September 08, 2013

Koor Pernikahan Katolik

Sabtu kemarin akhirnya kita ngisi koor manten si boru pakpahan itu. Koornya sukses dan lagi-lagi menuai pujian dari pihak keluarga pengantin. Kemarin itu kita nyanyi lagu batak yang judulnya dipasu-pasu. Lagu ini dibawain pada saat komuni. Karena lagunya ini durasinya ga sampe 2 menit, kita siapin lagu batak yang lain. Eh ternyata yang komuni sedikit bener, jadi paslah 1 lagu aja dinyanyiin.

Lagu batak berikutnya judulnya aut unang ho kebetulan dinyanyiin solis sama ucok, tadinya mau buat komuni, tapi akhirnya dinyanyiin pas setelah penandatangan akta nikah dan foto-foto. Karena cuman ucok yang ngerti banget ini lagu, ahirnya dia nyanyi aja sendiri. Soalnya kita udah ga ada waktu lagi buat latihan. Abis 1 lagu aja susyeh bener. Ehtapi sebenernya sih ga susah-susah amat, 2 hari juga udah bisa kok, cuman belom lancar aja cara ngomongnya. Maklumlah ada yang bukan orang batak, sekalinya yang orang batak, cuman batak karbitan, jadi sama aja susah ngomongnya.

Puji Tuhan acaranya berjalan lancar, ga ada kendala apapun. Selesai acara kita sempetin ngobrol-ngobrol dulu sama Pak Sar, sekalian mau ada yang dikasih. Yah maklumlah penyambung lidah kita kan dia, jadi udah sepantasnya kita ngucapin terimakasih, sapa tau besok-besok ada order lagi gituh.. ahahaha..

Bareng Pak Sar, kita cerita-cerita banyak, dari soal pernikahan sampai yang melenceng dari itu. Oh ya postingan ini sebenernya bukan mau ngomongin kejelekan orang nih, tapi calon pengantin rasanya perlu tahu hal ini.

Jadi begini, kita semua tau kalo biaya pernikahan itu mahal, dan kalo bisa semua pengeluaran dipress abis-abisan agar mencukupi. Tapi nih janganlah melupakan orang-orang yang sudah membantu kalian. Terutama orang dibalik layar yang tanpa mereka acara kita ga akan bisa sukses. Dan perlu diketahui, tenaga itu ga ada yang gratis walaupun ga harus dibayar mahal juga.

Disini gue mau ngomongin soal ucapan terimakasih buat mereka yang ngebantuin kita. Seharusnya nih dari sebelum acara pemberkatan, sebaiknya calon pengantin sudah menyiapkan amplop-amplop untuk mereka, trus kasih deh keluarga yang ga terlalu direpotin diacara gereja, biar mereka yang kasih keorang-orang yang bersangkutan.

Dan banyak juga orang yang ngebantu ga mau pasang tarif, dibayar seikhlasnya aja. Kaya dekor gereja, stipendium pastor, koor ato koster dan petugas bersih-bersih. Tapi janganlah mentang-mentang seiklhasnya, jadi seenaknya ngasih malah ada yang ga dikasih. Besarnya juga diperhitungkan, sewajarnya ajalah.. yang penting cukup buat ongkos orang itu kegereja.

Karena posisi gue sebagai anggota koor, gue tentu berbicara yang menyangkut koor aja. Sebelumnya nih gue mau bilang, kalo koor gue ga pernah pasang tarif. Dibayar berapa aja kita terima asal wajar dan bener-bener menghargai usaha kita untuk mempersembahkan yang terbaik.

Kemarin itu, kita sempet kecewa banget karena dibayar ga sesuai dengan harapan. Yah ga ngarep banyak jugalah, tapi sebaiknya cukuplah untuk ganti ongkos dan cemilan kita pas lagi latihan. Kesannya kita ini ga dihargai banget deh. Ditambah pengantin ini bukan temen ato sodara kita, cuma orang lain yang kita ga kenal sama sekali. Udah gitu pengantin request lagu batak, yang mana ternyata susah dan butuh latihan khusus. Sebaiknya hal-hal seperti ini diperhatikan.

Ditambah kita lihat dekorasi gerejanya bagus, acara adatnya sangat meriah. Masa sih air mineral buat yang bersih-bersih dan anggota koor ga disediain. Bukannya membandingkan dan ngarep dikasih makanan, tapi nih baru kali ini kita ngisi koor ga dikasih cemilan sehabis misa, malah ya itu tadi, air mineral pun ga ada. Gersang deh *kata Pak Sar*.

Ditambah kenyataan lagi kalo ternyata yang dikasih amplop ucapan terimakasih cuman anggota koor doang, yang lainnya ga. Bahkan belakangan gue tau, kalo stipendium pastor juga belom dikasih.
Temen-temen calon pengantin, jangan ditiru hal seperti ini yah. Memang sih gereja itu tempat pelayanan, ga ada tarif yang harus dibayar untuk semuanya. Tapi atas dasar kemanusiaan, yaaaah jangan pelit-pelit amatlaaahh. Apalagi pas gue tau kalo ternyata kedua pengantin ini adalah orang berada yang lebih dari kita, yaah dunia itu sempit kawan.

Kalo kita pribadi nih (anggota koor) lebih baik kalian ngomong kalo memang ga sanggup bayar, itu lebih menyenangkan hati kami daripada udah minta macem-macem tapi bayarannya cuman sekadarnya. Malah nih bukannya membandingkan, sama biaya traktiran gue aja yang anggota koor masih kalah jauh.

Naah biar sama-sama enak nih, mending sebelumnya diomongin deh sanggupnya bayar berapa, nanti kan si pihak koor bisa nyesuain lagu apa yang harus dinyanyiin. Pastinya lagu-lagu yang ga terlalu susah ato ga perlu latihan khusus lagi. Yaaah sesuailah dengan tenaga yang kita keluarin.

Tapi biar begitu, kita ga kapok dan patah semangat. Justru hal ini dijadiin pelajaran, bahwa masih banyak orang-orang diluar sana yang tidak terlalu mementingkan perasaan orang, terlebih acara gereja. Makanya nih banyak temen-temen kita sesama anggota koor yang pasang tarif, bukannya apa.. ya untuk mencegah hal-hal seperti ini.

Sekali lagi pesan buat para calon pengantin, ini bukan berlaku buat koor aja, tapi buat semua orang yang membantu kalian, hargailah mereka, hargailah waktu dan tenaga yang mereka keluarkan untuk kalian. Orang-orang ini adalah orang yang rela membantu kalian agar acara kalian lancar, sebaiknya balaslah jasa mereka sewajarnya.

Sekian curhatan kekecewaan saya.. semoga bisa jadi pembelajaran buat semua pihak.. berkah dalem


2 comments:

Anonymous said...

Shaloom kak. Mau tanya apakah koornya masih ada dan bisa diundang untuk pernikahan? Trims

RianTi said...

Hai.. sayangnya kita udah bubar, soalnya udah pindah rumah semua.. kalo butuh koor, digerejaku ada kok yg bisa dihubungi. Kamu email aja no hp kamu, nanti aku sampein.