March 31, 2008

Kecemasan seorang Bapak

Perlu diketahui, hubungan gue sama bokap ga terlalu harmonis, kalo biasanya anak perempuan deket sama bokapnya, tapi lain dengan gue yg malah deket sama nyokap. Mungkin karena bokap gue terlalu over protektif sama gue, dulu waktu kecil sih stress banget digituin, tapi sekarang pas dah gede baru tau deh manfaatnya.
Jaman gue kecil dulu, temen mainnya itu ituu aja, cuma sekitar sodara2 aja, makanya ga heran, kalo gue ga kenal nama2 anak tetangga gue. Dan memang bokap gue ga ngijinin maen sama mereka, meskipun dari kecil gue dah tinggal sama nenek kakek gue, tapi tetep aja peraturan harus diikutin. Seinget gue, setiap pulang sekolah gue ga boleh kemana2, untung keluarganya mba rini langganan majalah bobo, jadi gue ga ngerasa bosen deh.
Seiring waktu, gue warisin sikap bokap gue, keras kepala dan keras hati. Gue berontak, pengen maen sama siapa aja, dimulai dari lulus sd. Waktu itu gue ga mao lagi sekolah di swasta katolik, bagi gue lebih enak masuk negri, akhirnya nyokap setuju dan gue masuk SMPN 99.
Masuk sekolah negri sungguh sangat beda dengan sekolah swasta, dulu mah waktu sd takuuuut banget kalo ga ngerjain pr, dan kalo emang kepepet yah ngerjain dikamar mandi, eh ini, semua anak rata2 ngerjain dikelas.. hmmm... dan gue mulai menikmatinya..

Pas dapet temen-temen yg asik, gue jadi ngaret pulang, dari jam 2 sampe jam 3, malah bisa sampe jam 5. Kalo sama nenek gue sih asik aja, bilang aja maen, die ga masalah. Tapi kalo sampe bokap gue tau.. wadoohh.. gaswat. Dan anehnya, bokap tau kelemahan gue, die ga ngomelin gue karena die tau gue orangnya batu, die malah ngomelin nyokap dan gue jadi sedih aja kalo tau bokap bentak2 nyokap gara2 gue.
Yaahh.. namanya anak muda, tetep ga mempan bagi gue, dan itu berlangsung sampe gue kuliah, malah sering banget pulang sampe jam 11 malem, padahal ga kemana2, cuma ngobrol doang, nah kalo dah kaya gitu biasanya nyokap yg panik (waktu kuliah gue dah tinggal lagi sama or-tu), dan lagi2 gue cuma ditanya doang sama bokap darimana n yg dimarahin ya nyokap gue. Hehehe.. batu banget deh, bener2 nyebelin..
Pas dah kerja, ada alasan yg kuat buat gue ga tinggal lagi dirumah, dan ternyata bokap ngijinin gue ngekos..
Waaaahhhh rasanyaaa bebass banget.. terserah gue mo ngapain aja, dan karena emang dari kecil gue dah biasa mandiri, jadi ga terlalu kerasa perbedaan yg berarti bagi gue.

Setelah gue jauh dari or-tu gue (bener2 jauh), baru gue sadar kenapa selama ini bokap bener2 over protektif banget, memang selama ini gue selalu menentang dia, tapi dalam hati gue ga berani macem2 karena gue takut.
Ternyata semua yg dilakuin die ke gue karena biar gue ga ikut2an pergaulan bebas. Dan gue liat, memang godaan diluar sana bener2 menggiurkan, bahkan dilingkungan rumah gue terkenal dengan pergaulan bebasnya, panteslah bokap dari dulu ga ngasih gue maen dengan sembarang orang.
Yaahh.. kalo dah jauh baru kerasa deh kalo mereka tuh emang sayang banget ma gue. Dan bokap emang bener2 ngegembleng gue dari kecil biar dah gede bisa dilepas (kambiiing kaleee dilepas) dan bisa nentuin jalan yg bener buat hidup. Mudah2an apa yg emang gue jalanin sekarang ini maunya die deh.

Nah... kemaren, sepupu gue dateng kerumah mo ngasih tau kalo agustus ini mo merit, trus karena ada makanan kesukaan gue, bokap nyuruh gue pulang, tapi sayang gue ga bisa, mo pindahan kos soalnya.
Ada adegan lucu disaat mereka inget sama gue :
Bokap : Eh, ngomong2 berapa beda umur si Uli (sepupu gue) dengan si Ria (dengan logat bataknya)
Nyokap : 2 tahun deh kaya'nya pak...
Bokap : Eh, berarti sudah 26 tahun dia sekarang..??
Nyokap : Iya lah darimana aje emang sih Pak..?? kok kaget gitu..? (dgn logat khas betawi)
Bokap : Waduh.. waduh.. ga bisa ini.. udah tua berarti dia..?? berati tahun ini harus nikah dia, jangan sampe 27lah apalagi 28
Nyokap : iiihhh.. terserah anaknya lah pak..
Bokap : Wah, berarti kita dah tua yah, dah pantes gendong cucu
Nyokap : Yah.. gitu deh (dengan gaya khas emak gue)
Bokap : Coba itu, si parlin (abang, pacar gue) suruh orang tuanya dateng ngelamar si Ria deh
Nyokap : Yeeee... emang dah punya duit buat ngawinin anak..?? maen suruh dateng aja.
Bokap : Yah gampanglah, jangan sampe ketua'an dia..

Nah kira2 gitu inti yg disampe'in nyokap lewat telpon ke gue, gue yg denger ngakak2.. aneh ni bokap kenapa baru kepikiran sekarang sih.., dan kenapa harus panik gitu...yah tapi maklumlah, bokap pernah kena kecelakaan, dan saraf otaknya emang agak2 terganggu alias lemot .. hehehe.. maap ye pak..

Sekarang bukan cuman bokap aja yang cemas... gue juga ikutan cemas... nikah..??? mmmm... blon kebayang deh..

No comments: