May 21, 2012

Mengobati asma pada anak

Masih dalam edisi sakit-sakitan. Kali ini kita ngebahas soal penyakit asma.

Sedari kecil gue udah mengidap penyakit asma, dan lumayan tergolong parah. Kadang hampir tiap bulan pergi kedokter anak. Minimal 3 minggu sekali, pasti kedokter karena asma kambuh.

Padahal udah dijaga banget biar ga kecapean, ga kena debu, ga ada yang ngerokok, ga jajan sembarangan. Tapi tetep aja kambuh.

Sampe akhirnya dokter gue kesian sama nyokap yang capek bolak-balik rumah sakit tapi pernyakitnya itu-itu aja.
Dokter ini ngasih saran dan langsung diterapin sama emak gue, dan  puji Tuhan manjur, malah bisa dibilang sembuh 90%.

Sidokter cuman nyuruh nyokap supaya ngejaga makanan gue. Bukan sembarang ngejaga doang, tapi diatur bener-bener.

Jadi nih, kalo misalkan udara lagi panas.. makanan gue HARUS ada sayur bening dan perbanyak buah-buahan.
Nah kebalikannya, kalo udara lagi dingin.. makanan gue HARUS yang menghangatkan. Kaya sop dan daging-dagingan.
Ditambah gue ga boleh makan-makanan yang berpengawet.

Simple.. tapi berhasil.

Gue juga dilarang keras jajan sembarang. Ga ada tuh jajan chiki, gulali, rambut nenek, bahkan es mambo sekalipun. Semua makanan gue, hanya si mamah yang ngebikin ato nenek.
Makanya dulu gue selalu ngiler kalo liat temen-temen dirumah pada jajan diwarung. Apa daya, daripada diomelin sama si nenek, mending disimpen deh duit jajannya.
Dan untungnya sekolah gue termasuk sekolah yang mengerti gizi muridnya. Ga jual makanan sembarangan, dan ga ada abang-abang diluar sekolah.
Dan yang lebih bagus lagi, gue anak penurut. Jadi dibilang ga boleh, ya ga boleh.

Hasilnya dari umur 6 tahun sampe udah mau kepala 30, hanya sekali-kali aja gue kambuh. Itu juga ga sampe kedokter. Dan biasanya kambuh karena kecapean banget atau stress. Dibawa istirahat ato belanja sepuasnya juga sembuh kok

Eh sempet deng kemaren ke dokter, 4 tahun yang lalu. Waktu itu gue bener-bener lagi stress dan capek (capek hati dan badan), mana kambuhnya pas gue dikantor lagi. Bagusnya ada si anggie, die langsung nyariin obat asma, dan bagusnya lagi, rumah sakit deket banget sama kantor. Jadi selamet dah gue.

Buat pengetahuan aja, asma memang tidak bisa disembuhkan total, suatu saat akan kambuh lagi. Tapi dengan menjaga apa yang dilarang, pasti deh kambuhnya berkurang (berima yaak).
Terbukti dari gue sendiri yang udah jaraaaang banget kambuh.

Dan sampe sekarang makanan gue tetep dijaga, udah bukan nyokap siy yang ngontrol, tapi udah ngerti sendiri.
Meski kadang masih minum teh kemasan, makanan berpengawet (kayak kornet, mie instant), tapi dibatesin dan tau diri aja.
Kalo ga mau sakit ya emang kudu jaga badan.

Oh ya, olahraga juga perlu banget, minimal jalan kaki. Kalo anak-anak kan susah tu yah diajak olahraga, beliin sepeda aja deh. Gue dulu gitu, olahraganya cuman naek sepeda doang, tapi ga sampe panas-panasan dan kecapean juga.
Sama berenang. Ini olahraga yang ngebantu banget. Dulu waktu kecil sih gue jarang berenang, tapi pas udah gede lumayan rutin dan memang berasa lebih enak nafasnya.

Hmmm.. apalagi yaa..
Oh ya, kalo bisa nih dirumah jangan sampe deh ada yang ngerokok. Dirumah gue sih bokap sama om om gue masih pada ngerokok. Tapi mereka sadar diri, kalo ada gue, mereka melipir keluar. Ato gue yang pindah, kalo emang lagi pada ngobrol.
Gak jarang juga gue negor bokap ato om, kalo-kalo asep rokoknya udah bikin sesek. Biasanya sih pada ngerti.

Biasain juga kalo udah mau batuk, buru-buru deh diobatin, jangan nunggu sampe sakit. Kalo badan gue udah ga enak, berasa mau batuk, langsung deh diminumin madu, ato bikin jeruk panas ato jagoan andalan nih, jamu tolak angin cair.
Tapi kalo pilek mah, gue ga terlalu repot, soalnya buat gue cuman batuk doang yang bisa bikin sesek napas, bisa sampe keringet dingin rasanya.

Udara dingin juga bisa memicu kambuhnya sakit asma, jadi jangan heran kalo ditas gue selalu sedia kaos kaki dan balsem telon, gitu juga sama jaket, kudu bawa tiap hari. Karena kita ga tau kapan diajak nonton bioskop ato malem-malem naek motor kaann..??

Demikianlah pemirsa, cerita gue tentang penyakit asma. Semoga pengalaman pribadi gue ini bisa berguna bagi yang baca.

Salam sehat..!!

No comments: