat masa pedekate, waktu itu abang belajar untuk mencuri hati gue, karena memang susah buat ngedapetin gue (pengakuan abang sendiri), setelah hati gue dicuri, proses belajar ga berhenti, justru makin banyak pe er yang dikerjain. Mempertahankan apa yang udah didapet ternyata lebih sulit daripada meraih diawal.
Sampe sekarang kita terus belajar gimana caranya saling mencintai. Guru kita berdua adalah kesalahan, sebagai manusia biasa tentu kita ga sempurna, pastinya sering berbuat salah. Tapi kadang kesalahan yang udah kita lakuin sering dilakuin lagi, karena udah males belajar dan pengennya cepet lulus ujian aja.
Tapi gue rasa ujian ini ga akan ada ujungnya, proses belajar mencintai itu bakal ada seumur hidup kita nanti. Apalagi nanti pas udah nikah, tentu akan ada hal-hal baru yang akan muncul dari kita berdua.

Itu sebabnya gue tulis dibuku misa, biar gue selalu inget, kalo tujuan hidup gue sama abang ya memang selalu dan selalu belajar mencintai. Selalu dan selalu belajar membahagiakan lewat cinta, dan ga ada bosannya berguru dari kesalahan. Dan gue rasa semua pasangan harus sadar akan artinya saling belajar mencintai. Karena belakangan ini setiap gue sadar akan pelajaran mencintai, gue jadi lebih sabar, lebih pengertian dan lebih memahami maksud pasangan.
Dan yang selalu abang bilang kegue, belajar mencintai pasangan itu ga terlalu sulit kok, cuma butuh kesadaran. Sadar kalo tujuan hidup kita adalah saling mencintai dan sadar kalo belajar mencintai itu ga cukup sekali.

Oke deeh bang.. semoga kita selalu inget sama tujuan hidup kita yaaaa.. yaitu saling mencintai. Dan ga akan pernah bosan dalam belajar. Amin amin..

No comments: