May 13, 2013

Pepaya mangga pisang jambu

Udah 2 minggu sepupu gue pada nginep dirumah. Bukan cuman 1 tapi empat ajah gitu.. kebayang dong ramenya rumah gue.
Mereka ada disini bukan karna lagi liburan ato apa, tapi karna emaknya lagi dirawat dirumah sakit. Kebetulan juga mereka emang lengketnya sama emak bapak gue, jadilah mereka dititipin disini. Lagian anaknya emak gue udah pada gede, bisa ngurus diri sendiri dan jarang pulang, jadi kalo mereka disini ga repot-repot amat. Eh repot deng.. 4 anak kecil gitu lhooo... Mulai dari mereka bangun tidur aja udah bikin keributan, belom lagi urusan mandi yang susaaah bener diajaknya. Soal makan dan tidur juga pe er banget.

Eh tapi ga pake lama, mereka bisa juga diatur. Mandinya tertib, jam 9 malem udah pada tepar, berantem hanya sesekali dan itupun jaraaaang banget.
Sutradara dibalik itu semua siapa lagi kalo bukan bokap gue, Tau sendirilah kalo dia itu orangnya tegas dan banyak aturan. Tadinya kita pikir mereka bakal nangis terus.. etapi bagusnya mereka hepi-hepi aja digituin. Malah mereka nanya, nanti kalo emaknya pulang dari rumah sakit, masih tinggal dirumah sini ato ga... whuaduuuuhhh.. ya nolaklah si mamah.. ehehe... die pan pengennya sekarang leha-leha aja, dulu udah capek ngurus 3 anak.

Ga tau deh nanti kalo mereka balik kerumah masih tertib ga kayak disini, karna setau gue, om dan tante gue orangnya ga galak dan cerewet kayak emak dan bapak gue.
Ada satu hal yang paliiing gue suka, kemaren pagi gue nanya ke anak-anak itu.. pada mau buah ga... eh kompak pada teriak.. mauuuuuu... wah seneng deh rasanya. Kan biasanya boro-boro pada mau, dibujuk rayu aja susyaahnya minta ampun.
Ternyata bener apa kata para pakar, ngerubah anak kecil bukan diomelin ato dihukum, tapi dicontohin. Karena dirumah sini mereka liat kebiasaan kita makan buah, lama-lama mereka ikutan juga.

Proses mereka makan buah diawali dengan tolakan halus dulu. Awalnya ditawarin tapi cuma diliat aja, ada yang mau ngambil, tapi baru segigit udah dibuang. Saat itu sih ga dipaksa, karna gue takut kalo diomelin ato dipaksa nanti pada ga betah dan ngerengek minta pulang. Kan kesian emak gue nanti ngurusinnya.
Hari-hari selanjutnya mulai deh mau pada makan, meski cuma 2 potong aja. Pas sabtu kemaren udah mulai banyak perubahan, 1/2 buah pepaya ternyata kurang.. whuaaahh hebatt. Akhirnya gue motong lagi 1/2 pepaya, jadi total 1 buah.
Mereka makan sambil lari-larian dirumah, sambil naik turun tangga, begitu habis dimulut langsung nyomot lagi. Sampe akhirnya habis semua.

Naah sekarang tinggal makan sayur aja nih. Ini juga agak susah dibujuknya, biar emak gue udah masak lauk, tetep aja mereka minta makan pake telor ceplok ato mi instan. Waah repot dong, ga bergizi bener kan makannya. Selama ini si emak nurutin aja, yang penting mereka makan, tapi lama-lama ga diturutin juga sih, tergantung moodnya si emak, kalo dia lagi ga males, dibujuk deh pake ilmu gombal nomor satu didunia. Tapi ya gitu, makannya jadi sedikit dan kebanyakan ngemil kue jadinya.
Mudah-mudahan lama kelamaan mereka bisa doyan sayur juga deh, biar sehat dan ga gampang pilek dan batuk.

No comments: