June 24, 2013

Marhusip

Akhirnya sampe juga nih ke acara marhusip, kalo gue sih nganggepnya ini lamaran ala adat batak yah. Soalnya resmi bener rasanya, dan udah melibatkan dua keluarga besar. Tapi sayangnya nih gue sama abang si calon pengantin malah ga banyak dilibatin, kita dipanggil pas dibelakang-belakang acara ajah, dari awal kita ga disenggol-senggol berkesah. Yah emang adatnya sih begitu, jadi keluarga berunding dulu, nanti pas udah sepakat, baru deh nongol kitanya.

Acara mulai jam 11, dan tumben keluarganya si abang dateng lebih awal 15 menit, malah sodara-sodara gue yang belom lengkap. Masih banyak yang lagi dijalan. Maklum deh, karena hari minggu jadi pada sempetin gereja dulu. Gue aja jam 10 lewat baru ada di rumah, soalnya ada tugas koor dulu digereja. Pas selesai misa, abang nelpon kalo udah siap-siap jalan. Whuaadduuhh.. buru-buru pulang deh gue. Sampe rumah cuman sempet ganti baju n pake bedak dikit, ga sempet nyalon lagi. Lagian ribet kali yah kalo kudu sanggulan, soalnya acara dirumah, panaaaass. Ditambah kudu pake kain, biar sopan katanya, yasudaaahh.. gue pake baju yang kemaren foto studio aja, kan cuman dipake bentaran doang, jadi belom kotor-kotor amat.

Berhubung sodara gue belom lengkap (payah nih pohon karet) jadilah nunggu dulu, gue disuruh nyajiin minuman buat mereka dan kata namboru gue (adik bokap) sajiinnya buat orangtuanya abang dulu baru yang lain, trus ngomong 'silahkan diminum airnya amangboru-namboru'.. ssseeett.. resmi bener dah.
Disitu orangtuanya abang senyum-senyum terus ngeliatin gue, mungkin pangling kali ya, liat gue pake kebaya dan kain.. ahahaha.. geer..!!

Pas sodara gue udah kumpul, baru deh dimulai acaranya. Karna gue kurang ngerti dan selalu ada dibelakang, jadi gue ga paham urut-urutannya. Pas acara mulai, keluarga abang ngasih makanan istilahnya sipanganon dan diterima sama namboru dan amangboru gue. Isi makanannya perbabian semua..*lemak lemak lemak*, ada yang 1 ekor (kayanya anak babi), saksang dan panggang, kalo ga salah bawa buah juga deh. Trus yang 1 ekor ditata sedemikian rupa ditampah, dari kepala sampe buntut.. tidak mau lihat
Abis udah rapih, ditaro kedepan, jadi nih ceritanya keluarga abang mempersembahkan bawaan mereka buat keluarga gue dan dilanjut keluarga gue ngasih ikan mas buat keluarga abang.

Abis itu kita makan bersama segala makanan yang dibawa. Selesai makan, baru deh omongan dimulai. Disini  gue udah ga tau ngapa-ngapain aja. Maklumlah ekeh langsung melipir kebelakang, abisan bau rokok juga.
Sempet amangboru (adik ipar bokap) gue ditanya sama pihak si abang, bener ga nih gue cinta sama abang  dan mau dinikahin. Trus amangboru gue jawab, bener dan udah cinta bener... haaalaaahh... bikin jatoh harga diri aja nih, kan yang cinta banget si abang.. *teutep ga mo ngaku*

Abis itu ga ngeh lagi deh apa yang diomongin, gue bantuin namboru nyuci piring soalnya. Trus pas udah mo terakhir-terakhir, gue sama abang dipanggil. Trus dinasehatin masing-masing parhata, gue dinasehatin dari pihak manurung dan abang dari pihak sitinjak. Kurang lebih sama nasehatnya, sekarang kita berdua udah terikat jangan tengok kanan kiri lagi, jangan bikin malu keluarga masing-masing dan keluarga calon mertua, dan didoakan semoga acara kami lancar dan kami berdua selalu bahagia.

Trus gue disuruh ambil uang ingot-ingot, uang ini ditaroh dipiring yang ada berasnya. Si bokap bisikin, ambil yang gedean.. eh gue cari-cari kok ga ada yaak.. cuman 2ribu sama 5ribu ajah, mungkin diumpetin kali nih.. ehehe.. Pas ngambil duit itu gue dipesenin, jangan dipake sebelom pernikahan nanti yaaa... eeeh kenyataannya malah kepake pas beli bensin.. ihihihi.. lupa sayah 
Dan sisa uang yang diberas dikasih kesemua orang yang hadir disitu.

Selesai itu gue sama abang nyalamin semua yang ada disitu disertai guyonan kecil-kecilan dari orang-orangtua. Lanjut semuanya nyanyi lagu gereja, karena pake bahasa batak , ga ngerti dong sayaaahh.. ehehe..
Trus ditutup dengan doa dan salam-salaman.

Kirain pas keluarganya abang pulang, bubar sudah acaranya... eeeeh ternyata masih pada ngumpul-ngumpul. lagi. Tapi inisih acaranya santai. Isinya cuman keluarga manurung aja, disini langsung bagi-bagi tugas dan mencatat orang-orang yang ada di lembar turut mengundang.
Sebelumnya si bokap sama abang sepupu gue udah nyusun, eeeeh ternyata susunannya salah.. hadeeehh.. kudu bener gitu urutannya.

Pas mo pulang, abang malah ngajak gue jalan.. yeee ni orang, ga bisa apah sehari aja ga berduaan.. ahahaha... ada yang udah ga sabar kayanya nih. Maunya nempeeeel terus kayak stiker wisata dimobil.

Kelar acara sekitar jam 5an. Abis itu lanjut deh beresin rumah. Berhubung abang-abang gue masih ada, jadi gue cuman duduk manis aja nunggu selesai. Tadinya mau langsung ngepel, tapi kata mamah ga usah, ntar kecapean.

Meski ribet, tapi gue suka sama adat, karena berasa banget kekeluargaannya dan jadi lebih religius. Disamping gue juga ga ikut-ikutan sih ngurusinnya, jadi ga tau ribetnya dimana mengedipkan mata

Doain yah semoga aja lancar sampe acara nanti, semoga semua yang terkait dijaga kesehatannya selalu dan nanti pas acaranya tiba, bisa terlaksana dengan baik. Amiiiinnn...

No comments: