March 10, 2011

Setahun ajah

Ga terasa, udah setahun ditinggal temen yang satu ini. Temen main semasa remaja, temen latihan koor, temen brangkat kerja bareng dan temen curhat di bajaj.

Sedih memang kalo inget peristiwa setahun yang lalu.

Temen gue, listi namanya (yang hormat sambil liat kamera). Umurnya dibawah gue 2 tahun.
Anak yang aktif, banyak kegiatan, rendah hati, baik, baik dan baik banget.
Temen satu gereja, satu wilayah tapi beda lingkungan. Sempet satu legio juga sama tante gue.
Kenalnya sih udah lama, tapi baru deket pas SMA. Gara-gara waktu itu sma dia mau nyari sumbangan lewat koor di gereja-gereja. Karena pelajar katolik di skolahnya kurang banyak, dia minta bantuan gue.
Sejak saat itu, jadi lebih deket. Sering dijadiin tempat curhat juga.
Keseringan jalan bareng, sempet dikira kakak adik. Kalo salah satu dari kita ga hadir (acara gereja), pasti langsung ditanya, (kalo gue) "ya..!! adeknya kemana?? ato "kakaknya kemana" (kalo dia).

Biarpun udah dijelasin kalo kita bukan sodaraan, tapi tetep ajah orang-orang ga peduli. Katanya muka kita mirip, padahal nih yah.. masih cakepan dia lhoo.. hehehe.

Pas udah kerja pun, ternyata kita masih dideketin. Kantor gue 1 komplek sama dia. Berangkat selalu bareng. Dan teteup.. orang-orang bilang kalo kita kakak-adek.
Kalo dia kekantor, OB ato resepsionis gue pasti slalu bilang "riaa.. dicariin adiknya tuh"
Sebaliknya juga gitu, kalo gue kekantor dia. Pasti dibilang dicariin kakaknya.

Semenjak gue ngekos, kita ga bareng lagi. Trus dia pindah kantor, meskipun gitu temen-temen kantor lamanya masih negor gue kalo ketemu (sampe skarang).
Udah sibuk sama urusan masing-masing. Ketemu juga kalo pas kebetulan aja, tapi disempet-sempetin curhat colongan.

Jalan bareng lagi, 3 tahun lalu. Pas ulang tahun gue. Kita karokean di kelapa gading.
Udah.. abis itu ga ketemu lagi. Sampe akhirnya dapet kabar kalo dia sakit. Getah bening katanya. Karena sok sibuk, gue sama skali blom jenguk.

Kabar terakhir bilang kalo dia mau nikah. Resepsi diadain dirumahnya. Itulah pertemuan gue pertama setelah-sekian-lama dan yang terakhir . Badannya semakin kurus. Ga ada lagi wajah ceria seperti dulu. Kita berpelukan lama, dan gue berbisik.. "tabah yah". Cuma bisa bilang itu aja, ga bisa ngomong banyak. Tenggorokan gue rasanya ada yang ganjel.

Beberapa hari setelah acara nikah, dia masuk rumah sakit. Kondisinya makin ngedrop. Dan akhirnya menyerah dan kembali kesisiNya.

Sediihh... rasanya kok cepet banget, malah baju kondangan masih tergantung manis dikamar (blm dicuci). Foto nikahannya pun, blm sempet dia lihat.


Hari rabu abu tahun lalu... sehabis misa.. adek gue sms.. isinya "kak.. mba listi meninggal". Saat itu cuma kaget, ga percaya dan buru-buru pulang.
Langsung kerumahnya, ada si mamah disana. Kata mamah jenazahnya masih dirumah sakit. Blom diberesin. Mungkin nanti agak malam datengnya. Disuruh mamah pulang dulu, mandi trus makan, baru balik lagi.

Jam 11 lewat baru ambulan dateng.
Ngeliat wajahnya.. ngeliat badannya yang terbujur kaku. Rasanya sedih.. ga kuasa nahan tangis.
Hmmm.. tangannya dingin.. tapi senyumnya hangat.

rasanya baru kemarin kita jalan-jalan kebogor... rasanya baru kemarin curhat soal pacar.. rasanya baru kemarin kita bersama..
yaaahh... rasanya baru kemarin...


Tuhan.. tempatkanlah sahabatku ini ditempat yang terbaik disana.. amieen

2 comments:

Vonny Ablett said...

Amin...
Itulah hidup. Kita tidak akan pernah tahu waktunya.. yang bisa kita lakukan hanya untuk selalu mendekatkan diri padaNYA selama kita masih diberi umur.
TFS untuk cerita yang hangat ini.
Salam dari Sydney
Vonny

PS Semoga tidak keberatan jika aku sering berkunjung yach. as ceritanya bagus2 :D

Ria said...

hai mba vonny.. ga keberatan dong... malah seneng dikunjungi dari jauh.. >:D<