May 16, 2016

Drama oh drama

Kata orang trisemester awal kehamilan adalah hari-hari dimana banyak drama dari ibu hamil, ya morning sick laah.. nafsu makan hilang lah.. sampe ada yang gak bisa keluar rumah karna kena matahari aja pusing.

Tadinya gue berpikir bakalan seperti itu. Tapi ternyata sampai usia 11 minggu badan gue masih asik-asik aja. Orang-orang yang tau gue hamil sampe ngacungin jempol karna gue masih doyan makan, masih bisa kerja, masih sehat-sehat aja dan gak ada keluhan apa-apa.

Tapiii ternyata masuk minggu ke 12, tiba-tiba mulut gue gak bisa nerima makanan yang aneh-aneh. Akhirnya cuma bisa masuk buah-buahan aja. Minum air biasa pun gak bisa, harus hangat atau dingin sekali. Trus kalo laper mual, kurang minum mual sampe kebanyakan makan (padahal porsinya sama kayak belom hamil) juga mual.
Mulai bingung harus makan apa... sayur yang doyan cuma bening-bening aja, makanan berempah dikit mual, lalapan gak doyan.. dan kalo kena sambel.. duuuuh lidah rasanya kebakar.

Seminggu lebih gue bertahan hanya dengan makan buah dan minum jus, rotipun gak nerima. Sampe akhirnya suatu malem sepupu gue yang masih kelas 2 SD minta kecap sama simamah untuk dimakan bareng telor dadar. Kebetulan gue ada disamping dia pas kecapnya lagi dituang. Hmmm... bau kecap kok yah enaaaaaaak banget.. ngiler deh.
Akhirnya minta dibikinin sama mamah telor ceplok trus makannya pake kecap.. hebaaatt..!! nasi 1 centong habis.. ohya lupakan aturan food combining yang tidak menganjurkan karbo dicampur protein hewani.. semasa hamil, gue agak kendor soal ini, yang penting bisa makan..!!

Orang rumah heran semua.. diiih bisa-bisanya gue doyan kecap, mana nasinya sampe item ketutupan kecap semua. Soalnya nih sebelum hamil, gue paling anti sama yang namanya kecap, kecuali masakan di semur dan ketoprak.. makanan lain paling sebel kalo dipakein kecap.

Semenjak itu jadi gampang makan.. pokoknya apapun yang dipakein kecap, pasti dimakan. Daah.. 1 masalah soal makan kelar.
Makin kesini makin sering mual.. kadang bisa sehari 3 kali. Apalagi kalo nyium bau-bau yang aneh. Untungnya gue setia dengan perasan jeruk nipis dan sarapan buah, jadi enak kalo muntah, keluarnya gampang dan gak bikin sakit tenggorokan, jadi tinggal leganya aja.. cuma ya tetep deeeh.. sayang aja udah capek-capek ngunyah dikeluarin.

Untungnya muntah-muntah parah ini cuma gue alami 3 mingguan.. semakin sehat makanan gue, semakin nyaman ini perut. Semakin banyak konsumsi buah.. semakin ceria setiap harinya, yang masih susah dirubah cuma soal minum air. Masih harus air hangat atau air yang dingin betul.

Drama yang lain juga ada.. semua orang yang pakai parfum gue usir jauh-jauh dan jangan sampe nyemprotnya didepan gue. Sampe-sampe siabang kalo pake parfum harus keluar kamar dulu, karna gue langsung mual. Bukan yang wangi aja, yang bau juga gak nahan, makanya pulang kerja, gue selalu protes nyuruh abang mandi, dihidung gue, badannya bauu.. padahal biasanya gak kecium apa-apa.
Sama halnya dengan diri sendiri, setiap bau sedikit pasti mandi, bangun tidur pasti kuterus mandi tapi gak suka pake parfum.
Pernah pas mau meeting sama konsultan pajak, gue pake parfum sedikit.. eeeeh hasilnya malah mabok sendiri, dan untungnya sedia baju ganti, jadi deh ganti baju dulu.. i don't want to see 

Oh ya.. gue juga jadi melow.. bisa loh gue nangis sesegukan karna baca berita sedih dan kepikiran kenapaa tu orang malang bener nasibnya.
Pernah juga bete karna gak ditawarin sama emak mau makan apa gak.. padahal kalo dirumah ya makan-makan aja, gak usah ditawar-tawarin.

Trus apa lagi yaaa... hmm.. jadi males kemana-mana, soalnya bawaannya mual aja liat orang banyak dan pastinya baunya aneh-aneh.
Oh yaa.. gue jadi doyan coklat dan turunannya.. bisa tuh 1 bar gue habisin sendiri, padahal sebelum hamil, jangankan 1 bar, 1 potekan kecil aja lamaaaa banget habisnya. brownis coklat, black forest, dan semua kue yang coklat-coklat doyan.. bener-bener aneh..

Meski yang gue alami gak separah orang-orang, tapi ada masanya gue putus asa. Sampe gue bilang sama nyokap.. mah.. kalo hamil itu kayak begini rasanya, kenapa orang mau aja sih punya anak lebih dari 1..? karna menurut gue.. gak enak banget rasanya, lagipula gue udah 3 tahun lebih gak pernah sakit, apalagi sampe harus rutin minum obat.. eh ini sih vitamin deng sama penambah darah, tapi tetep aja cobaan buat gue, soalnya kapsulnya bau.
Simamah cuma mesem-mesem aja, dia bilang.. nanti juga elo ngerasain kak.. nikmatnya hamil, sekarang karna masih mual aja bilang gitu.. lewat 4 bulan juga udah enak kok..

Dan ternyata yang di omongin si mamah ada benernya, makin kesini udah makin biasa aja badan gue, udah jarang muntah lagi, mual juga kalo habis gosok gigi aja.. sama bau-bauan udah gak terlalu sensitif, eh ada deng yang masih gak suka.. aroma kuah bakso.. kebetulan gak jauh dari rumah kalo sore suka ada tukang bakso yang mangkal.. duh kalo si abang udah buka tutup pancinyaaaaa... lansung deh mabok nyium baunya, padahal mah kata orang baunya bikin laper.. beda sama gue, itumah bikin mual.. untungnya siabang gak seharian mangkalnya, cuma sore aja.. jadi gak lama-lama amat keganggunya..

Segitu aja dulu deh dramanya.. buat bumil-bumil diluar sana yang lagi mabok dan sering mun-mun.. coba deh sarapannya buah aja.. dan jangan makan yang pedes-pedes, biar lega kalo muntah.. gak pake pusing-pusing dan tenggorokan sakit.

No comments: