December 09, 2011

NTLDR IS MISSING Masalah netbook part. 1

Sebenernya sih udah banyak blog-blog yang membahas masalah ini. Banyak juga yang udah posting step-stepnya, gimana benerin komputer kalo ada perintah NTLDR is Missing...
Tapiii... maaf banget kalo postingan gue kali ini sama sekali gak ngebantu, soalnya gue sama sekali ga ngikutin anjuran-anjuran yang ada diluar sana. Gue pake cara gue sendiri ngebenerinnya.

Netbook yang rusak kali ini punya adek gue yang cowok. Die sotoy.. ngapus folder yang disangka dia virus, padahal mah sistem. Alhasil pas nyalain netbook besoknya, ada tulisan begitu.
Kebetulan gue agak sedikit mengerti soal komputer, gak jago kaya ahli-ahli IT sih, tapi gue selalu belajar dari komputer-komputer yang rusak dikantor kenyit.

Gue bawa deh tu netbook ke kantor, soalnya dikantor banyak yang bisa ditanya.. eh ga banyak deng, cuman 2 orang.. hehe.. yah seenggaknya, gue bisa googling gratisan laaaahh.

Karena mas-mas itu sedang sibuk.. akhirnya saya putuskan untuk mengerjakan sendiri. Hasil dari googling, ternyata mudah aja kok ngatasinnya tinggal boot windows xp, trus repair.. bla bla bla.. dan copy file ntldr dan ntdetect.com ke folder C:
Semudah itu..!!

Tapii.. masalahnya adalah.. netbook hp mini adek gue ini ga bisa diinstal windows xp, karena HDDnya ga support, jadi cuman bisa diinstal windows 7 ato vista. Dan sebenernya sih gampang juga ngakalinnya, tinggal instal nlite sama wintoflash, tapi itu semua kalo si netbooknya sendiri dalam kondisi sehat. Nah kalo yang ini kan, boro-boro mau instal nlite, masuk kedalem aja ga bisa.

Bingung juga nih, mo tiban langsung windows 7 ga mungkin juga, karena gue takut aja data-datanya ilang. Kesian boo.. materi ngajar sama bahan-bahan kuliahnya kalo ilang gitu aja.
Karena buntu banget ni otak, dan ga ada satupun hasil googling yang memuaskan, akhirnya gue diemin dulu 3 hari.
Sampe akhirnya (sesudah 3 hari) gue kepikiran untuk masukin ubuntu di netbook ini. Ga di instal sih, cuma di trialnya aja. Dengan harapan, bisa masuk dulu deh ke harddisknya buat ambil data-datanya.

Dan ternyata... bisa..!!! *ya iyalaah* Masuk ke explorenya, copy smua data ke external HD (buset gede juga sampe 25gb, ternyata isinya cuman film sama games) :sweaty:.
Sengaja, gue ga instal ubuntunya karena kelamaan, males nunggunya dan lagian nanti ga kepake juga.
Abis data pindah ke external, baru deh gue instal windows 7. Ini juga cari cdnya agak-agak riweh. Ga smua cd windows mau (ga tau kenapa), padahal dikantor ada 3 cd, tapi emang beda-beda kali yaa. Akhirnya gue beli aja ditoko software. Apaa..?? beli ori..?? haahaha... maap deyy.. saya belinya bajakan.. maklum.. netbook bukan punya saya.. *ah alesan*

Selesai instal windows 7, akhirnya ni netbook bisa juga dipake. Kalo diceritain kok ga rempong yak.. padahal nih.. pas ngerjainnya tuh susyeeeh banget. Sampe bertapa dulu 3 hari blur.

No comments: