January 18, 2014

Hujan, bocor, banjir.. libuuurrr

Udah jadi langganan kalo tiap januari orang jakarta kebanjiran. Untuk tahun ini jakarta ga sendirian, banyak daerah lain yang ikutan tren banjir dijakarta dan yang paling parah ada didaerah manado, bisa dibilang bencana karna banyak merenggut korban.

Disini gue ga mau salahin pemimpin kita dan ga mau ngebahas soal pemimpin, saya kan bukan ibu ahok dan ibu jokowi, kenapa harus diomeli..#meracau #abaikan #ibuani
Mau yang terdahulu ato sekarang ga usah dimasalahin, tapi lebih salahin kediri masing-masing aja. Udah pada bener belom buang sampahnya..? Karna jujur aja nih di lingkungan rumah gue (rumahnya mamah) aja susahnya minta ampun buat benerin kebiasaan orang buang sampah sembarangan. Padahal tempat sampah tersedia, tukang sampah juga ada, tapi masih ada aja yang buang sampah diselokan. Dan akibatnya ujan gedean dikit, langsung banjir jalanannya karna sampah yang bikin mampet selokan.

Padahal juga udah sering kerja bakti.. eh ga sering deng, maksimal 2 kali setahun dan biasanya kalo abis banjir doang. Tapi tetep aja kalo kebiasaan buruk ini kita dijalanin terus, yaaaa ga beres-beres masalahnya. 

Tahun ini ga seperti biasanya, rumah gue masuk air (rumah mamah). Salahin aja sama ujan yang ga berenti-berenti, akibatnya jalanan depan rumah gue banjir sampe selutut dan air mulai masuk lewat depan warung emak gue. Ditambah lagi diruang tamu masuk air dari bawah alias rembes.. tsakeeepp...!!

Tapi banjir dirumah gue mah ga seberapa dibanding sama yang lain. Temen selantai kantor, rumahnya kebanjiran dari sedada orang dewasa sampe ada yang 2 meteran. Miris.. soalnya ini udah jadi jadwal tahunan yang sepertinya bukan musibah lagi tapi udah kebiasaan yang mereka sendiri ga tau gimana caranya menghindar, kecuali pindah rumah kali yah..

Masalah pindah tentunya juga ga semudah angkot pindah jalur, biasanya sih karna keterbatasan biaya, selebihnya cuma karna masalah udah kerasan ajah *betah maksudnya*. Lagipula rumah yang dijual tentunya jadi murah harganya karna ga bebas banjir.

Untungnya daerah kontrakan gue termasuk dataran tinggi jadi aman, tapi tetep aja ikutan kena repot, soalnya akses kekantor ato kejalan lain banjir. Kurang lebih 1 km dari rumah, jalanan menurun dan ada kali kecil yang kalo bogor ujan terus pastilah meluap dan banjir sampe diatas lutut. Otomatis kendaraan ga bisa lewat, apalagi kalo cuman pake sepeda motor. Dan sayangnya kalo daerah situ udah banjir parah, kemana-mana juga udah pasti banjir dan ga bisa lewat. Satu-satunya jalan ya lewat tol, tapi masalah ga berenti sampe situ, ditol juga macet dan keluar tol disambut pemandangan barisan mobil yang diem ajah ga gerak.

Selasa kemaren gue sampe ga ngantor karna akses jalanan ga ada. Terkepung banjir dimana-mana, ya udah pulang aja deh, eeh ternyata temen-temen sekantor yang rumahnya searah sama juga ga bisa nyampe kantor. Akhirnya dirumah aja deh, lumayanlah besoknya tanggal merah jadi makin panjang liburnya. Lumayan juga cucian kotor sama setrikaan yang numpuk akhirnya bisa rapih juga (tipikal ibu rumah tangga). 

Selain ga bisa kemana-mana, ternyata kamar gue bocooor.. hiks sedih deh, kayanya ujannya telalu gede dan talang air kepenuhan jadi menggenang diatap. Untungnya (masih cari untung) bocornya cuma alakadarnya, ga sampe berember-ember, jadi ga terlalu repot deh.

Menurut peramal cuaca kondisi seperti ini bisa sampe akhir bulan dan curah hujan yang sekarang masih belum puncaknya. Whuaduuuhhh... yang segini aja udah pada kerepotan apalagi ditambah lagi debit hujannya, ampun deeehh.
Semoga aja badai ini berlalu, yang kena banjir supaya tabah dan diberi kesehatan. Yang ga kena banjir bisa bantu tenaga dan uang. Dan yang pasti mari kita berdoa semoga tahun depan hal seperti ini ga terjadi lagi.. amiin..

Jadi kepikiran.. beli perahu karet kali yah.. biar bisa kemana-mana lancar..??

No comments: