March 01, 2014

1st Food Combining Anniversary

Ga terasa udah setahun aja nih pola makan gue berubah jadi ala food combining. Meski ga 100% ngejalaninnya, karna masih kebanyakan cheating sana sini, tapi gue ngerasain perbedaan yang besar. Apa aja sih manfaat yang gue dapet dari ikut pola makan food combining ini..? silahkan disimak dibawah ini..
  1. Awal mula ikut, tiba-tiba migren yang udah seminggu bertenger ga mau pergi, akhirnya hilang, sembuh dan sampai sekarang ga pernah kambuh lagi.
  2. Perlahan tapi pasti jerawat menahun hilang dan wajah makin bersih. Kadang kalo cheatingnya berhari-hari baru deh muncul 1 jerawat, tapi kalo makan buah sama sayur mentahnya dibanyakin, 2 hari juga udah hilang.
  3. Baru sadar setelah 3 bulan ikut FC (Food Combining) setiap period ato haid, perut ga pernah sakit lagi. Dan makin kesini, kram serta payudara kenceng udah ga ada. Jadi sekarang kalo mau haid ga ada tanda sakit-sakit dibadan, palingan mood aja yang berubah pengennya dimanja dan nafsu makan menggila. Pernah suami nanya, "kok sekarang udah ga pernah minta tolong beliin kiranti sih..?". Gue jawab dengan bangga, "sekarang gue udah sehat dooong" menjulurkan lidah
  4. Entah kenapa sekarang gue lebih menghargai makanan dan ga terlalu rakus kalo liat makanan enak. Mood juga lebih baik dan  gue lebih kalem ga terlalu cerewet kayak jaman dulu.
  5. Lidah jadi lebih peka dan gue bisa ngebedain rasa jus asli, makanan berpengawet ato makanan yang diproses terlalu lama. Ternyata makanan cenderung mentah (sayur-sayuran) lebih enak lho dibanding dengan yang kelamaan dimasak. Begitu juga sama jus, buatan sendiri jauuuuuh lebih enak daripada beli diluaran.
  6. Pagi-pagi ga usah repot siapin sarapan, apalagi sekarang udah punya suami. Palingan yang gue sediain cuma air hangat dicampur perasan lemon pas suami baru bangun tidur. Selanjutnya makan buah. Kalo buah yang harus dikupas, baru deh gue kupasin, kayak mangga, melon ato pepaya. Tapi kalo kayak rambutan, manggis ato salak, langsung gue kasih sama plastiknya buat dibawa.
  7. Setahun ini gue ga pernah sakit. Bahkan batuk pilek rasanya jauh dari gue. Sakitnya gue palingan diare sama keluar ingus dikit (bening). Cuma dibanyakin makan buah dan sayuran mentah, langsung ilang ga pake obat dan lama.
  8. Ga pernah lagi beli jamu tolak angin cair, koyo dan kiranti. Padahal dulu tiap belanja bulanan, mereka adalah barang yang ga boleh ketinggalan. Obat yang satu-satunya gue beli adalah balsem telon, karna gue masih sering bentol digigit nyamuk.
  9. Flashback waktu nikahan kemaren (udah 5 bulan FC). Gue adalah satu-satunya orang yang ga sakit setelah nikahan. Masih bertenaga buat datengin saudara satu-satu. Sedangkan abang, orangtua, mertua, adek-adek sama sodara gue sakit semua. Minimal pilek ato demam. Kalo gue cuman pengen pijet doang soalnya badan berasa capek.
  10. Persiapan pernikahan, gue jalanin dengan happy dan sehat. Padahal semuanya ngurus sendiri bahkan bikin kue buat tamu di gerejapun sendiri, puji Tuhan kemaren gue ga sakit meski capek banget. Bahkan dihari pernikahan yang paginya cuman tidur ayam selama 1 jam, di hari itu tenaga gue full tanpa lemes. Gue rasa kalo tanpa FC dan detox, gue pasti ga bakalan kuat. Bayangin aja, setengah 2 pagi baru tidur, 1 jam kemudian kudu bangun buat dandan. Trus mulai deh acara gereja dan adat batak seharian. Kelar adat digedung masih disambung acara dirumah abang, baru kelar dan ketemu kasur lagi jam 1 pagi dihari berikutnya. Tsaaakeeep bener kan..??
  11. Dikantor temen seruangan dan selantai  bolak-balik flu, bersin-bersin dan sakit, hebatnya gue ga tertular sedikit pun. Bahkan pusing-pusing pun ga. Padahal musim ujan tahun ini rasanya parah bener, hujan ga udah-udah dan banjir dateng lagi - dateng lagi.
  12. Bahagianya, berat badan gue turun sampai 8 kg tanpa terasa, dan ga pake kelaperan serta olahraga rutin. Seandainya gue ga makan nasi putih dan olahraga, pasti turunnya lebih cepet lagi deh.
  13. Pagi hari selalu rutin bab, dan feses tidak berbau busuk (kecuali kalo abis cheating).
  14. Ga pernah sembelit dan proses bab lancar tanpa harus mengejan.
  15. Bau keringat tidak menyengat, bahkan hampir tidak berbau. Kalau sarapan buahnya banyak, kadang badan berbau manis, wangi buah gituh. Ini sih pendapat pribadi suami aja, karena yang paling seneng ciumin badan gue kan cuman dia. Apalagi kalo porsi nanas subang sama salak lebih banyak.. whuuiihh wanginya sampe kedalem dalem.. ahahaha.. uppssss.. pipi memerah
  16. Sehabis makan, mulut masih terasa bersih malah tidak berbau. Apalagi kalo makan lalapannya buanyaaakk.
  17. Kalo ketemu orang baru kenal, mereka pasti nebak usia gue 28. Padahaaaaal.. udah kepala 3 nih.. ahahaha..
Masih banyak manfaat lainnya yang gue dapet, tapi semuanya itu bermula dari kata sehat dan ga gampang sakit. Kalo sakit pun, ngobatinnya gampang. Selama ini penyakit gue cuma diare, ingusan sama males. Obatnya juga cuman buah dan sayuran mentah yang banyak. Tapi kalo penyakit males.. naaah ini nih yang susah, kudu diobatin sama nonton dvd korea sambil tidur-tiduran ples belanja baju baru.. ahaha.. mengedipkan mata

Buat yang masih bingung gimana caranya, niih gue kasih tau lagi :
  • Minum segelas air hangat dengan perasan jeruk lemon ato nipis tepat disaat bangun tidur. Kalo gue selalu isi air hangat digelas, trus gue peresin jeruk diatasnya, aduk, langsung minum. Baru deh kekamar mandi.
  • Sarapan buah sampai jam 12 siang. Buahnya boleh dijus ato dimakan langsung. Baiknya 3 jenis ato lebih, biar bervariasi. Buah yang dipiring ini adalah sekali makan, biasanya gue bisa 3 kali makan sampai jam 12. Tapi kalo minum jus, paling sekali doang nambah buah potongnya. Jadi kalo ada yang bilang sarapan buah ga kenyang, itu salah. Kalo bikin cepet laper.. itu baru bener. Makanya makannya ga cukup sekali.




  • Minum segelas ato 2 gelas air 1 jam sebelum makan siang.
  • Makan siang dengan menu protein + sayur atau karbo + sayur. Kunyah perlahan makanan dan minum seperlunya saja, biasanya gue minum cuman buat bilas mulut aja. Dan minum lagi segelas ato lebih setelah 1 1/2 ato 2 jam setelah makan besar.

oseng tempe, tumis toge kacang panjang, brokoli diblansir ples ketimun

lalapan, urap, perkedel kentang polos (tanpa daging)

pecel ayam, tahu ples lalapan

pecel ayam, tahu ples nambah lalapan dari rumah
  • Perbanyak lalapan mentah

lalapan yang paling gampang dicari
  • Makan malem dengan pola yang sama karbo + sayur atau protein + sayur
sapo tahu seafood (tanpa nasi)

karna pake seafood, jadi ga pake nasi

menu pemalas, dadar telor sama lalapan
  • Kadang tempat kita makan ga tersedia lalapan segar, biasanya gue pesen jus alpukat ato tomat tanpa gula ato susu dan airnya minta sedikit
  • Jarak makan malam dengan waktu tidur adalah 4 jam. Usahakan tidak begadang.
  • Tidak minum kopi, teh dan susu atau turunannya (keju, yoghurt)
Naaah.. gampang bukan.. karna di FC setiap makan ga perlu ngitung-ngitung kalori. Bisa makan sampe kenyang dan ga gampang laper.

Awal pertama gue ikut ini, banyak orang yang ngetawain, tapi setelah setahun gue ngejalanin dan mereka lihat muka gue makin bersih, badan gue melangsing, penampilan makin seger, ga gampang sakit, akhirnya mereka mulai bertanya-tanya dan ada beberapa yang ikutan.

Kalo ditanya : 
Apakah gue bosan makanannya lalapan terus. Jawab gue, tentu ga, malah kalo ga ada lalapannya jadi cepet laper.
Apakah gue ga pernah makan enak.? Iiiissssh salah, gue masih makan martabak keju, steak, mie ayam ato fast food. Tapi sesekali aja dan jarang-jarang.

Selamat setahunan pola makan sehatkuuuu.. semoga kita langgeng terus yaaaaa... tertawa

2 comments:

Putoki said...

Hebaat bisa sampai 1 tahun :) jadi termotivasi utk ikutan juga. Makasih share-nya ya kak

Ria said...

Sama-sama, semoga sehat terus yaaa...