October 30, 2014

Ini penting lhoo...

Selama ini gue selalu berpikir kalo gue udah cukup banyak dalam hal berbagi kesesama, apalagi soal berderma, rasanya udah cukup tiap bulannya. Dan selama bekerja, pikiran gue selalu dipenuhi dengan mengalokasi gaji gue buat nabung, investasi, asuransi, dana pensiun dan semuaaaa untuk kesejahteraan hidup gue sekarang dan nanti (pensiun), malah lebih gila lagi gue udah bikin asuransi pendidikan jauh sebelum gue nikah.

Semua itu gue pikirin karna gue adalah tulang punggung keluarga. Asuransi kesehatan dan investasi  gue buat biar kalo ada apa-apa sama gue *amit-amit-ketok-meja*, mamah dan adik-adik gue masih bisa menyambung hidup dari uang itu. Dana pensiun gue bikin supaya tua nanti gue gak mau nyusahin anak-anak gue dan keluarganya. Kalo dana pendidikan, tentunya gue pengen anak gue gak ada kendala buat sekolah dimanaaapun mereka mau.
Dan setiap bulannya gue bekerja sedemikian kerasnya agar semuanya tercapai.

Setiap bulan pulalah gue selalu merasa kurang akan gaji gue. Padahal setiap tahun gaji selalu naik tapi tetep aja kurang. Karna hampir 90% gaji, gue habiskan buat kebutuhan keluarga dan bayar ini-itu, otomatis cuma 10% yang gue pake buat senang-senang. Biasanya sih belanja buku, untungnya gue termasuk orang yang jarang belanja baju, tas ato sepatu.
Selain kerjaan gue gak menuntut untuk berpakaian trendi setiap ngantor, gue juga gak tega pake barang bagus tapi nyokap sama adik-adik gue masih setia sama barang yang lama.

Selama ini pula yang diotak gue cuma gue-gue-gue. Gimana caranya biar hidup gue nyaman, gimana caranya biar hidup gue gak nyusahin orang, gimana caranya biar gue bisa nyenengin keluarga.
Diotak gue cuma ada pikiran gimana caranya biar keluarga gue bisa hidup layak, bisa bayar asuransi, setor reksa dana, nabung dan gimana caranya menghasilkan banyak duit-duit-duit.

Beda halnya dengan berderma.
Selama ini gue selalu ngasih sekedarnya aja, baru ngasih lebih kalo ada yang minta dan kolekte mingguan digereja juga sekedar yang ada didompet aja. Dan gue gak pernah bikin pos keuangan soal derma ini.

Ternyata pikiran gue selama ini salah.

Dan gue baru menyadari semua ini ketika gue ikut bakti sosial kepanti asuhan. Kunjungan ini merupakan kegiatan yang diadain oleh lektor gereja gue. Selain kunjungan tentunya kita ngasih sumbangan dan masing-masing lektor dimintai 50ribu.
Saat itu karna gue tau bakalan mau dapet rejeki diluar gaji, dalam hati langsung janji, nanti kalo duitnya turun, gue bakal kasih lebih deh buat sumbangan. Tapi karna gue ga enak mau sumbang lebih dari yang seharusnya, gue bilang aja duit ini sumbangan dari temen-temen kantor.

Selesai acara, udah deh gue gak inget-inget lagi.

Beberapa hari setelah itu ada temen yang bbm nanyain domain buat webnya. Ngobrol punya ngobrol endingnya dia minta bikinin web buat dagangannya. Waah rejeki nih, mana ga pake nawar lagi, terserah gue buka harga dan dia juga gak minta yang macem-macem.

Hari gajianpun tiba.. pas liat saldo ditabungan, gue hampir gak percaya.. kok gede banget, gak kayak biasanya. Langsung deh gue telpon bagian keuangan, ada kesalahan transfer apa nggak. Kan males banget udah seneng-seneng eeeehh.. duitnya harus dibalikin karna kelebihan transfer.
Puji Tuhan ternyata gak ada kesalahan, dan langsung siangnya gue turun buat tandatangan slip gaji (biasanya males) kepengen tau seberapa besar insentif gue.

Waaaw.. kalo dilihat-lihat, selama 11 tahun kerja disini, baru kali ini bonus bulanan gue sedemikian besarnya.. Eeh tapi jangan bayangin 2 dijit yaak.. gak kok.. tapi lumayanlaaaah.
Mikir.. mikir.. mikir.. kok tumben nih boss gue baik banget..? padahal prestasi bulan ini gak keren-keren amat.

Akhirnya gue sadar, kayanya inilah buah dari derma gue. Gue yakin banget rejeki yang gak seberapa gue kasih buat anak-anak panti berbuah melimpah buat gue. Gue langsung cerita sama mamah dan mamahpun mengiyakan kalo kita ngasih sedekah yang gak kelihatan tangan kiri, buahnya melimpah besar. Kalo kita ngasih sedekah ala kadarnya.. yaa buah yang berbalik untuk kita juga ala kadarnya. Makanya sisihin deh gaji setiap bulan buat bersedekah, dan gak boleh hanya sekedar, tapi dianggap pengeluaran rutin yang wajib dikeluarin.

Okedeh.. pelajaran baru lagi buat kita semua. Dan gue merasa pelajaran ini penting untuk dibagi-bagi.
Kalo kalian merasa setiap bulan gajinya selalu kurang, itu berarti kita kurang dalam hal berderma. Dan gue yakin ini tegoran dari Tuhan supaya gue jangan melulu mikirin diri sendiri, harus pikirin orang sekitar yang masih butuh bantuan.
Yakin deh kita gak akan kekurangan dengan memberi derma, justru Tuhan akan melimpahkan kepada kita rejeki yang kita gak sangka-sangka asalnya.

Mulai dari sekarang, ayo deh bikin pos pengeluaran buat sedekah, dan kalo bisa besarnya jangan hanya sekedarnya.. inget aja.. makin banyak memberi, makin banyak pula yang kita peroleh.. Amiiinn.. terimakasih ya Tuhan..

Tambahan : Barusan ngecek rekening, ada lagi tambahan uang. Tau gak dari mana..?
Jadi nih... kemaren gue beli permen xylitol, ternyata lagi ada undian berhadiah langsung tanpa diundi. Gue beli 2, satu buat abang dan satu buat gue. Niat beli sih bukan buat ikut undiannya, tapi emang pengen aja ada permen di dalem tas, kalo-kalo butuh.
Nah pas gue buka punya gue.. eeeh ternyata ada voucher 100rb didalemnya, seneng dong, verifikasinya gampang lagih, tinggal masukin kode voucher di webnya trus tinggal tunggu aja.
Tadi pagi orang xylitolnya telpon konfirmasi dan gak berapa lama masuk deh uangnya kerekening gue.
Lumayan kaaann.. dan gue seneng soalnya nih biasanya kalo hal-hal undian begini, yang menang selalu abang. Eeeeh ini tumben-tumbenan gue yang dapet.. ahahaha.. abang juga takjub.

Jadi.. masih ragu buat berderma..??

No comments: