April 01, 2013

Happy Easter..

Pekan suci kemaren gue lebih banyak kegereja bareng abang dibanding sama keluarga gue. Gapapalah ya sekali-kali ganti suasana, begitu juga sama gerejanya.. pindah-pindah terus tiap hari.
Trihari suci memang mengharuskan kita kegereja setiap hari, mulai dari hari kamis sampai minggu.. lho empat hari dong.. Yaah ngitungnya jangan dari kamis pagi, tapi dari kamis sore, karena misa kamis sucipun mulainya sore hari.

Jadi.. kamis suci kali ini kita misa di gereja paroki cililitan. Niatnya sih mau yang deket kantor aja, tapi apa daya, siabang kena macet, jadinya baru sampe kantor jam 6. Mau kegereja deket rumahpun udah ga keburu, mulainya sih jam 7, tapi biasanya 1 jam sebelumnya udah penuh, maleslah gue kalo ga kebagian duduk.
Akhirnya gue kekosan ajalah, ada 3 gereja sih yang deket situ, tapi pas diliat jadwal yang memungkinkan ya cuma di cililitan itu. Lagian kan gue bisa mandi dulu dan ganti baju.
Enaknya disini gerejanya gede (ato karna malem kali ya), jadi masih dapet duduk didalem meski 20menit lagi mulainya, bandingin sama digereja gue, whuuuiii... 1 jam sebelumnya aja, gereja udah penuuh..

Pulangnya sempet makan dulu.. laper berat. Pengennya makanan yang cepet aja, ga kudu dimasak. Pilihan jatoh pada ketoprak, abis warteg ato padang udah pada tutup. Ternyata kita ga salah pilih tempat, ketopraknya enaaaaak banget, biarpun makanan pinggir jalan, tapi bolehlah diadu, bumbunya halus, legit (ternyata dicampur kacang mede) lontongnya ga kelembekan dan yang gue suka, dikasih 1 kaleng kerupuk dimeja kita, jadi bisa ngambil sepuasnya.
Yang jual juga baik dan ramah, kalo ga salah namanya Pak Sardi (kalo ga salah ya), Kita sempet ngobrol dulu dan beliau cerita pengalamannya berdagang. Gue sama abang emang suka jujur sama sipenjual kalo makanannya enak (kalo ga enak biasanya kita ga makan lagi). Selain sebagai rasa terimakasih, ngarep juga dikasih rahasianya. 
Denger kisah bapak ini, satu pelajaran yang harus diambil, yaitu jangan menyerah, selama kita berusaha, pasti dikasih kemudahan.


Hari jumat harusnya ikut jalan salib paginya, tapi apa daya, karna tidur dikosan tentu saja bablas sampe siang ga ada yang bangunin. eeehhmmmmm... tidurnya juga udah kepagian sik..
Mumpung dikosan juga, jadi bisa dipuas-puasin deh meluk bantalnya.. yang mana lebih banyak bengongnya daripada tidur.. ehehe

Siangnya kegereja di TamanMini. Dan beruntung lagi, dapet didalem.
Kayanya nih cuman gereja dideket rumah doang tuh yang umatnya bela-belain dateng 2 jam sebelumnya demi dapet kursi didalem.
Pas masuk gereja, ternyata altarnya dipindah diluar, mungkin karna disini tempatnya kecil dan lebih besar halamannya, jadi altarnya ditaro disitu kali.

Hari sabtu, misa malem paskahnya digereja gue, kebetulan juga siabang udah janjian sama temen-temen baptisannya disitu. Lagian masa paskah gue tetep dikosan sih.. ya pulanglah kerumah.
Dan seperti yang gue bilang, umat digereja gue ini betah banget berlama-lama didalem gereja, padahal cuman demi dapet tempat duduk didalem. Alhasil 40 menit sebelum misa, kursi udah penuh semua, dan untungnya temen-temen siabang udah ngetekin tempat, jadilah kita kebagian didalem.
Homili kali ini bikin gue sedikit sedih.. eeerrr.. kayanya setiap misa malem paskah deh.
Romo bilang, kalo kita ga boleh menyerah dengan keadaan, ga boleh menyerah dalam mencintai pasangan, ga boleh menyerah akan kesusahan hidup, dan jangan mentang-mentang udah paskah, kita dengan sombongnya ga akan dapet kesusahan hidup lagi.

Hmmmm... sedikit membelai pipi rasanya, kok yah dari kemaren dapet wejangan soal semangat, jangan putus asa, jangan berhenti berharap dan percaya bahwa Tuhan akan beri jalan saat kita kesusahan.
Beruntunglah gue diingatkan hal ini, karena akhir-akhirnya ini gue gampang banget nyerah, malah sempet pengen nunda nikah lagi. huuuuu... menyebalkan memang.
Sampe-sampe sibokap kesel karna kelakuan gue. Yaaahhh mungkin sindrom pra-nikah kali yaaa...

Padahal kalo dipikir-pikir pacaran gue sama abang udah lamaaa banget.. lebih dari 10tahun. Kok yah masih begitu sih terus pikirannya. Entahlah sodara-sodara... yah namanya juga sindrom.. hehehe
Mudah-mudahan ada gunanyalah wejangan ini sampai ketelinga gue. Amiiinn..

Hari minggunya.. cakep benerlah.. malemnya pulang misa jam 1an, misanya sendiri baru mulai 1/2 10 malem. Paginya udah kudu bangun lagi buat tugas koor, yang mana buat misa pagi jam 1/2 7. Dan herannya enak-enak aja badannya, ga pegel, ga pusing.. ya tapi ngantuk mah tetep.

Tapi enaknya misa pagi, sehabis itu kita bebas mo ngapain, ga ada beban belom kegereja, jadilah gue sempet tidur siang.. dan hujan lagi pas sorenya.. nikmatlah..

Selamat Paskah teman-teman seiman.. semoga dengan kebangkitanNya kita makin beriman, makin bersaudara dan makin berbela rasa.. Dan juga, tidak gampang menyerah, putus asa dan selalu percaya Tuhan tak pernah tinggalkan kita. Amiinn...

No comments: