January 14, 2014

Beda itu keren..!!

Selamat Natal dan Tahun Baru semuanyaaaa... semoga tahun ini hidup kita lebih berarti buat diri sendiri dan sesama yaaa.. dan pastinya tetep sehat sepanjang tahun... amiiiinnn... 

Gimana nih liburannya. Asik loh akhir tahun ini kantor gue ngeliburin tanggal yang kejepit, jadi total liburan 8 hari. Lumayan lah buat istirahatin badan, kebetulan akhir-akhir ini kerjaan lagi banyaaaaaak banget dan baru berkurang hari ini... oooh maaaiii... ampe kering sendiri deh rasanya ini otak.
Jadi kemaren gue cuman wara-wiri aja dari rumah mamah kerumah keluarganya bokap, trus kerumah mertua.

Beruntung banget keluarga besar gue dan abang punya perbedaan dalam perayaan Natal dan Tahun Baru. Kalo dikeluarga gue yang paling penting itu Natalnya. Dimulai dari misa malem natal trus makan-makan dirumah, abis itu besoknya open house buat sodara yang pada dateng.
Beda halnya sama keluarganya abang, kalo mereka momen ngumpul bareng justru pas tahun baru, jadi malem tahun baru sehabis gereja (dengan keluarga masing-masing) kita ngumpul dirumah mertua sambil makan-makan, cerita-cerita, bakar petasan dan kembang api. Pas jam 12 baru deh berdoa bareng, maap-maapan sambil curhat satu sama lain, sekalian yang tua ngasih nasihat buat yang muda. Yang ini durasinya panjang bener, jam 1/2 3 baru kelar.. whuaaawww... mantep dah. Untungnya keluarga abang cuman sedikit, eeh sedikit aja bisa sampe selama itu yak.. ahahaha.. yaaahh kalo yang orang batak paham dah kenapa bisa lama gitu.

Acara ngumpul dirumah mertua jadi balikin kenangan kecil gue dulu waktu masih ada opung dijakarta. Jaman gue kecil sampe sd (lupa kelas berapa), setiap tahun baru kita selalu ngumpul dirumah abangnya bokap yang paling tua, disitu ada opung boru gue yang masih sehat. Sama juga acaranya, kumpul-kumpul, makan-makan, bakar petasan sama kembang api trus abis itu berdoa dan curhat-curhatan. Hanya sayang, lepas si opung boru sakit-sakitan dan beliau pindah kekampung, selesai sudahlah tradisi kumpul dimalam tahun baru. Anak-anaknya siopung yang dijakarta jadi bikin acara sendiri dikeluarga masing-masing. Khusus keluarga gue, acaranya jadi cuman makan-makan sama seru-seruan aja sama keluarganya nyokap, begadang sampe pagi dan besok siangnya baru silaturahmi kerumah sodara bokap.
Sayangnya sekarang gue ga bisa ikutan lagi deh seru-seruan bareng keluarga nyokap, soalnya kudu bagi rata antara 2 keluarga. Tapi tetep asik laaahh...

Liburan kali ini juga menyisakan kenangan yang manis buat gue sama ponakannya abang yang paling kecil. Patar namanya, umurnya udah setahun lebih tapi sayangnya dia sakit-sakitan. Dan gue tau banget apa penyebab dia sakit, yaah ga lain ga bukan adalah.. minum susu..!! gila aja itu anak sehari bisa ngabisin berbotol-botol susu dan 3 mangkok bubur. Whuaduuh.. kapan makan buahnyaaa...?? mana sayurannyaaa..?? dan minum air putihnya pun sedikit banget.
Ya jelas ajalah sakit, sekitaran mulutnya sariawan, pupnya jarang dan rewel setiap malem. Gue bisa ngebayangin deh itu semua terjadi karna buruknya usus ini anak. Yah tapi gue bisa apa.. gue sarapan pake buah aja, diketawain sama bapaknya, yang justru nyangka gue lagi diet. Trus pas anaknya minta buah dari piring gue, dilarang sama emaknya karna belom makan nasi. Yah makin susah deh mereka ngerti akan pola makan sehat.

Lain halnya sama mertua gue, mereka ngerti sama pola makan gue yang memang beda. Ga makan nasi pake daging, makannya pake tahu ato jamur. Lalapan sayur sebaskom plus minumnya air putih. Disini gue belajar akan penerimaan orang terhadap perbedaan, khususnya pola makan. Ternyata masih banyak kesalahan yang diketahui orang awam, salah satunya adalah kebaikan susu dan larangan sarapan buah. Belom lagi mereka ngeliat gue nenggak segelas air hangat ples air perasan lemon. Whuiiihh makin ngeri mereka ngeliat cara hidup gue.

Tapi yah sudahlah.. pelan-pelan deh gue kasih tau yang bener sama mereka, tapi yang paling penting sih terbuka dulu ajah hati mereka untuk nerima kenyataan baru kalo susu itu buruk buat pencernaan dan buah itu baik untuk sarapan. Kalo yang ini udah nerima.. ayolah kita lanjutkan. Sekarang gapapa deh beda pendapat, yang penting damai dihati, damai dibumi.. ahaha apasiiihh... makin lama postingannya makin ga jelas. mengedipkan mata
Udahlah pajang poto aja, bareng ponakannya abang yang unyu-unyu dan mukenya abang yang tumben bisa bergaya dikit (meski aneh)..


No comments: