March 11, 2013

Soal susu dan food combining

Dari kemaren rame di twitter soal #kibulansusu vs #minumsusu (sampe siang ini juga sih). Awalnya karna ada seorang psikolog yang menganjurkan wajibnya minum susu untuk anak. Eehh ternyata jadi panjang pembahasannya, banyak yang anti (mungkin anti, mungkin yaaa) susu pada protes kalo susu ga baik buat manusia apalagi anak, dan akhirnya saling beradu argumen buat ngasih tau yang mana yang bener.

Sudahlah.. gue bukan mau bahas soal keributan itu disini, urusan mau minum susu ato tidak itu selera masing-masing.
Pada dasarnya gue sukaaa banget sama susu dan juga turunannya kayak keju dan yoghurt. Dan sejak kecil gue udah dijejelin susu sama si mamah ato nenek. Pas udah gedean baru deh si mamah ga ngasih gue susu, takut bikin gemuk katanya.
Sedari kecil gue termasuk anak yang penyakitan, dikit-dikit kedokter, tapi lama-lama pas udah gede makin berkurang sakitnya.
Si mamah beranggapan makin besar umur gue, kondisi badan guepun makin membaik. Padahaaall...

Sampe akhirnya bisa cari duit sendiri dan gue pun mulai rutin minum susu yang katanya bagus buat tulang. Mulailah gue sakit-sakitan lagi, sering batuk pilek, sering sariawan, lemes kalo bangun pagi, sering banget males, dan yang nyebelin berat badan gue perlahan tapi pasti selalu naik.
Setiap kedokter alasannya yang dipakai adalah karna kecapean kerja, stress, sering pulang malem, istirahat kurang, dan makannya ga sehat.

Darisitu gue mulai berubah, istirahat dicukup-cukupin, ga pulang larut malam lagi, makan pun berusaha yang sehat seperti kata orang, rajin olahraga (minimal jalan kaki 20menit) dan tetep minum susu.
Tapi ternyata gue masih sakit-sakitan juga, dan berat badan makin naik aja

Sampe akhirnya yang terparah adalah sakit gue tahun lalu, bingung deh, perasaan gue ga nakal lagi, makan sayur dan buah juga tetep jalan. Apasih yang salah nih.

Cari-cari referensi buku sehat, ketemu deh bukunya seorang dokter jepang namanya Hiromi Shinya, dan yang dibahas sama dia adalah soal enzim dan keburukan susu. Waah.. makin banyak deh pertanyaan di otak gue.

Selesai baca ini buku, cuma sedikit yang bisa gue terapin, yaitu ga minum susu, perbanyak makan sayuran mentah dan buah, juga minum air baik. Tapi gue tetep makan enak, makan nasi masih tetep, makan daging dan segalanya juga tetep.

Hasilnya.. gue makin jarang sakit, dalam 2 bulan cuman 1 kali biasanya gue ga ngantor, tapi itu juga palingan karna males aja. hehehe
Tapi kadang pilek masih dateng, dan batuk juga. Cuma ga terlalu ganggu aja.

Sampe akhirnya kemarin pas hari valentine gue makan dimsum sambil mimik-mimik lucu di sebuah cafe yang penyanyinya uenaaak bener deh. #salahfokus.
Pas mo pulang, lagi diparkiran kok ni kepala berat sebelah yah.. mungkin dimsumnya pake penyedap kebanyakan kali nih, pas makan emang berasa gurih banget dimsumnya.
Nyampe rumah langsung tidur biar mendingan. Besoknya sih mendingan, trus kerja dan baik-baik aja sampe siang. Eeeh kok pas sore berat lagi ni kepala dan makin sakit aja.
Pas pulang, langsung istirahat dan berharap kepala sembuh. Ternyata sampe hari senin kepala masih berat, dan akhirnya ga masuk kerja deh sayah.

Dan satu ketika entah ada angin apa (beneran lupa karena apa) tau-tau gue nyasar ke tweet #kibulansusunya si @erikarlebang. Karna emang sepaham, gue tertarik baca timeline dan webnya dia, kok yah ada benang merah antara mereka (dr Hiromi dan Erikar) semuanya bilang susu itu ga bagus, dan sayuran mentah sangat bagus.
Akhirnya gue follow die dan gue pun tambah 1 pengetahuan lagi, yaitu cara makan sehat lewat food combining.

Saat itu gue ga langsung nerima dan ngejalanin gitu aja, gue browsing dulu nyari sumber yang lain. Dan memang rata-rata orang yang ikut pola makan ini, banyak yang sehat. Ya sudahlah.. apa ruginya kan, kalo ga  enak, yaaah tinggalin aja.

Dan ternyata gue suka banget dengan pola makan ini, kalo kata orang aneh dan terlalu mengada-ngada, tapi buat gue gak. Karena disinilah gue mengenal tubuh gue, gue mengenal apa yang tubuh gue butuh, dan apa yang gue makan nantinya jadi apa sih di perut.

Hasilnya pun ga pake lama, migren gue hilang entah kemana, dan gue baru kali ini ngerasain badan berenergi lebih dan rasanya bangun pagi seneng-seneng aja. Malah weekend yang biasanya gue bangun jam 11, ini jam 7 aja udah bosen ditempat tidur. Sebel..!!

Ga ada yang berubah dari apa yang gue makan, hanya saja, makan ga asal makan, ada aturannya. Cuma sedikit kok..

1. Ga minum susu ataupun turunannya. Sesekali boleh, buat kangen-kangenan aja.

2. Banyak minum air baik. Air baik disini maksudnya yang pHnya 8.5 tapi air mineral yang pHnya 7.00 masih bisa ditolerir kok.

3. Bangun tidur langsung minum segelas (biasanya sih 500ml, tapi 300ml juga okeh kok) air hangat plus perasan jeruk nipis (ato lemon, yg ada aja dirumah). Biasanya abis itu gue minum air putih lagi seteguk 2 teguk, biar tenggorokan ga sakit.
Mungkin ada yang bilang, emang ga bikin sakit maag..? ternyata di gue ga kambuh tuh maagnya.
Abis itu mandi dan brangkat kerja.

4. Sampe kantor hanya sarapan buah sampe jam 12 (kadang jam 11 lewat udah makan siang). Buahnya apa aja asal yang matang dipohon. Kalo sekarang sih yang lagi seneng makan manggis, karna kebetulan lagi musim aja. Apa ga lemes..? ga sih. Apa ga laper..? kalo laper ya makan buah lagi. Apa ga sakit perut..? makanya makan yang mateng dipohon dan makan pelan-pelan jangan buru-buru.

4. Makan siang mulai jam 12 ato kadang jam 11 lewat udeh makan. Apa aja bisa dimakan asaaal.. Kudu ada sayur, trus karbohidrat ga boleh ketemu protein hewani. Jadi kalo makan nasi ples ayam bakar dan lalapan, udah jelas banget salah. Yang bener makan ayam bakar pake lalapan, ato makan nasi ples lalapan dan tempe tahu. Porsinya lalapannya juga bukan sekedarnya aja, seimbanglah sama makanan yang lain. Dan kalo bisa sayurnya mentah, karna sayur yang udah diproses (apalagi lama) udah kehilangan enzim.

5. Kunyah makanan secara perlahan sampai halus dan tercampur air liur, fungsinya agar lambung ga terlalu cape mencerna dan ga ngabisin energi.

*Tidak disarankan makan buah setelah  makan, karna sia-sia aja tuh buah dimakan, ga ada manfaatnya, karna lambung kita sedang mencerna makan besar kita tadi, dan buah malah jadi berfermentasi dilambung sebelum dicerna.*

6. Cemilan (kadang malah ga nyemil karna masih kenyang) asinan sayur ato toge goreng.

7. Makan malem (lebih tepatnya makan sore kalo buat gue *jam 5-6*) sama ama makan siang, tapi biasanya sih kalo mo makan protein hewani, gw makannya pas siang, kalo malem karbohidrat ples sayur aja.

8. Berhenti makan setelah jam 8 malam. Trus kalo abis itu masih laper gimana..? hmm gue sih selama ini blom pernah laper lagi, karna kalo hari kerja gue usahain jam 10 udah tidur. Tapi mungkin bisa makan buah kali ya..

Kadang sabtu minggu gue masih sembarangan juga makannya, dan menurut erikar, masih bisa ditoleransi, asal senin sampe jumat balik lagi kepola makan sehat.
Yaah kan ga bisa dipungkiri.. makanan enak itu bertebaran, apalagi kalo punya temen dan pacar yang doyan makan. Godaannya berat maliiihhh...!!

Pola makan yang begini emang bakalan jadi omongan orang sekantor. Pas makan ayam sama lalapan doang dibilang lagi diet karna ga makan nasi. Trus sekalinya makan nasi, sayur ples tahu, dibilang pelit, lagi ga ada duit.
Yaaaah ga papa deh, nyari sehat dulu, lagian masih bisa makan enak kok.

Semoga gue bisa konsisten, karna selain badan lebih berenergi, kok jerawat sama alergi gue mendadak hilang yah..?

6 comments:

Anonymous said...

Trims berguna bgt infonya

Anonymous said...

W makan apa aja tetep ga sakit, mw minum susu tiap hari kek makan ayam tiap hari kek, makan bebek tiap hari ttp aja g sakit... hidup sehat kaya gtu cuma buat org yg daya tahan tubuhnya terlalu lemah

RianTi said...

Bersyukurlah punya antibody yang bagus.. gak pernah batuk pilek, pusing juga doooongg...?? waaah hebat.. salut deh.

Berarti gak pernah konsumsi obat juga ya.. canggihh.. suka deh sama badan kamu..

Tapi apabila suatu saat kamu sakit dan parah.. kamu bisa kok tanya-tanya pola makan yang sehat seperti apa sama saya...

Salam manis

aldo alda said...

Halo....boleh dong tanya beli buku Dr.Tan nya dimana? Kalau makan sayur mentah/buah yg belum di olah itu cara membersihkan bgmn? Katanya banyak pestisida, Tks

RianTi said...

Hai also, kamu bisa beli di toko buku besar atau secara online.
Kalo saya lebih pilih yg organik ato rendam sebentar dalam air yg diberi cuka apel.

RianTi said...

Sori.. aldo maksudnya..