June 03, 2013

Rush weekend

Mulai dari hari jumat malem gue udah dipanggil sana-sini. Hari jumat gue disuruh kerumah uwak gue (abangnya nyokap), buat ngobrol-ngobrol soal pernikahan. Karena memang selama ini keluarga nyokap ga terlalu dilibatkan kalo keluarga abang dateng. Selain karena ngomongnya selalu pake bahasa batak, mereka juga ga ngerti soal adat batak, jadilah cuma dikasih tau aja, ga diharuskan dateng.

Hari sabtunya, jam 10 gue udah kegereja, mau tanya-tanya digereja soal surat-surat yang diperlukan. Karena waktu pertama dateng, gue cuma mastiin tanggal doang dan minta formulir kursus. Jadi soal syarat yang lain belom tau, kaya biaya catatan sipil, gereja (ac dan listrik), dan bunga. Ternyata digereja (bagian KPP) kita bukan cuma ngetekin tanggal doang, tapi kudu isi surat pesanan gereja dan surat pendaftaran sementara. Rencananya nanti setelah semua persyaratan lengkap, gue kesana lagi sekalian bayar biaya-biaya yang ada.
Rencananya mau sekalian dateng keromo buat ngomongin soal kanonik, ehtapi ternyata romo gue lagi sibuk berat, soalnya hari sabtu kemaren ada seminar.

Habis dari gereja gue langsung kerumah ketua wilayah buat minta surat pengantar. Lho kok langsung ke ketua wilayah..?
Ya abis ketua lingkungannya kan emak gue.. ehehhe..
Dirumah ketua wilayah sekalian juga ngomong minta dia jadi saksi untuk abang. Karena sodaranya abang ga ada yang katolik. Kebetulan abang dan gue kan udah pacaran tahunan dan kalo dia lagi dijakarta selalu gue ajak kegiatan gereja, jadinya semua orang dilingkungan dan wilayah udah kenal abang banget.
Dan memang harusnya yang jadi saksi adalah orang yang mengenal kita banget, jangan asal cabut aja, biar kalo ada masalah dengan pernikahan kita *amit-amit ketok meja*, saksi bisa dipanggil untuk ngebantu nyelesaiin.

Selesai itu gue kerumah abang, si namboru (mamahnya abang) manggil gue karna ada yang mau diomongin. Beruntunglah gue punya calon mertua yang baik, namboru dan amangboru selalu nanya maunya gue dan abang gimana, Dan kita juga selalu terima beres aja, kaya soal gedung dan catering, mereka yang muter-muter nyari, setelah dapet yang bagusan, baru deh kita disuruh milih mau dimana. Yah mungkin karena kita berdua sibuk kerja kali ye dan mereka kan pensiunan, jadi lebih banyak waktu kosong mereka. Untunglah selera mereka bagus, jadilah gue sama abang setuju-setuju aja sejauh ini. Sampe sekarang sih belom ada saling ngotot maunya apa, dan mudah-mudahan sampe hari H nya nanti, kita begini terus.. amiiiinnn.. 
Trus juga kita ngobrolin soal baju nikah gue. Tadinya mau beli sama dia trus langsung ketukang jahit langganannya. Eh lagi asik ngobrol, namboru yang lain (adeknya bokap) nelpon mau ngajak ke pasar senen buat beli bahan besok minggu. Ya udah, kebetulan banget kan.

Hari minggu pulang dari misa digereja (sayangnya lagi-lagi pastornya sibuk karna mau ada misa komuni pertama) gue kepasar senen rame-rame. Rencana awalnya sih mau beli seragam buat keluarga sekalian, ehtapi ternyata songket yang gue mau (lagi-lagi bersyukur maunya gue yang diturutin) harganya diluar budget namboru dan uang yang dibawa dia kurang.. ehehe.. maap ya namboruuu..

Kemaren kita cuma beli buat gue (songket, selendang dan bahan kebaya), simamah dan adek gue yang bontot aja. Yang lainnya nyusul aja katanya. Duuh namboru gue baik-baik bener dah.
Oh ya siabang kemaren ikutan juga kepasar senen, malah dia yang milihin bahan kebaya buat gue. dan gue cukup jadi patung peraga aja, pas udah liat songket yang gue mau, langsung aja dipasangin trus dicari deh bahan kebaya yang cocok. Buat bahan kebaya yang milih orang-orang itu. Sempet ada beda pendapat antara emak gue sama abang, simamah mau yang payetnya ada kremnya, kalo siabang maunya payetnya putih mutiara. Setelah gue pake ganti-gantian, akhirnya simamah yang ngalah. Akhirnya dia bilang bagusan pilihan abang.. ehehe.. lagi-lagi mereka ngalah.
Beruntung juga kemaren cukup 1 toko aja yang kita datengin, sempet sih ketoko sebelah, tapi ternyata songketnya lebih bagus ditoko pertama, terus dilihat si namboru, gue ga semangat nyarinya (padahal karena pasar senen yang sumpek) akhirnya namboru ngajak balik lagi ketoko pertama dan jadilah deal disitu.

Pulang dari pasar senen, sempet mampir dulu kerumah namboru, sebelomnya mau makan, tapi adek gue yang bontot mana mau makan didaerah pasar senen, dia kan orangnya milih-milih soal makanan. Jadilah ngobrol-ngobrol dulu dirumah namboru. Setelah agak sorean dikit (matahari udah ga gitu terik) gue langsung pamit, karena rencana mau kekantor polisi.
Yap..!! masih inget dong kalo ktp gue ilang waktu ke purwekerto dulu, naaah ampe sekarang (kurleb 6 bulan) blom diurus tuh.. ehehe..
Jadilah kekantor polisi dulu bentar minta surat kehilangan. Prosesnya ga lama, palingan cuman 10 menit, itu juga karna fotocopy ktp gue yang hilang masih ada, jadi ga ribet.

Selesai dari situ balik kerumah, istirahat bentar, langsung kerumah pak rt minta surat pengantar bikin ktp dan sekalian deh bikin surat pengantar nikah.
Lagi-lagi dimudahkan, pak rtnya ada dan langsung dibikinin itu 2 surat, meski sempet bikin heboh dulu disana (maklumlah semua orang pada nunggu kapan gue nikah).
Selesai dari situ langsung kerumah pak rw, yang kebetulan deket rumah juga (semuanya deket tapi kenapa maleeeess banget yak ngurusnya). Disana gue sekalian minta tolong diurusin buat kekelurahan, jadi gue terima beres aja.
Yah kan males aja deh gue bolak balik terus kekelurahan, soalnya rada jauh dari rumah. Dan pak rw gue ini emang orangnya baik banget, malah sekalian mau ngurusin catatan sipil gue, sayangnya udah diurus sama gereja, jadi cuman minta tolong itu aja sih.

Akhirnya surat-surat bentar lagi selesai, mudah-mudahan sabtu depan udah bisa kegereja lagi ngelengkapin semuanya.
Meski masih lama, kata namboru (mamahnya abang) kudu gerak cepet, jangan ditunda-tunda, karena waktu berjalan dengan cepat, biar nanti kalo masih ada kekurangan masih banyak waktu buat benerinnya.
Oke deh namboruuuu.. kita mah ngikut ajalaaaahhh...

No comments: