September 15, 2013

Syarat jadi orangtua yang baik

Baru aja pulang dari family gathering yang diadain sama anak-anak OMK. Tempatnya di Camp David Resort daerah Puncak. Sebenernya sih ikutan karna dipaksa-paksa aja sama mereka, soalnya banyak keluarga yang ngebatalin, padahal udah didaftar, sayang aja kalo ga diisi, masalahnya gratis. Kemaren pas pemberkatan rumah, joni maksa banget suruh kita ikutan. Diiming-imingi tempatnya bagus, dingin dan dikasih kamar sendiri, akhirnya kita mau juga. Yaaah itung-itung nambah sponsor buat honey-day gratis mengedipkan mata.

Kita kumpul digereja dan berangkat jam 1/2 7. Karena memang acaranya dikhususkan untuk keluarga, jadilah anak kecil ada dimana-mana, cuman gue sama abang doang yang ga bawa anak.. ehehe.. anaknya masih dalam proses soalnya.
Seperti biasa macet dong, apalagi belom jamnya buka jalur puncak. Kita sampe ditol ciawi kayanya masih jam 8an deh, jadwal buka jalurnya kan jam 9 pagi. Tapi macetnya disitu doang, dan ga sampe berjam-jam juga.

Sampe diresort sekitar jam 11, langsung kumpul diballroom untuk dikasih tau peraturan dan pembagian kamar, setelah itu lanjut makan siang. Berhubung kamar yang dipesen buat keluarga, jadilah kamar yang kita tempatin gede, ada 2 bed ukuran king size didalemnya. Karena belom punya anak, jadilah bed yang 1 nganggur.

Meski masih siang, tapi udaranya udah mulai dingin ajah, kalo bukan karena acara, mungkin kita berdua dikamar aja terus.. ehehehe..  


Selesai makan siang, dilanjut sessi-sessi dan outbound keluarga. Karena tema kemarin adalah "Keluargaku, Gerejaku", jadinya materi dan permainan yang dikasih ya seputar itu. Disana kita dibagi jadi beberapa kelompok, orangtua, remaja dan anak-anak dipisah (kecuali pas outbound), masing-masing kelompok, anggotanya diharuskan sharing tentang rasa syukur didalam keluarga. Gue sih cuman dengerin sharing mereka aja, soalnya gue sendiri belom bisa share apa-apa.. yaaahh masih sebulan gituh, belom ada cerita apa-apa.

bareng romo aldo, pastor pendamping kita

Juara 2 outbound
Jam 5 kita dikasih waktu istirahat sampai jam makan malam. Waaah ini nih yang berat, masalahnya udara dingin ditambah capek dengan aktivitas, maunya tidur sampe pagi.. apalagi pengantin baru.. ahahaha.. #kuncipintu.
Dan bener ajah, kita ketiduran. Untungnya si mba inge ngetok kamar ngajakin makan malem, coba kalo ga.. waaahh.. bablass.. menjulurkan lidah

Untungnya acara selanjutnya ga berat-berat amat. Cuman makan malem dilanjut games kecil terus meditasi dibarengi renungan. Jam 9 udah boleh istirahat lagi. Tadinya sih kita mau lanjut tidur, tapi kayanya sayang kalo ga menikmati tempat dan udaranya. Akhirnya sama anak-anak OMK, gue dan abang nongkrong di rooftop resort. 

foto dari rooftop
Kita ngobrol-ngobrol sampe pagi. Meski obrolannya ga ada yang penting, tapi seru aja ye kalo bareng temen-temen. Kalo gue berpikir, yaaah.. mumpung belom punya anak deh, jadi puas-puasin dulu nongkrong sama mereka.

Jam 1 pagi udah balik kekamar, habis cuci muka dan gosok gigi, kita langsung tidur. Kayanya cuman butuh waktu 5 menit deh.. udah kecapean rupanya. Dan besok paginya, lagi-lagi kita harus dibangunin supaya ga telat sarapan.. yang ngebangunin udah pada maklum, meski pikiran mereka semua itu salaaahh... ahahaha..

Kelar sarapan dan mandi, orangtuanya ngumpul lagi di ballroom, anak-anak dan remaja pisah ditempat lain. Kali ini sessi yang diberikan bener-bener baguuuuss dan bikin sedih, sampe-sampe mata gue bengkak karena nangis terus. Ternyata jadi orangtua yang baik itu beraaaat banget. Acara diawali dengan sharing romo aldo semasa kecil, penyembuhan luka batinnya sampe dia ketemu tujuan hidupnya. Habis itu dilanjut dengan sharing seorang bapak yang merasa dirinya salah mendidik anak. Dia berkesimpulan seperti itu setelah seharian kemarin kita dikasih renungan dan materi tentang keluarga.

Sehabis kelar sessi ini kita rehat sebentar, setelah itu lanjut misa kudus. Dalam homili, romo aldo ngebacain pesan-pesan dari anak-anak untuk orangtua. Tadinya sih anak-anak pada keberatan, tapi karena ga disebut nama akhirnya mereka mau juga. Ternyata keinginan anak kecil tuh simpel yah.. dan gue rasa dulu juga gue berpikiran sama dengan mereka.
Kurang lebih isinya begini "kami (anak-anak) sedih jika :"
  • papa dan mama bertengkar didepan kami
  • kami tidak bisa mewujudkan cita-cita kami karena dilarang papa mama
  • kami belum bisa membalas kebaikan papa mama
  • kami tidak pernah dipeluk saat sedih
  • kami kesepian
  • kami selalu dianggap salah
"Kami (anak-anak) hanya ingin :"
  • papa dan mama menemani saat main dan belajar 
  • didukung cita-citanya
  • membanggakan orantua
  • saat salah diberi contoh yang benar
  • dipeluk dan dicium setiap hari
Sedih ya dengernya, kenyataan lain lagi nih anak-anak ga butuh liburan yang jauh-jauh. Cukup dirumah asal ada orangtua yang rukun, mereka pasti betah. Mereka ga butuh gadget mahal, yang mereka butuh adalah temen ngobrol dan curhat sepanjang mereka mau.
Inilah satu sebab dari anak jaman sekarang ga betah dirumah, mereka mencari hiburan sendiri dan sayangnya banyak yang salah arah.

Kalo kita sebagai orangtua mau punya anak yang baik, ya kita juga harus ngasih contoh yang baik juga. Percuma bawelin anak harus pergi gereja, tapi orangtuanya malah asik tidur dirumah. Percuma kita nyuruh anak berbagi kalo kita sendiri aja pelit sama pembantu dirumah. Percuma kita nyuruh anak jangan kelayapan tapi kitanya juga ga pernah ada dirumah.

Pelajaran yang diambil dari gathering kemarin adalah jadi orangtua yang baik itu ternyata ga segampang jadi pacar yang baik. Waktu pacaran, yang penting pasangan senang. Setelah berkeluarga nambah lagi yang harus dibikin senang, siapa lagi kalo bukan anak. Dan cara menyenangkan anak tentu beda dengan pasangan. Dengan anak, gue udah bisa ngambek lagi. Sama anak gue harus mengerti dan menyelami dunia mereka. Kalo sama pasangan, kita bisa enak aja marah-marah dan melampiaskan apa aja yang ada dihati, tapi kalo sama anak tentu beda penyampaiannya.

Terus juga nih, ga dimana-mana, setiap ngomongin soal keluarga, pasti deh ada 1 syarat yang harus dijalani sama orangtua dan anak, yaitu berdoa bersama. Simple yah, tapi sulit dilakuin. Gue aja yang baru sebulan nikah, udah bolong-bolong berdoa barengnya. Yang jadi masalah disini adalah jam tidur kita yang beda, setiap gue udah ngorok, abang baru pulang kerja, dan gue juga ga bangun.
Sekalinya barengan waktu tidurnya, eeeh tau-tau ketiduran sambil nonton tv. Semoga yang begini ini ga berlarut-larut deh ya..

Dari awal nikah, gue sama abang udah berpikiran untuk menunda punya anak. Bukannya apa, hidup kita berdua masih berantakan nih, masih ngejar yang namanya materi. Gue aja sama abang ga pernah ketemu waktunya, apalagi nanti punya anak, kesian anaknya ga pernah ketemu emak sama bapaknya barengan. Yah setaun ato 2 tahun dulu lah.
Banyak yang nentang sih, dibilang umur gue udah ketuaan sekarang, takutnya bermasalah dikandungan dan ga ada tenaga lagi pas ngurus anak. Tapi anehnya bukan orangtua kita yang ngomong seperti itu, malah dari temen dan sodara. Aneh yaa..

Orangtua kita memang nyerahin semuanya kekita, mereka tau apa yang kita pikirin, dan mereka juga udah paham dengan jalan hidup kita. Gue sih cuman pengen kalo punya anak nanti, gue selalu ada disamping mereka setiap saat mereka butuh. Dan memang orang selalu bilang jangan pikirin soal uang, rejeki anak pasti ada aja. Iya kita ngerti, tapi kan harus dicari toh..? dan nyarinya itu harus ngorbanin waktu bersama anak kan..?

Nah gue ga mau deh, anak gue kesepian dan temennya tablet ato ps. Gue ga mau karena harus nyari uang, kebersamaan kami berkurang.

Niatnya sih seperti itu, mudah-mudahan Tuhan merestui keinginan kami. Seperti halnya menikah kemarin, gue nunggu sampai gue siap batin dulu, dan terbukti ketika gue siap, acara pernikahan gue lancar tanpa masalah yang berarti. Dan gue percaya soal anak juga akan dikasih Tuhan saat gue dan abang udah siap. amiiinn.. berdoa


No comments: