January 28, 2015

Kabar kabar si ceker pedas

Howwlaa.. apa kabar semua.. udah akhir bulan aja nih. Ga terasa bulan pertama di tahun 2015 hampir kita lewatin lagi. Bulan ini gak ada yang spesial, sempet bete kemaren semingguan. Entahlah kenapa, mungkin lagi bosen aja kali yah. Maklumlah dari dulu biasa mandiri, jadi pas tinggal bareng-bareng lagi, jadi kangen sama nyepi. Makanya lagi pengeeeen banget punya rumah sendiri. Tapi jangan jauh-jauh, pengennya di Jakarta juga #byebyecilegon. Semoga diberi kemudahan rejeki deh, biar tahun ini bisa kebeli praying.

Sebenernya tinggal dirumah mamah enak, tapi jadinya keenakan. Karena udah dipegang semua sama mamah, kecuali cuci-gosok, ini masih gue yang ngerjain. Selama tinggal disana, gue jadi males masak, tinggal kasih aja uang belanja dan urusan dapur ada ditangan mamah. Tapi abang jadi sering protes sama hal ini. Entahlah yaa.. rasanya males ajah gitu masuk dapur. Waktu ngekos kemaren kan, karna kebutuhan, jadi gue harus masak. Soalnya kalo beli, kadang kurang sesuai sama yang dipengenin. Terkadang juga males keluar buat cari makan, solusinya adalah masak sendiri.

Meski udah sering diprotes, gue tetep bergeming.. ahahaha... istri macam apa ini..!! yaah maafkan sayah permisa, mau masak pas sabtu minggu juga males.. karna weekend itu enaknya makan diluar bukaann... jadi kompor bisa istirahat, kasian dooong kerja terus tiap hari. Mamah senang, anakpun senaaang.. (alesaaannn teruss..!!)

Tapi nih lama-lama yang lain ikut protes, eerrr.. tepatnya sih maksa biar gue turun gunung kedapur. Kayaknya pada kangen banget sama masakan gue blushing devil devil.
Akhirnya luluh juga dengan permintaan adik gue yang bontot. Ini anak 1 emang paling bisa deh bikin gue bilang iya. Masakan yang dia mau apalagi kalo bukan ceker hot & spicy ala JTT (Just Try and Taste).

Dulu gue bikin masakan ini pas selametan sepupu gue tercinta. Kebetulan beli ayam beberapa ekor dan dikasih bonus ceker. Mumpung lagi banyak, jadi gue gugling deh resep ceker. Ketemu sama webnya JTT dan resep si ceker ini.
Pas mateng, semua yang nyobain bilang enaaaaaakk.. dan masakan ini ngebekas dikeluarga gue. Abang yang waktu itu ikut nyobain juga bilang enak thumbs up thumbs up.
Oh ya.. webnya mbak endang ini emang manteb-manteb resepnya. Beberapa udah gue coba dan hasilnya enak semua pake banget, sampe semua orang yakin kalo gue jago masak, padahaaall.. cuman ngutip dari resep.. ahahaha..

Berhubung webnya mbak astri lagi maintenance teruuuss, jadi sekarang kalo mau masak enak, selalu intip di webnya mbak endang dulu. Oh ya, mbak endang juga udah ngeluarin 2 bukunya lhooo... dijamin enak dan gampang. Eh eh.. kok malah promosi.. mbak endaaang.. kasih aku bingkisan loh yaaa... (sok kenal).

Sepertinya sabtu ini gue harus masak demi memuaskan hasrat adek gue dan suami. Yaaah semoga aja sih cuaca cerah, karna kalo mendung-mendung gak jelas bisa bikin gue ngeringkuk terus dikasur tongue. Semogaaaa ya Tuhaaann sayah gak males.

Berhubung udah keseringan masak dan hasil printnya selalu hilang, jadi mending gue tulis disini aja resepnya. Oh ya resep dibawah udah sedikit gue modifikasi sesuai sama selera orang rumah. Kalo kita sih seneng yang pedes manis gituh, pedesnya dominan.  Tapi buat yang gak suka pedes, bisa diskip cabai dan saos botolannya. Rasanya gak kalah enak kok dengan versi pedas.
Mbak endang ijin yaaahh...

Buat yang mau tau resepnya aslinya, bisa mampir disini.

Resep Ceker Ayam Hot & Spicy
Bahan :
  • 20 ceker ayam, bersihkan
  • Minyak untuk menggoreng
  • Air es
  • 500 ml air
  • 1 sdt tepung maizena dilarutkan dengan 2 sdm air
Bumbu : 
Tumis
    • 5 butir bawang putih cincang
    • 3 ruas jahe, iris korek api
Campur (aduk jadi satu dalam mangkok)
    • 1 bungkus saori saos tiram
    • 2 sdm kecap ikan (gak pake juga boleh, karna gw lagi cinta banget sama kecap ikan made in thailand, jadi apa-apa dimasukin ini)
    • 1 sdm kecap asin
    • 1/2 sdt merica bubuk
    • 2 buah kembang lawang / pekak /star anise
    • 2 sdm kecap manis
Dimasukan terakhir : 
    • 2 batang daun bawang besar, rajang halus
    • 1 sdt brown sugar / gula palem ato bisa diganti gula jawa
    • 10 cabe rawit (bisa dikurangi kalo gak tahan pedas)
    • 3 sdm saus sambal botolan (kalo masih merasa kurang pedas)
Cara membuat :
Goreng kaki ayam dalam minyak banyak hingga terendam sampai kecoklatan. Angkat dan rendam dalam air es sampai mengembang. Tiriskan.

Tumis bumbu sampai harum, masukan ceker ayam dan bumbu campur. Aduk rata. Masukan air dan masak ceker sampai empuk dan air menyusut.

Masukan bumbu terakhir, aduk rata.
Masukan larutan tepung maizena, aduk sampai mengental. Angkat dan sajikan.


Siap-siap deh kalo masakan ini udah mateng, nasi di rice cooker pasti cepet habis, karna ceker ini bikin nambah-nambah dan nambah lagi.. ehehe.. kacaulah dunia perdietan..

Update hari senin : 
karna kehabisan ceker dipasar, jadi batal deh masaknya.. mungkin sabtu depan.. itu juga kalo gak bangun siang lagi.. ehehe.. makluuumm malemnya ujan terus siiiiyyyy.. big grin big grin

No comments: