December 19, 2014

Supernova #1 Kesatria, Putri dan Bintang Jatuh Movie

Setelah seminggu tayang dibioskop, akhirnya tadi malem gue nonton ini juga. Kali ini bioskopnya beda lagi sama kemaren - kemaren. Berhubung abang bakalan jemput telat, jadi pilih bioskop yang deket kantor aja. Tempat nongkrong jaman pacaran dulu. 


Habis pesen tiket sebenernya pengen makan, tapi tinggal 15 menit lagi filmnya dimulai, sayangkan kalo ketinggalan diawal-awal.
Akhirnya beli camilan bioskop aja. Tadinya mau pesen nacos.. ehh kejunya abis, french fries juga.. abis. Trus mau pesen chicken burger, eeeh bakalan lama dibikinnya, dan pelayannya gak mau nganterin. Emang sih kemaren tuh penuh banget dah di TIM (Taman Ismail Marzuki), kayanya ada pameran ato acara disebelah bioskop. Akhirnya beli tahu ikan aja deh, yang udah pasti ada dan bisa kenyang.. ehehehe..

Pertama kita ngomongin pemerannya dulu yaaa..
Pemainnya buat gue kurang pas.. Gue berharap yang jadi Ferre itu ganteng luar biasa.. yaah minimal Mike Lewis laaahh.. entah kenapa, buat gue Herjunot Ali kurang ganteng dan badannya terlalu kerempeng.. ehehe.. "maap ya not" (panggilan akrab). Trus mas Arwin kenapa harus Fedi Nuril yaah.. Ayat-Ayat Cinta masih nempel didia, kenapa bukan Reza Rahadian gituh misalnya..
Trus yang jadi Diva, kayanya kurang luwes dan glamor.. gak berasa ngeliat model papan atas yang tenar banget dan suaranya juga ganggu, kaku gitulah..

Dari awal film, begitu liat Donny Dhirgantoro yang nulis skenarionya, gue langsung males, kebayang buku 5 cm yang terlalu puitis dan buku "2" yang menurut gue gak bagus. Ditambah ada si Herjunot Ali dan Fedi Nuril yang pernah main di 5 cm.. kebayang deh dibawa kemana filmnya.

Untungnya gue gak terlalu berharap banyak dengan film ini. Gue tau susah banget pastinya bikin film yang diambil dari novel. Apalagi novelnya bagus banget (menurut gue).

Isi film miriplah dengan dibuku. Cuma yang gue sayangkan adalah kenapa Supernova udah dikasih tau dari awal. Ga seru, harusnya kita dibiarin nebak-nebak kayak dibuku, apa bener diva itu Supernova. Trus juga kenapa Rana jadi menye-menye gitu sih.. kenapa terus ngarepin Ferre, padahal harusnya Rana itu yakin sama pilihannya untuk kembali ke suaminya dan gak lagi mikirin Ferre.

Trus diakhir film agak membosankan.. kelamaan gituh, aturannya endingnya si Diva pergi ninggalin semua harta dan pekerjaannya untuk berkeliling dunia dan gak balik ke Indonesia dalam waktu yang lama. Udah abis.. ga usah lagi pake diceritain Rana dan Arwin yang chat sama Supernova, trus Ferre disuruh gantiin Diva jadi Supernova..dan tau-tau si Diva jadi tetangga Rana.. wah jadi gak asih lagi buat nanti-nantinya.. (kalo seri yang lain bakalan difilm'in juga).

Tapii yaah biarlah.. terserah sutradara. Mungkin yang nulis cerita juga baca bukunya gak fokus, jadi agak-agak laen nangkep cerita dan maksud bukunya.
Buat gue novel Supernova itu udah bagus banget ceritanya, jadi kalo mau dijadiin film bakalan susah karna ga bakalan detail. Jadi buat yang belom nonton, ga usah berharap banyak deh. Kecuali kalo udah lupa banget sama isi bukunya, mungkin malah jadi bagus.

So far.. buat film dari adaptasi novel.. Supernova seri pertama ini layak tonton... asaaaall.. jangan berharap terlalu banyak yaaa.. eh tapi ada 1 yang gue suka dari film ini. Percakapannya menggunakan bahasa yang pas.
Ketika Ruben dan Dhimas diluar negri, ngomongnya pake bahasa inggris, begitu juga sama figuran-figuran disana, percakapannya bahasa inggris semua.
Trus pas settingnya udah di Indonesia, bahasa yang dipake bahasa Indonesia.
Mengenai ini, gue suka sebel sama film indonesia. Kadang setting diluar negri tapi ngomongnya tetep bahasa indonesia, padahal dalam cerita, orang itu orang luar. Kadang memang artisnya, artis indonesia, jadinya percakapan pakai bahasa indonesia. Tapi kan harusnya, kalo dalam cerita tokohnya adalah orang asing, meski dia artis indonesia, harusnya tetep pake bahasa asing juga, biar dapet gitu penghayatannya.

Habis nonton, gue sama abang masih belom pengen pulang. Maklumlaaah dirumah kan ada nyokap dan adik-adik gue, jadi romantisme bisa kepecah sementara blushing. Emang lebih enak kalo tinggal berduaan aja yaah.. ehehe.. mudah-mudahan tahun depan udah punya rumah sendiri laaahh.. amiinn.. tapi dijakarta ya bang..!!
Akhirnya kita mampir ke warung pasta rawamangun, kepengen yang keju-keju jadinya, gara-gara gak makan nachos kayanya.
Disana makan sampe jam 11an, ngobrol-ngobrol soal film. Gue pengen tau pendapat abang tentang film itu, soalnya dia belum pernah baca bukunya.

Kata abang filmnya bagus, agak sedikit mirip sama kehidupan kita berdua katanya. Si Rana itu mirip gue yang suka asik sendiri kalo udah baca buku dan dia suka ngeliat kening gue berkerut-kerut ato matanya berkaca-kaca, ato malah ketawa-ketawa sendiri. Dan memang abang gak pernah ganggu kalo gue lagi baca buku, dia lebih milih nonton tv disamping gue, tapi teteeeep.. volume dikecilin.
Dan dia bilang, gue bakalan kayak Rana yang kalo ditaksir cowok sempurna macam Ferre pasti bakalan pacaran, tapi ujung-ujungnya nyesel dan balik lagi kesuaminya.. ahahahaha... masa gitu sih baaaang.. iya juga kali yaaa.. batting eyelashes batting eyelashes Makanya dari dulu abang itu protektif banget sama gue, biar gue gak lari.. ehehehe..

Ada 1 kesamaan abang sama mas Arwin (kata abang), mereka sama-sama berjanji bakalan bikin istrinya jadi wanita yang paling bahagia didunia. Tapi kalo abang, waktunya belom tepat katanya. Saat ini masih belom mapan.. tunggu saatnya nanti.. hmmm... iya deh baaang, gue bakalan sabar nunggu.. asal si Ferre jangan lewat cikini aja yaaa.. rolling on the floor rolling on the floor rolling on the floor becandaaaa..

Jadi nih buat abang, film ini nyindir dia dan ngingetin dia lagi kalo istrinya sifatnya begitu tuh kalo liat cowok cakep kayak Ferre, jadi kudu dijaga hatinya baik-baik, jangan sampai terluka.. duileeee baaang.. sampe segitu gombalnya dikau.. ihihihi..

No comments: