April 01, 2013

Soal Detoks

Pas liburan kemaren gue sempet detoks ini badan. Kebetulan kan Jumat Agungnya puasa, jadilah hari itu mulainya.

Hari pertama detoks :
Pagi hari eh udah siang deh ya, sekitar jam 10 minum perasan jeruk lemon bareng air hangat. Abis itu lanjut tidur-tiduran lagi.. ehehe.. tepatnya bengong dan main games.

Habis panggilan alam, perut jadi kosong dan laper, mulailah gue makan pepaya. Karena dikosan ga ada kulkas, jadilah gue seharian makan buahnya pepaya aja, soalnya kalo beli macem-macem, takut busuk. Mau beli manggis kok yah bosen dweehh.

Selama seharian gue makan buah dan minum air aja, dan lebih enak sih buahnya dijus, soalnya bisa banyak jumlah buahnya, karna kalo makan gitu aja, jatohnya cuman dikit, keburu kenyang dan bosen.
Oh ya kalo minum juspun, jangan langsung glek.. dihabiskan. Tapi dikulum dulu didalam mulut, biar tercampur air liur baru ditelan.

Godaan pertama datang pas abang telpon, kalo mamahnya masak babi kari dan daun singkong.. aaarrrgghh.. enak sekali kan ituh, dan jarang-jarang juga mamahnya abang masak itu makanan.. hiks 
Untungnya iman kuat, jadilah siabang makan dulu dirumahnya baru ketemu gue.

Untuk hari ini berjalan lancar, sampe malem pun tetep setia pada detoks.

Hari kedua detoks :
Bangunnya jam 10 lagi, dan ritual paginya sama ama hari jumat. Pas bab baunya bener-bener sama ama pepaya.. aahahaha.. ya abis seharian cuman makan pepaya sama air putih sih yaa.

Makan buah kali ini agak bervariasi, ada pepaya, jeruk bali, apel dan jambu. Beli jus melon juga, tanpa gula, susu dan es.
Sempet bersihin kamar dan nyetrika baju, oh ya sebaiknya sih saat detoks jangan melakukan kegiatan yang menguras tenaga, karna selain bisa lemes, proses detoks sendiri bisa berhenti, apalagi kalo kita olahraga, kalo cuman yoga aja sih bolehlaah.

Dan godaan dateng lagi, tau-tau siabang dateng kekosan bawa capcay udang. Hwaduuuhhh... ni orang emang bener-bener yee.. Ternyata dia lupa banget kalo gue lagi detoks.. dooohhh.. pikun akut emang tu orang. Akhirnya dia makan sendiri deh dan menebarkan aroma capcay yang sungguh sangat menggoda iman, tapi siabang makan juga dengan perasaan bersalah tentunya..

Untunglah sampe malem lancar-lancar aja, meski malemnya sempet nemenin abang makan nasi goreng, yang lagi-lagi baunya kok yah enak bener sih .

Hari ketiga detoks :
Kali ini bangun jam 1/2 6 pagi karna ada tugas koor digereja, mata masih sepet banget, ya abis pulang juga udah jam 1 pagi. Tapi badan berasa enak bener deh, ga lemes, kendalanya cuman ngantuk aja. Malah abis minum air hangat ples perasan jeruk lemon, mata jadi segeran eeerrr nambah 20% doang sih.

Dan godaan dateng lagi sehabis misa, anggota koor ngajakin makan mi ayam dibelakang gereja, dibayarin pulak pake uang kas. Huuaaa.. sebel deh ah. Untungnya simamah bilang ga usah, untung ada yang ingetin *makasih mamaku sayang*.
Sampe dirumah, godaan tidak berhenti begitu saja, simamah masak capcay dan ikan tongkol asam padeh. waaaahh baunya bener-bener nikmit deh. Tapi karna udah hari ketiga juga, sayang deh, lagian ntar malem juga udah bisa makan kok.

Hari ketiga lagi-lagi makan pepaya, ada buah yang lain sih, tapi lebih enak pepaya, soalnya manisnya pas buat gue. Karena masih ngantuk, habis bantuin mamah masak (tepatnya nemenin ngobrol), gue sempetin tidur siang dari jam 2 sampe jam 5. Puaaass bener ditambah kemaren sore ujan gede banget, jadi makin ngeringkuk deh.

Bangun tidur akhirnya bisa makan juga. Detoks akan berakhir kalo kita udah makan, dan sebaiknya sih ga usah lama-lama, 3 hari cukuplah. Menu makan gue cuma nasi pake capcay, ditambah ketimun dan tomat.

Karena ujan, simamah bikin tape goreng tepung, baunya enak bener.. dan akhirnya nyicip juga deh sayah.

Selama 3 hari detoks, sama sekali ga ada keluhan pusing, lemes ato apa. Mungkin karena gue udah stop minum kopi dan teh kali yah, gue juga udah lama ga makan junk food, minum obat ato vitamin. Trus ngikutin pola makan food combining.

Karena menurut beberapa orang yang nyoba detoks, biasanya ada keluhan pusing, nyeri ato ngilu pada sendi, lemes bahkan sampe demam. Apalagi kalo yang rutin minum kopi.. siapkan mental lebih kenceng deh.

Tapiiii nih.. karna si mamah masak lontong sayur juga buat jualan, dan lontongnya baru pada mateng, jadilah saya makan lagi malemnya (sekitan jam 9an). Sebenernya sih lontong sayurnya ga gitu masalah banget dibadan. Tapi yang bikin masalah adalah gue makan krupuk banyak banget, ada kali 1/2 toples.
Abisan sambil ngobrol, jadilah ga berasa. Dan tebak apa yang gue rasakan...
Pas mau tidur (jam 12an) tenggorokan agak-agak sakit, diminumin air pun masih sakit. Pas bangun pagi, tenggorokan masih sakit juga dan badan agak anget dikit.

Payah deh ah.. digoda kari babi, capcay udang, nasi goreng, mi ayam.. gue sanggup. Tapi sama kerupuk.. huhu.. lemah iman, langsung lupa deh.

No comments: