September 22, 2013

Sebuah Panggilan

Udah setahun lebih sejak kejadian yang ini, baru sekarang gue berani mengajukan diri jadi lektor (pembaca kitab suci saat misa). Sebenernya tahun lalu pas pendaftarannya dibuka, udah mau ikutan tuh, tapi ga tau kenapa malah ga jadi. Setelah mendaftar dan tadi siang dites cara baca kitab suci oleh para lektor senior, akhirnya mulai juga proses menjadi lektor.

Gue dikasih jadwal pelatihan yang ternyata makan waktu sampe 3 bulan. Huwooohh.. lama bener ternyata prosesnya. Selesai dilatih, ikut lagi masa percobaan, jadi lektor pas misa pagi, kirain gue langsung misa hari minggu gituh bangga diri.


Orang beranggapan membaca kitab suci itu mudah, tapi ternyata kalo udah didepan umum, susah juga lho.... apalagi kalo umatnya banyak. Untung aja kemaren pas jadi lektor kawinan, umatnya dikit. Jadi gue ga terlalu grogi. Udah gitu, seorang lektor yang baik adalah orang yang bisa membuat umat mendengarkan bacaan kitab suci dengan baik dan memerhatikan dengan seksama. Jadinya nih kalo umat pikirannya bercabang pas bacaan kitab suci, salahkanlah lektornya. Berarti dia ga bisa membaca yang baik.

Bisa dibilang menjadi lektor merupakan sebuah panggilan buat gue. Sekarang-sekarang ini kan kegiatan gereja gue semakin sedikit. Apalagi udah ga jadi OMK lagi, tentunya makin jarang terlibat lagi. Rasanya nih ya, sepi aja gituh kalo ga ikutan kegiatan gereja, seperti ada yang kurang dalam hidup ini.. tsaaahh.. gaya.

Kalo dulu waktu gue masih sd-smp, ikutnya kan putri sakristri, kebetulan gue adalah angkatan pertama digereja gue. Pas udah gedean, masuk OMK dan enaknya OMK gue dulu itu aktif bener, sering ngadain acara, kempinglah, seminarlah, retreatlah.. bikin apa aja pasti gue ngikut jadi panitia. Pas udah kerja, palingan gue cuman ikut koor doang, sama kalo ada kegiatan apa, ikut bantu-bantu dikit, ga banyak. Makin lama makin tenggelam dalam lautan luka dalam.. eh.. maksudnya makin jarang sibuk-sibuk kaya dulu lagi. Lama-lama ga enak juga, rasanya ada yang hilang.. aku tanpamu butiran debu deh rasanya..

Makanya biar semangat panggilan ini terus membara nge-gymgue ikut kegiatan yang sesuai dengan umur, yaitu jadi Lektor.

Kalo diliat jadwalnya sih sepertinya berat nih, setiap minggu aja gituh.. waduh! tapi demi memberikan yang terbaik untuk gereja dan pelayanan, kayanya sanggup dong.. Kalo ga sanggup, yaa shangguphin..!! #TheComment

Semoga sehabis pelatihan ini, gue bisa jadi Lektor yang baik yaa...berdoa Doakan sayaaa 

No comments: