April 20, 2012

Penanganan luka bakar

Nah lanjutan postingan yang ini yah. Menurut gue berguna nih. Sekalian bagi-bagi pengalaman laaaahh.

Oh ya luka bakar adek gue ini sebenernya bisa dikategorikan sedang, karena kulitnya ga terlalu dalem kebakarnya, tapi areanya cukup luas. Jadi lumayan pr juga ngerjainnya.

Pertama kita ngomongin obatnya dulu yah. 
Untuk 1 bulan pertama, kita cuman pake salep namanya Mebo. Udah itu aja aplikasi yang diolesin ke luka. Untuk obat minumnya ada 2(maap gue lupa apa namanya), yang satu antibiotik dan 1 lagi penghilang nyeri.

Sakarang cara bersihin luka bakar :
Penting nih..!! bersihin luka bakar jangan pake air yah, tapi pake NACL (bentuknya model bontol infus). Soalnya kalo pake air, lukanya bisa lama kering. Pengalaman juga soalnya, cuman kena percikan air mandi aja, pengaruh banget ke lukanya. Jadi lama kering deh akibatnya.

Oh ya, ini step-step emak gue bersihin luka adek gue.
Pertama dia ngerebus smua peralatan yang mau dipake, kayak gunting dan mangkok buat nampung nacl.
Cuci tangan..!! ini penting, biar steril dan ga ada kuman. Trus juga jangan lupa pake sarung tangan yang karet itu yah. Dan sarung tangannya juga udah dicelup diair mendidih.

Oh ya, sarung tangan yang basah dikeringin dulu yah, jangan sampe airnya mengenai luka.

Selanjutnya bersihin luka pake nacl dan kasa steril. Karena obatnya pake salep, tentunya ada kerak-kerak yang nempel. Nah kudu sampe bersih yak sisa-sisa si salep. Trus keringin pake kasa steril, dan lanjutkan dengan mengolesi salep pada luka bakar.

Eh ya.. salep mebo ini baunya mirip bener sama selai kacang, jadi berasa lagi makan roti. Dan percayalah.. gue males makan siomay dan sebangsanya yang pake bumbu kacang. Karena langsung inget sama korengnya si ade.
Oh ya.. metode ini cuman dipake selama 1 bulan ajah. Soalnya lukanya lamaaa banget ngecilnya.

Penting juga nih.. biarpun dokter bilangnya cukup lukanya diobati pake ini aja (salep), tapi kita harus rajin-rajin nyari infotmasi juga. Soalnya kasian kan kalo lukanya kelamaan sembuh.

Naah.. untuk bulan selanjutnya sampe sekarang, kita gak ngikutin saran dokter, kita pake obat yang lain. Kebetulan ada temen yang anaknya pernah kena luka bakar juga dan sama deh ama adek gue tempatnya dan besaran lukanya.
Sama dia direkomendasiin kasa buat luka bakar. Kebetulan merk yang dia pake sufratule, jadi gue coba merk ini juga.

Hasilnya menakjubkan.. dalam waktu 1 minggu luka adek gue udah makin kecil dan perkembangannya cepet banget. Akhirnya terus-terusan deh pake itu. Dari yang skali pake 3 plester, sampe skarang cuman 1 plester aja bisa, saking udah kecilnya.

Truuuuss.. karena kasa ini mahal yah.. 1 lembar 19ribu, dan ga ditanggung asuransi juga alias modal sendiri, tentulah berat rasanya. Akhirnya dikasih saran sama temen gue yang apoteker.. mending diselang sama salep bioplasenton.

Hasilnya.. lukanya makin cepet kering. Tapi nih, kalo pake bioplasenton agak ribet karena harus diolesin lagi kalo udah kering. Dan emang kudu begitu kalo gak nanti lukanya kering dan bikin sakit. Dan kalo ngolesin jangan pelit-pelit, kudu yang banyak biar manteb..!!

Skarang sih blom sembuh total yah.. tapi udah mendingan lah.
Buat yang baca, silahkan deh mau pake obat yang mana. Kalo emang duitnya kenceng dan pengen banget sembuh, langsung pake kasa sufratule juga ga papa. Oh ya sebenernya masih ada merk yang lain, cuma nyokap merasa merk ini lebih cepet aksinya.. hehehe..

Sebenernya pengen naro gambar lukanya.. tapi kasian yang baca ah.. ntar ga napsu makan. Gue aja udah turun 3 kilo gara-gara ini. hehehe..

Kalo ada yang mo tanya-tanya soal ini, silahkan loh..  gue bakal seneng kalo bisa ngejawabnya.

21 comments:

Marta Monica said...

Salam kenal.. anakq juga baru kena luka bakar karena tersiram air panas tadi ke bidan dan dikasih sufratul dan larutan Nacl.. moga cepet sembuh juga kayak adeknya ya.. berarti itu beneran ampuh ya???trus waktu ganti kasa sehari berapa kali???dan susah gk gantinya maksudnya kasanya nempel ke kulit gak? Thx ya..

Ria said...

Salam kenal juga mbak Marta. Waktu itu bersihin lukanya sehari 2 kali, pagi dan sore. Biasanya habis adek mandi. Oh ya kalo mau mandi sebisa mungkin jangan sampai kena air ya mbak, kemaren kalo adek mau mandi pasti lukanya ditutupin sama plastik wrap biar ga kena air sama sekali.

Kemaren sih kasanya pada nempel dikulit, sama mamah kalo mau dicabut selalu dibasahin dulu sama nacl. Biasanya lukanya dikucuri ato pake kasa steril yang direndem nacl.

Semoga anaknya cepet sembuh ya mba.. harus ekstra sabar deh mbaknya..

Salam..

Anonymous said...

Salam kenal mba ria, aku mau tanya nih, luka bakarnya berbekas ngga tuh? Soalnya aku juga pake cara mba, dan skrg udh sembuh, alias udh kering. Tp ninggalin bekas. :(:(:(

Ria said...

Iya sama, adik saya juga sampai sekarang lukanya masih berbekas. Malah ada beberapa bagian yang keriput, karna memang lukanya kemarin itu cukup parah.

Tapi karna dia orangnya pede banget, dan letak lukanya ada dibelakang lutut jadi cuek-cuek aja.
Kalo ada yang nanya, malah sering dijawab, bekas tato.. ehehe..

Agita Surya Pertiwi said...

Halo ka mau nanya, aku pake sufratul tapi malah makin benyek gitu lukanya jd kaya basah padahal udah ngikutin step by step dengan benar tapi kalo lagi ditempelin sufratul tuh langsung basah lagi lukanya, itu emang gitu apa gimana yaa ? Makasih kaa

RianTi said...

Lukanya makin mengecil apa makin besar? Pengalaman adikku sih tetep basah, tapi lukanya makin kecil karena pinggir-pinggirnya mengering jadi kulit. Sebelum ditempelin kasa sufratule, lukanya udah dikeringin dulu kan?

Kalo masih basah juga, coba deh selang seling sama bioplasenton. Biar tau perbedaannya.

Semoga cepet sembuh yaa..

NurRahma Dini said...

share poto dong. keponakan jg kena luka bakar seluruh kaki. kebeneran ane yg ngobatin. cuma ngebersihin pake nacl nya gak sampe bersih bgt yg kerak2 kuningnya karena doski kesakitan trs langsung dipakein salep sibro lg dh

RianTi said...

Hai NurRahma..

yaah maaf banget foto lukanya udah kehapus, soalnya bikin gak nafsu makan.. ehehe

Unknown said...

Salam kenal sist,saya juga mw curhat dikit nih,saya tuch ad jerawat di jidat trus browsing,katanya bawang putih bisa ngilangin jerawat,tapi setelah di coba rasanya di muka kyk terbakar,eh yg ad jerawatnya gak hilang tapi malah mukaku melepuh hitam g2 the,sedih banget rasanya,kira2 bioplacenton cocok gak ya bwt nyembhin lukanya

April Dila said...

Salam kenal, mba ria minum obat anttibiotik dan obat rasa sakit nya setelah apa ,apa setelah pembersihan mengunakan Nacl atau setelah pengolesan salepnya atau sebelumnya mohon bimbinganya soal nya kakak saya terkena luka bakar tubuh

RianTi said...

Hai April.. adik saya minum antibiotik 3 sehari setelah makan sesuai anjuran dokter, jadi gak berpatokan dari pembersihan luka ato pengolesan salep. Tapi setelah makan yaa..

Semoga cepet sembuh kakaknya.. salam dari saya..

RianTi said...

Hai Tina.. maaf ya saya gak bisa jawab.. soalnya belum pernah ada pengalaman dengan luka melepuh dari bawang putih. Kalo rasanya pedih dan panas diwajah, coba maskeran pakai buah tomat, biasanya saya kalo habis panas-panasan diluar ruangan dan wajah seperti melepuh, pakai masker tomat bikinan sendiri.

semoga cepet sembuh yaa..

lia said...

mbak ria.. mohon infonya donk. dimana saya bisa temukan salep mebo/sibro. anak saya luka bakarnya dalem bgt kata dokter. sampai putih bgt lukanya. pengobatan anak saya pake burnazin trus tempel bactigras. baru dibalut elastomull. tapi kata dokternya sendiri.. kalo bisa pakai sibro. suamiku udah muter bekasi. terakhir apotik di pramuka. nihil..
please infoin ya mbak ria.. makasih

RianTi said...

Apotik Rini di daerah balap sepeda, jak-tim. Deket supermarket tip-top mungkin masih ada mba Lia, disitu lengkap. Semoga ketemu ya..

lia said...

aku udah nyobain kesitu mbak.. kaya saran mbak ria. tapi kosong. bekasi dan sebagian daerah jakarta timur udah diubek2. gak nemu sama sekali. mbak ria tolongin saya donk.. sisa cream sibro punya mbak ria boleh gak kubeli.. please mbak.

RianTi said...

Yah mba maap banget, adek saya udah lama banget sembuh, jadi salepnya udah gak ada lagi.

RianTi said...

Yah mba maap banget, adek saya udah lama banget sembuh, jadi salepnya udah gak ada lagi.

Henny Susanti said...

Bantu jawab, coba cari di tokopedia. Semoga ada yang jual.

Unknown said...

Mba lia, kalo boleh tau akhirnya dpt ga krim sibro nya? Sdpt dimana? Anak saya kena luka bakar. Tp sulit sekali ngedapetin si krim sibro ini

Unknown said...

Salam kenal mbak adz saya udah 5 hari dirawat di RS luka bakar level 2-3 kategori berat udah 2 kali operasi nanti KLO udah boleh pulang saya liat KLO memungkin kan untuk saya bersihkan saya coba trik mbak karena luka bakarnya lebar 42%

niandd ARL said...

Oh panter pake bioplasenton klo kering sakit banget . Kmren pake burnazin lumayan ga sakit sampe copot perban . Sekarang coba pake mebo, mau nanya nih pas pertama kali kena pasti panaslah yah perih bingitbingit, pas diperiksa kepuskesmas plng2 gak pp aku kasi salep bioplasenton sore gelembung2 berair besar2 banget aku salepin lg nambah besar tp gpp gak sakit , beberapa hari dipachin sama perawat karena akhirnya saya d rawat, karena barengan asam lambung naik ,,,
Pas d pecahin dikasih salep bioplasentin selang seling sama burnazin makin kering makin sakit, makin kesini makin sakit karena kaya kaku lukanya apa itu emang gitu reaksinya yah???