May 29, 2012

Dilanjutin ga yaaahh...

Sabtu kemaren temen kecil gue nikah. Setelah pacaran bertahun-tahun (sama deeeh kita), putus nyambung putus nyambung, akhirnya sampai juga mereka kedepan altar .

Kali ini tugas gue double. Jadi Lektor sekaligus MC di acara pemberkatan pernikahan mereka. Tadinya sih cuman jadi Lektor doang, eeeehh.. tau-tau H-1, temen gue bilang kalo gue jadi MC juga. Karena ga enak nolak dan kasian juga ga dapet MC, jadilah gue mengiyakan. Sempet grogi banget, soalnya sama skali belum pernah. Takut salah aja, kan kesian mereka, karna ga bisa diulang kan.?

Udah gitu pas gladiresik, gue ga sempet dateng. Soalnya masih jam kantor, dan gue ga enak buat izin. Selain karna masih banyak kerjaan, kemarennya gue udah ga masuk kerja.

Cuek bebek lah.. kan udah sering liat juga gimana orang jadi Lektor dan MC. Trus sempetin baca buku acaranya, itu juga udah jam 12 malem, karna ada temen yang traktir, jadi pulang kantor maen dulu.

Pas hari acaranya, jam 1/2 9 udah standby di gereja. Pengantin juga udah dateng, tapi tetep dimobil, karena pemberkatan baru mulai jam 9. Langsung disamperin deh kemobil, tanya ini itu, takut ada yang berubah lagi, soalnya selama ini cuman bbman aja.
Lucu juga siy.. kesannya semuanya serba koboy, malah orang ulang tahun aja lebih terorganisir dari ini.

Untunglah dari pihak gereja udah punya template susunan acaranya, dan dibuat selengkap, semudah dan sesimple mungkin, jadi tinggal dibaca sekali, udah ngerti. Sempet di briefing dulu sama pak Sar, jadi lebih ngerti tata caranya.

Puji Tuhan, semuanya berjalan lancar. Untung bacaannya juga ga terlalu panjang, jadi gue ga lama-lama didepan altar. Untung juga umatnya cuma dikit, jadi gue ga terlalu grogi. Legaaa banget begitu udah selesai, seneng juga.. ternyata gue bisa..!!
 

Selesai acara, gue disalamin sama pak Sar, sempet guyonan juga, karna tugas kita dobel-dobel dan kerepotan. Kalo gue Lektor merangkap MC, kalo Pak Sar panitia merangkap putra altar .

Sama Pak Sar sekalian minta pendapat, gimana tadi pas gue jadi Lektor, karena ini pengalaman pertama gue. Pak Sar kan sepuh digereja juga, dan dia orangnya seneng mengkritik.
Untunglah dia bilang bagus. Katanya pengucapannya jelas, tidak terburu-buru dan lebih bagus dari beberapa Lektor yang ada.
Whuiiii.. melayang deh saya. Trus disisipi pesan sponsor dari beliau.. gimana kalo diterusin aja mba..?? Jadi Lektor beneran.

Hmmmm.. sebenernya sih udah lama gue pengen juga jadi Lektor, kayaknya kegiatan mudika udah ga sesuai umur lagi. Pengen cari aja kesibukan lain di seputar gereja. Tapi kok yaah ga daftar-daftar yah.

Habis acara kemarin, memang ada rasa candu untuk berdiri lagi didepan altar. Meski gue tau pasti nanti groginya banget-banget, tapi pengen aja ada disana lagi.

Pesan Pak Sar, jadi Lektor itu gampang-gampang susah. Gampang kalau kita terbiasa baca alkitab, jadi kita paham arti dan maknanya. Kalo udah paham, maka kita mudah menyampaikannya.
Kebalikannya, susah kalau kita hanya sekedar membaca, tidak  mengerti maknanya. Sama aja kayak kita baca berita dikoran.

Kata Pak Sar lagi.. Lektor itu menyampaikan Firman Tuhan, jadi bukan hanya sekadar membaca saja, harus penuh penghayatan agar yang mendengar juga ikut mengerti apa yang disampaikan.

Jadi.. dilanjutin ga nih...???

No comments: