March 22, 2014

Cara membuat kartu keluarga

Karena sekarang udah nikah ato disebut berkeluarga, otomatis gue harus punya yang namanya kartu keluarga. Dari awal nikah si mamah sama inang udah berkali-kali ingetin disuruh urus kartu keluarga. Biar jelas tinggal dimana dan ga repot kalo ada urusan apa-apa. Tapi yang namanya penyakit males ternyata ga sembuh-sembuh dari badan kita berdua. Jadilah ditunda terus sampe 6 bulan lamanya, padahal kalo mau diurus ternyata bisa cepet selesainya.

Nah ininih tahapan gue bikin kartu keluarga. Oh ya gue memilih untuk bikin kartu keluarga dikelurahannya abang. Soalnya sekarang kan tinggalnya didaerah situ, ga mungkin lah tinggal didaerah itu, tapi tercatatnya di kelurahan lain.

Pertama-tama gue minta surat pengantar pindah dari rt dan rw dirumah gue, yang dilampirin cuma :
  • Kartu keluarga lama (masih sama bapak dan mamah)
  • dan ktp.

Ga sampe sejam surat pengantar untuk pindah udah ditangan. Besoknya gue kekantor kelurahan dan nyerahin :
  • Surat pengantar rt/rw
  • Fotocopy ktp
  • Fotocopy kartu keluarga lama.

Trus tinggal ambil lagi besoknya. Seharusnya sih bisa aja hari itu selesai, tapi sayang lurahnya udah keburu pergi rapat, jadi selesai besok.

Setelah dapet surat keterangan pindah, langsung pergi kekelurahan abang (tempat tinggal sekarang). Disana yang dilampirin :
  • Fotocopy ktp gue dan abang
  • Fotocopy kartu keluarga gue dan abang (masih ikut orangtua)
  • Surat keterangan pindah dari kelurahan tempat tinggal asal gue.

Selesai dilampirin, lagi-lagi disuruh ambil besok (alesannya sama, lurahnya rapat) sekalian difoto buat KTP baru. Oh ya karna gue udah pindah domisili, jadi KTPnya kudu diganti juga.
Besokannya gue dateng kekelurahan sama abang. Karna masih pagi dan sepi, jadilah langsung difoto trus ga berapa lama dikasih kartu keluarga dan ktpnya. Oh ya sebelumnya pulang, pihak kelurahan minta supaya kartu keluarganya dicek, jadi kalo ada yang salah langsung diganti disitu juga. Untungnya bener semua.

Setelah dapet kartu keluarga, kita masih balik lagi kesana (kelurahan) karna yang dikasih kekita belum ditandatangani ketua RT dan Lurah, trus mereka juga minta supaya kartu keluarga difotocopy.

Naaah yang begini ini nih yang bikin penyakit nundanya kambuh. Buat minta tandatangan pak rt aja, udah lebih dari seminggu kita pending, alasannya pasti selalu ada. Kalo ga pulangnya udah kemaleman, yaa apalagi kalo bukan MALAS..!! winking

No comments: